Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Museum Vatikan memiliki banyak koleksi seni bernilai sejarah tinggi. Apa sajakah karya seni indah yang tak boleh dilewatkan wisatawan di museum ini? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Jika lo mencari destinasi wisata sejarah unik di Italia, Museum Vatikan bisa menjadi pilihan yang tepat. Museum yang menyimpan ribuan karya seni terkenal ini terletak di Roma, Italia. Ketika memasuki bagian dalam museum ini, mata lo akan dimanjakan berbagai koleksi karya seni indah seperti lukisan dan patung.

Apa sajakah karya seni indah yang tak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke museum ini? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1.  Tangga Spiral Bramante

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan. Photo Credit: reddit.com

Lo bisa menemukan tangga spiral menawan di Museum Vatikan. Desain tangga unik tersebut dirancang oleh seorang arsitek asal Italia bernama Bramante. Pengunjung Museum Vatikan kabarnya tak diperkenankan mengunjungi tangga spiral ini tanpa izin tertentu.

Untungnya, seorang arsitek bernama Giuseppe Momo merancang sebuah tangga dengan bentuk desain menyerupai tangga buatan Bramante. Proses pembuatan tangga tiruan ini kabarnya dilakukan pada tahun 1932. Sudah lama sekali, ya?

Tangga spiral tiruan ini diketahui punya bentuk double-helix. Istilah tersebut merujuk pada kehadiran dua tangga spiral yang berada dalam posisi bergabung. Apabila tertarik menyambangi tangga Bramante asli, wisatawah wajib mengikuti tur khusus yang sudah dipesan sejak lama.

2. Galleria delle Carte Geografiche

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan. Photo Credit: civitavecchia.portmobility.it

Bagian indah dari Museum Vatikan ini juga tak boleh diewatkan para pengunjung begitu saja. Galleria delle Carte Geografiche atau Maps Hall diketahui menyimpan 40 peta topografis Italia. Deretan peta di sini kabarnya diciptakan kisaran tahun 1580 hingga 1583.

Menurut pendapat sejumlah pihak, sekitar 80 persen dari peta-peta tersebut menampilkan informasi akurat. Keistimewaan Galleria delle Carte Geografiche tak berhenti sampai di situ. Tempat ini juga mempunyai desain atap indah yang kerap membuat pengunjung terkagum-kagum.

Saat bertandang ke tempat ini, wisatawan juga bakal melihat banyak peta dengan tampilan informasi yang begitu rinci. Peta-peta tersebut menampilkan kapal-kapal, deretan pegunungan, serta dewa laut Neptunus. Keren sekali, bukan? Jangan lupa kunjungi bagian museum ini deh bro!

3. Kapel Sistine

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan. Photo Credit: tripsavvy.com

Berkunjung ke Museum Vatikan rasanya kurang afdol jika belum mendatangi Kapel Sistine. Kapel ini diketahui menjadi salah satu atraksi utama yang paling banyak dilihat para pengunjung museum. Lo bisa menemukan Kapel Sistine di bagian paling akhir Museum Vatikan.

Penempatan posisi kapel ini di bagian akhir museum mungkin dimaksudkan agar pengunjung tidak lupa mendatanginya. Hampir setiap harinya, area Kapel Sistine ramai dipadati turis mancanegara. Banyak wisatawan tertarik melihat lukisan buatan Michelangelo di sekitar sini.

Lukisan-lukisan indah di Kapel Sistine bisa diamati pengunjung secara jelas melalui binokular. Di Kapel Sistine, wisatawan juga dapat menikmati keindahan beragam karya seni klasik. Contoh karya utama yang bisa lo lihat di sini adalah The Last Judgment dan Creation of Adam. Mantap sekali deh, bro!

4. Raphael Rooms

 

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan. Photo Credit: trover.com

Di Museum Vatikan, pengunjung dapat menjelajahi 4 kamar menawan bernama Raphael Rooms. Bagian dalam keempat kamar ini dihiasi karya lukis buatan seorang seniman bernama Raphael. Sebelum menjadi area pariwisata, kamar-kamar ini kabarnya sempat diniatkan menjadi perpustakaan pribadi Paus.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, Raphael Rooms akhirnya dialihfungsikan menjadi tempat wisata bagi para turis. Daya tarik keempat kamar ini terletak pada lukisan-lukisan indah yang terpajang di dinding. Tiap-tiap lukisan diyakini sarat mengandung unsur filosofi, teologi, puisi, dan ilmu hukum.

Contoh karya seni lukis yang bisa diamati pengunjung di Raphael Rooms adalah School of Athens. Ide penciptaan lukisan tersebut dikatakan berfokus pada filsuf Plato dan Aritoteles. Raphael Rooms cocok dikunjungi wisatawan yang senang menikmati karya seni klasik pada masa liburan.

5. Apollo del Belvedere

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan. Photo Credit: museivaticani.va

Patung ini diketahui menggambarkan sosok dewa Apollo yang berasal dari mitologi Yunani. Apollo del Belvedere termasuk salah satu deretan karya seni paling tersohor di Museum Vatikan. Banyak pengunjung tertarik mendekati patung terkenal ini untuk berfoto.

Sejumlah pihak memprediksi proses pembuatan Apollo del Belvedere berlangsung sekitar abad pertama Sebelum Masehi. Uniknya, patung ini baru ditemukan pada abad ke-15 Masehi. Paus Julius II diketahui menjadi penggagas ide dipindahkannya patung ini ke Belvedere Courtyard di Museum Vatikan.

Jika diamati dengan saksama, patung ini memperlihatkan sosok dewa Apollo yang baru melepas anak panah. Apollo del Belvedere juga diyakini menggambarkan sisi sempurna tubuh kaum adam. Persepsi ini berpijak pada idealisme rakyat Yunani dan Romawi Kuno. Keindahan patung ini sering mengundang decak kagum banyak pihak, salah satunya adalah Napoleon Bonaparte.

6. Museum Pio-Clementine

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan

Mengintip 6 Karya Seni Menakjubkan di Museum Vatikan. Photo Credit: museivaticani.va

Ketika berkunjung ke area museum ini, wisatawan dapat mengamati aneka patung Yunani Kuno dan Romawi menawan. Asal-usul nama museum ini kabarnya terinspirasi dari nama kedua pendirinya yang merupakan seorang Paus. Museum Pio Clementine sendiri dibangun sekitar tahun 1700 –an. Lama sekali ya bro? Pokoknya, tempat ini sayang untuk dilewatkan wisatawan penyuka seni dan sejarah.

Itulah 6 karya seni indah yang bisa dilihat wisatawan di Museum Vatikan, Roma, Italia. Keindahan karya-karya seni di atas patut diamati secara langsung khususnya bagi traveller penikmat wisata sejarah. Melihat karya unik di Museum Vatikan juga akan memperluas wawasan lo seputar seni.

Source: suara.com

Feature Image - museivaticani.va

Urban Places Beginner solo traveling solo backpacker

11 COMMENTS

SHARE
tq info ya , semoga bs kesini
Nice info
menakjubkan sekali.... kapan ya bisa liat lgsg
artistik sekali ya
sejarah bangsa yunani.
Nice info
aku berdoa semoga aku bisa ke sana. amin
Nice info
Terimakasih infonya
Luar biasa