5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba!

Apa saja cara realistis yang bisa dicoba traveller untuk pergi keliling dunia secara gratis? Apakah semuanya mudah? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba!

Banyak pelancong bermimpi keliling dunia untuk merasakan pengalaman baru serta melihat kebudayaan unik dari tiap-tiap negara. Sayangnya, sejumlah orang kerapkali mengubur impian ini karena merasa tak punya biaya cukup. Padahal, ada sejumlah cara khusus yang memungkinkan traveller untuk bisa keliling dunia tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun secara gratis. 

Apa saja cara realistis untuk bisa pergi keliling dunia tanpa mengeluarkan uang sedikitpun? Apakah semuanya mudah? Berikut adalah 5 tips buat lo yang berniat mengeliling dunia secara gratis. Silakan disimak ya bro!

1. Mendaftarkan Diri di Summer Camp

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba!

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba! Photo Credit: medium.com

Ada banyak jalan yang bisa lo coba untuk keliling dunia secara gratis. Jika hendak traveling sekaligus bekerja ke Amerika Serikat, lo disarankan menjajal program kamp musim panas alias summer camp. Cara ini bakal memudahkan lo untuk berlibur tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Sesuai namanya, program summer camp diadakan banyak pihak di Amerika Serikat setiap waktu musim panas. Program ini bakal menjadi pintu penghubung antara lo dengan banyak hal baru. Apabila berniat menjajal pengalaman baru sebagai konselor atau staff, lo dianjurkan melakukan registrasi di summer camp.

Di Summer Camp, peserta dapat menikmati fasilitas akomodasi secara puas. Wawasan lo juga bakal bertambah luas karena mendapat banyak pembelajaran baru setiap harinya. Momen traveling tentu menjadi terasa lebih bermakna lantaran diisi hal-hal positif. Oleh sebab itu, jangan ragu mencoba summer camp bila lo ingin merasakan pengalaman traveling dan bekerja di luar negeri. Oke, bro?

2. Memilih Pekerjaan Pemandu Wisata

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba!

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba! Photo Credit: culturalpulse.com.au

Jalan-jalan keliling dunia bukan lagi mustahil apabila lo menekuni profesi sebagai tour guide atau pemandu wisata. Saat bekerja sebagai pemandu wisata, lo berkesempatan menjelajahi banyak tempat di berbagai negara. Nah, keuntungan menjadi pemandu wisata tak lain adalah mengunjungi beragam destinasi wisata populer secara gratis bahkan dibayar.

Lo bisa menimba ilmu bagaimana cara berkomunikasi yang baik ketika menjajal profesi ini. Pasalnya, pemandu wisata dituntut mampu berinteraksi dengan turis dari latar belakang budaya berbeda. Uang hasil pemandu wisata tentu bisa lo gunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Ada banyak hal seru yang bisa dipelajari pemandu wisata saat bertandang ke suatu tempat, misalnya mengenal kebudayaan kelompok masyarakat tertentu seperti kuliner dan tarian. Seorang pemandu wisata tentu harus pandai menyampaikan informasi ini kepada turis secara jelas dan komunikatif. Profesi ini cocok buat lo yang hobi jalan-jalan sekaligus pandai berbicara dengan orang baru.

3. Mencoba bekerja di Workaway

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba!

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba! Photo Credit: drinkteatravel.com

Belakangan ini, peminat situs Workaway terus bertambah setiap harinya. Salah satu keunikan dari Workaway adalah situs ini memudahkan seseorang dalam mencari jasa sukarelawan yang mampu membantu banyak hal tanpa bayaran. Melalui situs ini, lo berkesempatan mendatangi negara tertentu secara gratis dengan catatan kemampuan lo benar-benar dibutuhkan di sana.

Perlu diingat, lo tidak akan mendapat bayaran resmi karena mendaftarkan diri sebagai sukarelawan di Workaway. Meski demikian, traveller bisa menikmati akomodasi secara cuma-cuma. Hal ini tentu bisa mengurangi biaya pengeluaran selama liburan. Jadi, tetap layak dicoba bukan?

4. Au Pair

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba!

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba! Photo Credit: themanual.com

Cara satu ini direkomendasikan bagi traveller muda yang hendak bertualang ke luar negeri secara gratis. Istilah “Au Pair” mudahnya merujuk pada makna seseorang berusia 18-30 tahun yang melancong ke luar negeri untuk mengenal bermacam-macam hal, mulai dari memelajari bahasa asing hingga merasakan hidup yang menantang. Akan ada banyak hal baru yang bisa lo pelajari ketika menjajal au pair di luar negeri.

Saat menjadi au pair, lo harus siap bekerja membantu sebuah keluarga selama 25 hingga 30 jam untuk sepekan. Pekerjaan yang diberikan kepada au pair biasanya berkaitan dengan rutinitas sehari-hari seperti mengasuh anak atau menghidangkan makanan bagi para penghuni rumah. Oleh sebab itu, setiap au pair dituntut mempunyai sikap terampil dan tangkas agar mampu menyelesaikan pekerjaan rumah secara cepat.

Salah satu keuntungan menjadi au pair adalah lo akan mendapat uang saku dari keluarga pemilik rumah. Selain itu, seorang au pair biasanya biasanya mengenyam pendidikan secara gratis karena biayanya sudah ditanggung keluarga asuh. Menarik, bukan? Lo yang tertarik berlibur dan bekerja di luar negeri tentu patut mencobanya.

5.  Menjadi Pengajar Bahasa Inggris

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba!

5 Tips Traveling Keliling Dunia Tanpa Biaya, Yuk Dicoba! Photo Credit: study.com

Jika hendak mengelilingi dunia sekaligus mencari penghasilan, lo disarankan memilih pekerjaan sebagai pengajar bahasa Inggris. Mengambil profesi ini merupakan salah satu cara paling realistis untuk mewujudkan mimpi keliling dunia bro. Pasalnya, banyak negara yang memasukkan pelajaran bahasa Inggris bagi para siswa-siswi sekolahan.

Apabila lo memang seorang native speaker, cobalah mengambil izin mengajar secara online terlebih dahulu. Selanjutnya lo tinggal mencari lowongan pekerjaan guru bahasa Inggris di negara tujuan. Di sisi lain, siapapun sebenarnya tetap bisa mengajar bahasa Inggris sekalipun dirinya bukan native speaker asalkan dibarengi dengan kemampuan yang mumpuni. Oke bro?

Demikian 5 tips traveling keliling dunia tanpa biaya yang bisa dicoba traveller. Semoga informasi di atas bermanfaat khususnya buat lo yang berminat ke luar negeri namun terhambat masalah biaya. Jangan patah semangat untuk mewujudkan mimpi ini ya br -o! Selamat mencoba tips di atas!

Source: kompas.com

Feature Image - travelpicker.com

Tips Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Wah Selalu ada jalan ke Roma Judulnya
bagus juga idenya
tq info ya..
Nice info
Cukup menantang juga caranya untuk gratis travelingnya.
Au pair sayangnya yg elbih dibutuhkan wanita
Wah di Indonesia ada gak ya?
.wihh mantapp
Boleh si coba nih
Nice info