5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali!

Bersiap jadi Bali baru dengan dilakukannya pembangunan fasilitas yang masif, kira-kira wujud Danau Toba yang baru nanti akan seperti apa ya? Daripada penasaran, sila simak deretan fakta menarik di bahasan kali ini terkait pembangunan tersebut, bro!

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali!

 

Belum lama Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo beserta deretan kementerian terkait menyatakan akan geber pembangunan infrastruktur serta berbagai fasilitas untuk mendukung wisata Danau Toba agar menarik banyak perhatian traveler.

 

Dukungan ini tentu tidak terlepas dari potensi Danau Toba yang memang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Oleh karena itu, mereka ingin Indonesia mempunyai Bali baru. Berangkat dari pembangunan sarana dan prasarana, Danau Toba diharapkan menjadi salah satu spot traveling yang disukai oleh millennials.

 

Targetnya tidak lama-lama, mereka menyatakan bahwa pembangunan ini mesti selesai di tahun 2020 mendatang. Hal ini tentu sebagai persiapan untuk menampung gelombang besar para wisatawan, baik lokal atau mancanegara, yang senang plesiran keliling Indonesia.

 

 

Pembangunan ini juga dimaksudkan agar pariwisata Indonesia tidak ter-sentralisasi. Artinya, wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara ingin traveling keliling Indonesia, tidak hanya spot itu-itu saja yang didatangi. Maka dari itu, selain Danau Toba di Sumatera Utara, setidaknya masih ada beberapa spot petualangan lagi yang akan mendapatkan treatment khusus agar jadi Bali baru.

 

Wah menurut lo – apakah langkah pemerintah sudah tepat untuk menarik para wisatawan agar semakin betah di Indonesia? Utarakan komentar lo di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Terlepas dari keinginan pemerintah yang ingin membuat deretan Bali baru, sebenarnya apa saja sih yang mereka sedang bangun? Fasilitas, infrastruktur dan sarana-prasarana seperti apa yang sedang dikerjakan?

 

Kalau lo sudah makin penasaran, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Wisata Danau Toba: Bali Baru Dimulai Dari Membangun Fasilitas Glamping

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali!

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali! credit: jpp.go.id

Langkah pembangunan ini tentunya menjadi bukti dari komitmen pemerintah untuk mendukung dan memanfaatkan sumber daya alam serta sumber daya manusia secara terintegrasi dengan berbagai perkembangan teknologi dan tentunya tren yang sedang berkembang.

 

Nah, bicara soal tren yang sedang berkembang – berkemah dengan cara konvensional, walau masih terus diminati banyak traveler, sekarang ini juga berkembang tren berkemah baru, yaitu glamping. Glamping adalah gabungan kata dari glamourous camping.

 

Apa bedanya dengan berkemah secara konvensional? Jelas berbeda bro. Kalau berkemah secara konvensional, tentu lo mesti membawa tenda sendiri dan segala perlengkapan lainnya. Glamping adalah cara singkat untuk berkemah buat para traveler khususnya generasi millennials yang ingin praktis merasakan dekat dengan alam.

 

Pasalnya, glamping tidak ayal berbeda dengan penyewaan kamar hotel saja. Hanya bentuk kamarnya yang seperti tenda dan berada di luar ruangan. Walau bentukannya seperti tenda, tapi segala fasilitas di dalamnya tidak jauh dari kamar hotel berbintang lho!

 

Dengan pembangunan fasilitas glamping ini – diharapkan para traveler millennials tidak hanya menjadikan Bali sebagai target utama traveling mereka, tetapi juga Danau Toba di Sumatera Utara ini. Bro, tapi kalau dilihat dari spotnya – jelas Danau Toba menawarkan pengalaman petualangan baru nih!

 

Wisata Danau Toba: Mengusung Konsep Sustainable Tourism

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali!

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali! credit: venuemagz.com

Dalam kunjungan para pihak terkait pembangunan tersebut – mereka melihat antusias masyarakat sekitar juga tinggi. Respon yang baik menandakan kalau mereka sepertinya juga akan ikut merasakan kemajuan yang ada di kawasannya tersebut.

 

Hal ini diungkap oleh salah satu Menteri yang menyatakan kalau Danau Toba mempunyai potensi wisata yang tinggi. Jika diiringi oleh pembangunan seperti ini, jelas masyarakat sekitar juga akan mendapatkan lapangan kerja yang dibuka dari pembangunan fasilitas tersebut.

 

Maka dari itu, konsep yang akan diterapkan terkait dengan segala pembangunan fasilitas yang ada adalah sustainable tourism. Konsep ini akan memanfaatkan SDA dan SDM yang ada untuk membuat destinasi wisata tersebut semakin berkembang dan maju.

 

Wisata Danau Toba: Keindahan Alam dan Budaya yang Kental

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali!

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali! credit: pesona.travel

Dari konsep sustainable tourism yang akan diterapkan di destinasi wisata Danau Toba sudah pasti akan memanfaatkan segala keindahan alam dan budaya yang ada di sana. Pemanfaatan keindahan alam serta budaya tentu sudah terlihat dari proses pembangunan besar itu.

 

Seperti wisata desa yang akan diadakan juga di sana. Oleh karena itu, revitalisasi rumah adat Batak serta berbagai arsitektur khas budaya di sana akan terus dilakukan. Hal ini tentu untuk membuat budaya tersebut tidak hilang dan jadi daya tarik traveler yang kuat.

 

Wisata Danau Toba: Perhatian Juga Mengalir ke Aksesibilitas

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali!

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali! credit: jelajahnusae.com

Selain memerhatikan destinasi wisatanya, pembangunan yang dilakukan juga rencananya menyisir sampai ke segmen-segmen pendukung seperti faktor aksesibilitas. Sebut saja Bandar Udara Sibisa yang tengah berbenah.

 

Benah-benah yang ada di bandar yang hanya sekitar 4-5 kilometer saja dari Danau Toba ini melingkupi penambahan terminal serta penambahan panjang runaway pesawat. Dengan adanya penambahan fasilitas dan hal terkaitnya, diharapkan aksesibilitas tidak jadi halangan para traveler untuk datang ke sana!

 

Wisata Danau Toba: Unique Selling Point – UNESCO GLOBAL GEOPARK

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali!

5 Fakta Menarik Dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba: The New Bali! credit: gpswisataindonesia.info

Salah satu nilai jual yang unik untuk mempromosikan destinasti Bali baru – Danau Toba ini adalah predikatnya di mata dunia yang sudah masuk ke dalam salah satu geopark yang diakui oleh UNESCO. Pencapaian ini dinilai oleh Kementerian Pariwisata karena Danau Toba mempunyai atraksi kelas dunia.

 

Sehingga hal tersebut menjadikan Danau Toba masuk ke dalam predikat yang bergengsi itu. Tidak mudah lho untuk bisa masuk ke dalam daftar global geopark versi UNESCO. Nah, karena Danau Toba sudah masuk, diharapkan jadi daya tarik juga untuk para traveler millennials agar datang ke sana.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari deretan fakta menarik yang sudah dijelaskan di atas, apakah lo ada komentar atau ide? Kalau ada, mari ngobrol di kolom komentar di bawah ini ya bro!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – pegipegi.com

Wilderness Beginner danau solo traveling solo backpacker

4 COMMENTS

SHARE
makin keren aja ..
Menarik nih
semoga sampah ga makin menggunung
Tempat yang sangat indah