5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu

Salah satu kegiatan favorit pengunjung Waduk Rowo Jombor adalah mengelilingi waduk dengan perahu.Sebelum mencobanya, ada baiknya lo mengetahui beberapa hal penting agar kegiatan ini berjalan seru dan lancar. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah bro!.

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu

Waduk Rowo Jombor merupakan salah satu objek wisata menarik yang bisa lo jumpai di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Waduk seluas 198 hektar ini tak hanya berfungsi mengaliri area persawahan penduduk lokal. Masyarakat juga memanfaatkan kehadiran waduk ini untuk mendirikan usaha di bidang pariwisata dan kuliner.

Salah satu kegiatan favorit pengunjung Waduk Rowo Jombor adalah mengelilingi waduk dengan perahu. Warga setempat diketahui membuka jasa keliling waduk kepada para wisatawan. Saat menaiki perahu, lo bisa menikmati panorama asri sembari berfoto. Mantap sekali, bukan?

Sebelum mengelilingi Waduk Rowo Jombor, lo sebaiknya mengetahui beberapa hal penting agar kegiatan menaiki perahu berjalan lancar. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak bro!    

1. Datang Bersama Teman atau Keluarga

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu. Photo Credit: instagram.com/@ghsssn_20

Untuk bisa mengelilingi Waduk Rowo Jombor dengan perahu, lo hanya perlu mengeluarkan biaya yang relatif murah. Satu orang kabarnya hanya dikenakan tarif naik perahu sebesar Rp 10.000 saja. Akan tetapi, harga tersebut baru berlaku bila jumlah penumpang perahu sudah mencapai 10 orang.

Oleh sebab itu, lo disarankan mengunjungi Waduk Rowo Jombor bersama rombongan. Carilah teman atau keluarga yang juga berminat ke waduk ini pada masa liburan. Jika memungkinkan, atur waktu liburan ke sini pada waktu hari kerja untuk menghindari suasana terlalu ramai.

Apabila tidak mampu mengumpulkan penumpang sebanyak 10 orang, wisatawan baiknya menyiapkan uang lebih karena harga akan lebih mahal. Terlebih jika lo berniat menaiki perahu ini seorang diri. Jadi, persiapkan dana liburan sebaik-baiknya ya bro!

2. Memilih Waktu Kunjungan saat Cuaca Tengah Cerah

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu. Photo Credit: kompas.com

Wisatawan baiknya tak lupa mempertimbangkan faktor cuaca ketika berencana pergi ke Waduk Rowo Jombor. Berangkatlah ke tempat ini apabila cuaca sedang terlihat cerah. Pasalnya, hal ini bakal memudahkan lo untuk melihat pemandangan ke berbagai arah.

Saat cuaca sedang cerah, warna air waduk juga akan nampak lebih indah dari karena memantulkan panorama langit biru. Lo tentu bisa mengabadikan pemandangan cantik ini dengan kamera. Hasil jepretan foto tersebut sangatlah cocok diunggah ke media sosial.

Beberapa perahu diketahui masih bisa ditumpangi pengunjung meski hujan sedang turun. Akan tetapi, perahu bisa saja berhenti beroperasi tiba-tiba apabila hembusan angin terlampau kencang akibat badai. Hal ini tak lain dimaksudkan agar pengunjung terhindar dari berbagai risiko berbahaya di tengah pelayaran.

3. Bertandang ke Waduk pada Waktu Pagi Hari

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu. Photo Credit: kompas.com

Pengunjung sebenarnya bisa menggunakan jasa keliling waduk dengan perahu sesuai keinginan. Lo hanya tinggal membayar tarif naik perahu yang ditentukan warga setempat. Meski bisa menaiki perahu kapanpun, lo disarankan memilih waktu pagi atau sore hari.

Ketika naik perahu di pagi atau sore hari, wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar dengan kondisi cuaca yang tidak terlalu panas. Hal ini tentu akan terasa berbeda ketika lo mengunjungi Waduk Rowo Jombor di siang hari. Kala itu, lo bakal merasa tidak nyaman menjepret foto pemandangan karena cuaca terlalu panas.

Selai itu, ada keuntungan lain yang bakal didapat pengunjung saat menyambangi Waduk Rowo Jombor di pagi dan sore hari. Lo berkesempatan mendapat foto cantik karena cahaya matahari menambah keindahan warna pemandangan sekitar. Panorama ini tentu cocok diabadikan dalam foto.

4. Memerhatikan Posisi Tubuh di Perahu agar Tidak Tercebur

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu. Photo Credit: instagram.com/andienoize

Salah satu aktivitas favorit wisatawan ketika mengelilingi Waduk Rowo Jombor dengan perahu adalah berfoto. Hal ini biasanya dilakukan mereka yang takjub atas keindahan panorama sekitar waduk. Tak heran, banyak wisatawan menyiapkan kamera sebelum berangkat ke tempat ini.

Lo perlu berhati-hati bila hendak memotret gambar dari atas perahu. Perlu diingat, perahu yang ditumpangi bakal melaju dengan kecepatan tertentu sehingga melahirkan risiko tercebur. Wisatawan baiknya memerhatikan tempat pijakan untuk menghindari risiko tercebur saat memotret.

Jangan pilih area pinggir perahu sebagai tempat berfoto. Jika berdiri terlalu ke tepi, lo dikhawatirkan tercebur ke waduk karena guncangan terasa terlalu kencang. Pokoknya, perhatikan tempat berpijak sebelum mengambil gambar ya bro!

5. Tidak Meninggalkan Sampah Sesuka Hati

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu

5 Kiat Menyelami Keindahan Waduk Rowo Jombor dengan Perahu. Photo Credit: kompas.com

Menikmati pemandangan Waduk Rowo Jombor cocok dibarengi dengan aktivitas makan dan minum. Sejumlah wisatawan diketahui sering mengonsumsi makanan dan minuman ringan ketika menaiki perahu. Meski makan minum diperbolehkan, pengunjung hendaknya tetap bertanggung jawab menjaga kebersihan.

Wisatawan memang tidak akan menemukan tempat pembuangan sampah di perahu. Oleh sebab itu, lo harus membawa sampah makanan dan minuman hingga perahu menepi ke pinggir. Pastikan seluruh sampah tidak tercecer sembarangan serta terbuang pada tempatnya.

Seluruh wisatawan baiknya menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah di perahu sama sekali. Begitupun ketika lo sampai di waduk. Sikap ini menunjukkan rasa hormat dan tanggung jawab lo terhadap kelestarian alam. Jangan sampai keindahan Waduk Rowo Jombor membuat lo lupa untuk merawat kebersihan.

Demikian 5 kiat menikmati keelokan Waduk Rowo Jombor dengan perahu. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang tertarik menyambangi waduk ini ketika liburan. Suasana tenang dan panorama asri yang disajikan waduk ini bakal membantu lo untuk rileks. Sempatkan waktu traveling ke waduk indah ini ya bro!

Source: kompas.com

Feature Image - shutterstock.com

Tips Beginner solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Mantap jiwaa
klaten bersinar
Waduk rowo jombor memang elok
tq info yaa
Info bagus
nice info....
wow keren maksimal
Apakah Waduknya bisa juga ditemapti mancing ya?
Asik.nih bisa mancing2
nice info gan