Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Parepare merupakan kota kelahiran mendiang Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie. Kota yang terletak di Sulawesi Selatan ini menyimpan banyak objek wisata menarik. Apa sajakah itu? Cek jawabannya di bawah ya bro! 

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie diberitakan meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019). Semasa hidup, beliau dikenal sebagai Bapak Teknologi Bangsa yang sudah menelurkan banyak ide brilian khususnya dalam bidang penerbangan. Untuk mengenang jasa Habibie, lo bisa mengunjungi kota kelahiran beliau, yakni Parepare.

Kota yang terletak di Sulawesi Selatan ini menyimpan banyak objek wisata menarik. Apa sajakah itu? Silakan baca tulisan di bawah ya bro!   

1. Pantai Mattirotasi

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie. Photo Credit: festivaljalanjalan.com

Destinasi wisata ini patut dikunjungi para pemburu senja. Sesuai namanya, pantai ini bisa lo temukan di jalan Mattriotasi. Pantai ini menyajikan panorama sunset yang sangat memanjakan mata. Lo tentu bisa mengabadikan momen ini dengan kamera atau ponsel.

Wisatawan bisa menjajal beragam fasilitas di Pantai Mattirotasi. Rata-rata semuanya berada dalam kondisi bagus. Contohnya seperti bangku taman, jogging track, dan gazebo. Kehadiran fasilitas-fasilitas ini tentu memudahkan pelancong untuk bersantai di sekitar pantai.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah sore hari. Lo bisa menikmati momen matahari terbenam secara puas sambil menyantap makanan ringan. Pantai Mattirotasi berlokasi di tengah kota sehingga cukup mudah ditemukan pelancong yang berasal dari luar kota. Langsung ke sini ya bro!

2. Gua Tompangnge

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie. Photo Credit: jalanwisata.id

Para pecandu adrenalin tak boleh lupa menyambangi gua ini selama liburan di Parepare. Lokasi gua ini terletak di Tompangnge, Kecamatan Bacukiki. Panorama asri sekitar Gua Tompangnge dijamin bakal membuat lo terpana pada pandangan pertama.

Gua Tompangnge kabarnya juga dihuni fauna. Saat memasuki area dalam gua ini, lo bakal menyaksikan ribuan kelelawar bergantung di bagian langit-langit. Hal tersebut tentu akan membuat petualangan lo di gua ini terasa kian berkesan. Seru sekali deh!

Wisatawan tidak hanya bisa puas menjelajahi gua di sekitar sini. Lo juga berkesempatan melihat panorama indah air terjun ketika berjalan 500 meter dari gua. Penduduk setempat menyebutnya dengan nama Air Terjun Tompangnge.

3. Pantai Tonrangeng

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie. Photo Credit: pareparekotakelahiranku.blogspot.com

Salah satu keistimewaan pantai ini terlihat pada pasirnya yang memiliki warna putih bersih. Pantai Tonrangeng juga dikenal mempunyai air laut jernih. Hal tersebut menjadikan pantai ini disukai banyak wisatawan yang hobi berenang pada masa liburan.

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan pelancong di Pantai Tonrangeng. Lo bisa menikmati pemandangan sekitar menikmati hembusan angin yang menyejukkan pikiran. Waktu liburan juga bisa dihabiskan dengan mencicip aneka kuliner di sekitar pantai ini.

Contoh makanan yang bisa dinikmati wisatawan di dekat Pantai Tonrangeng adalah ikan bakar serta aneka hidangan laut lain. Pantai ini pas dikunjungi pelancong yang berniat liburan bersama keluarga atau teman. Suasana pantai ini dijamin bakal membuat lo rileks dalam sekejap.

4. Pantai Lumpue

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie. Photo Credit: pareparekotakelahiranku.blogspot.com

Lo bisa menjumpai pantai ini di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukik Barat. Pantai Lumpue cocok dijadikan tempat bersantai untuk menghilangkan suntuk. Saat bertandang ke pantai ini, wisatawan bakal melupakan sejenak hiruk-pikuk perkotaan serta beban yang menumpuk dalam pikiran. Mantap sekali, bukan?

Lumpue disebut-sebut sebagai pantai tertua di kota Parepare. Jika berangkat dari Kota Makassar, wisatawan bisa menempuh pantai ini dalam jarak kurang lebih 150 meter. Lokasinya tak jauh dari Jalan Poros Parepare. Hal tersebut membuat pantai ini mudah dijangkau wisatawan dari berbagai arah.

Ciri khas tempat wisata ini terletak pada garis pantainya yang cukup panjang. Tak heran, banyak pelancong menghabiskan waktu santai di sini dengan berjalan-jalan. Atmosfer Pantai Lumpue cocok dinikmati lo yang tengah dilanda stres. Jangan lupa ke sini ya!

5. River Ladoma

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie. Photo Credit: celebesroad.files.wordpress.com

Berlokasi di Kecamatan Bacukiki, River Ladoma menghadirkan suasana asri yang begitu memesona. Lo bisa puas mengamati keindahan Sungai Ladoma di resort ini. Pemandangan dan suasana asri River Ladoma bakal membuat lo betah berlama-lama di sana.

Tempat ini dilengkapi banyak fasilitas seru sehingga lo bakal dijauhkan dari bosan, misalnya seperti motor ATV, area pemancingan, gazebo, area soft-gun. Selain itu, wisatawan juga bisa mengusir suntuk dengan berendam sembari melihat panorama Sungai Ladoma.

Daya tarik utama resort ini memang terletak di Sungai Ladoma. Area sekitar sungai tersebut dipenuhi batu-batu andesit berukuran besar dengan bentuk bulat dan lonjong. Mendatangi River Ladoma tentu akan membuat momen liburan lo di Parepare terasa lebih berkesan.

6. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Melihat 6 Objek Wisata Menarik di Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie. Photo Credit: twitter.com/_kickandhy

Monumen ikonik ini bisa lo temukan di pusat kota Parepare. Orang yang mengusulkan ide pembuatan monumen ini adalah Wali Kota Parepare Taufen Pawe. Beliau mengaku terinspirasi dengan jalinan asmara yang terjalin kuat antara mendiang Habibie dan Ainun. Ia pun terdorong mengenang kisah cinta keduanya dalam bentuk monumen.

Monumen Cinta Sejati kabarnya berdiri sejak tahun 2015. Bangunan ini cocok dikunjungi wisatawan yang tengah berlibur bersama orang terkasih. Segera atur jadwal liburan ke sini ya bro!

Demikian 6 objek wisata menarik yang bisa lo jumpai di Parepare. Tempat-tempat di atas memiliki pesona tersendiri sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja oleh wisatawan. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang hendak berlibur ke Parepare. Selamat traveling!

Source: tribunnews.com

Feature Image - pareparekotakelahiranku.blogspot.com

Wilderness Beginner sulawesi solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
wisatanya bagus bagus
Bagussss
Mantaap sekali ya
Sangat menarik banget objek wisatanya
Nice Info
Nice Info
tq info ya..
Info bagus
mantap info gan
Info yang menarik