5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari!

Ada jalur pendakian Gunung Sindoro yang lagi ditutup sementara nih bro. Ketahui berbagai fakta dan hal menariknya di bahasan kali ini ya!

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari!

 

Menjadi salah satu gunung di tanah Jawa yang favoritnya para petualang, Gunung Sindoro adalah gunung yang menarik untuk didaki. Berlokasi di dua kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Gunung Sindoro punya pesona yang mampu menghipnotis para pendaki dengan mudah.

 

Mempunyai ketinggian kurang lebih 3.153 mdpl – puncak dari Gunung Sindoro adalah salah satu puncak gunung yang cukup unik dan berbeda daripada pegunungan lainnya. Hal ini mengacu ke luasnya puncak gunung tersebut.

 

 

Saking luasnya, puncak Gunung Sindoro bahkan disebut-sebut puncak gunung lapangan sepak bola. Hal ini berkaitan dengan memang kondisi puncak tersebut luas. Makanya, tidak heran jika banyak pendaki yang mendirikan tenda untuk berkemah.

 

Pemandangan yang unik dan indah yang membuat  para pendaki beramai-ramai menikmati keindahan alam tanah Jawa dari puncak Gunung Sindoro. Oh iya, buat lo yang ada rencana untuk mendaki gunung yang satu ini, jangan lupa bawa perbekalan air minum yang cukup ya!

 

Selain soal perbekalan yang mesti disiapkan dengan baik, ada kabar dari Gunung Sindoro yang bisa jadi pertimbangan lo untuk mendaki ke sana. Perlu lo ketahui kalau di bulan September ini – jalur pendakian ke sana via Bansari sementara ditutup.

 

Eh kenapa ditutup ya? Tumben nih jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ditutup. Buat lo yang sudah penasaran dan mau tahu ada apa jalur pendakian gunung ini sementara ditutup, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Jalur Pendakian Gunung Sindoro: Via Bansari Ditutup

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari!

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari! credit: gunungbagging.com

Tenang bro, seperti yang sudah disebutkan di atas, tutupnya jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ini sifatnya hanya sementara. Biasanya, jika satu jalur pendakian di sebuah gunung ditutup, mesti ada alasan kuat mengapa penutupan itu mesti terjadi.

 

Nah, buat jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ini – ditutup sementara oleh pihak pengelola karena mesti pulih dulu dari musim kemarau yang berkepanjangan ini. Hal ini berkaitan dengan berbagai kabar kebakaran hutan dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Musim kemarau yang panjang ini jadi rentan membuat hutan-hutan di Indonesia mudah terbakar. Terlebih, jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ini didominasi oleh hutan-hutan juga. Jadi, buat lo yang lagi berencana mendaki gunung ini, sila ubah jadwal pendakian lo ya.

 

Jalur Pendakian Gunung Sindoro: Mulai Kapan?

Seperti yang sudah diberitahu sebelumnya di atas – lo mesti mengatur lagi jadwal pendakian karena penutupan sementara ini sudah dimulai dari tanggal 9 September 2019. Penutupan ini jelas menjadi hal yang tidak bisa ditolak oleh para pendaki.

 

Lalu sampai kapan ya kira-kira?

 

Berdasarkan surat pemberitahuan nomor 01/KPS/IX/2019 yang menyatakan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ditutup sementara ini – penutupan akan mulai dari tanggal 9 September 2019 sampai kurang lebih 30 September 2019 nanti.

 

Jalur Pendakian Gunung Sindoro: Sebuah Langkah Antisipasi

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari!

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari! credit: unsplash.com

Mungkin untuk para pendaki – penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ini adalah hal yang cukup mengecewakan karena lo mesti mengatur ulang jadwal petualangan. Namun, buat para pengelola jalur pendakian gunung, ini adalah sebuah langkah antisipasi.

 

Memang cukup mengecewakan – namun mengingat musim kemarau ini cukup panjang, penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ini adalah sebuah langkah antisipasi dari kebakaran hutan dan lahan.

 

Jalur Pendakian Gunung Sindoro: Via Kledung Juga, Bro!

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari!

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari! credit: blog.traveloka.com

Ternyata tidak hanya jalur pendakian via Bansari saja yang akan ditutup sementara oleh para pihak pengelola. Ada satu jalur lagi yang akan ditutup menyusul yaitu jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.

 

Kurang lebih tidak jauh berbeda alasan para pengelola menutup jalur pendakian ini, yaitu langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Kurang lebih, penutupan jalur Kledung ini akan dimulai dari tanggal 22 September 2019.

 

Tenang bro – jika sudah dua jalur yang ditutup – lo masih bisa lewat dua jalur lainnya untuk mencapai puncak Gunung Sindoro. Wajar, Gunung Sindoro punya empat jalur pendakian, yaitu Kledung, Bansari, Alang-Alang Sewu dan Sikatok.

 

Jalur Pendakian Gunung Sindoro: Jangan Buat Api Unggun Dulu!

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari!

5 Hal Dibalik Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari! credit: google images

Jika lo kebetulan sudah siap untuk berangkat mendaki – ada pesan khusus yang akan diberikan oleh para pihak pengelola dari basecamp – yaitu larangan untuk tidak membuat api unggun terlebih dahulu. Hal ini jelas sebagai langkah antisipasi jangan sampai ada kebakaran hutan lagi.

 

Kondisi alam yang sedang kering, jika ada api yang cukup besar dan tertiup angin – dikhawatirkan mudah sekali membakar yang lainnya. Sehingga larangan untuk tidak membuat api unggun ini mesti lo taati dulu ya!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas ya informasi yang sudah disebutkan di atas. Jika tidak Gunung Sindoro, masih banyak kok gunung-gunung lainnya yang siap lo daki. Sebut saja Gunung Semeru, Sumbing, atau Raung.

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – sunrise-adventure.com

Wilderness Beginner Extreme hiking jungle trekking climbing

4 COMMENTS

SHARE
informasi yang cukup jelas
info yang bagus
tq info ya
mantap tempatnya