Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda!

Perjalanan kali ini adalah soal mencari tempat asli dari Kong Djie Coffee di Belitung. Penasaran bagaimana serunya perjalanan ini? Sila simak bahasan kali ini ya!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda!

 

Menjadi Ibu Kota Indonesia yang sebentar lagi akan pindah ke Kalimantan Timur, Jakarta dengan segala hal yang ada di dalamnya mungkin nanti akan membuat rindu banyak traveler, terlebih mereka yang suka berkeliling di dalam kota.

 

Menikmati sudut-sudut kota yang fotogenik seperti di Jakarta adalah kesukaan para traveler millennials. Bersosialisasi di taman-taman terbuka, mencoba tantangan seperti main skateboard di deretan skatepark seru, adalah yang mereka lakukan saat akhir pekan.

 

 

Untuk mengakomodir aktivitas para traveler millennials, deretan café dan tempat nongkrong bermunculan secara masif. Banyaknya tempat nongkrong di Jakarta ini memudahkan para anak muda untuk bebas memilih tempat buat mereka berbagi cerita, dan menyesap kopi.

 

Kopi dan millennials sekarang punya ikatan yang tidak bisa dipisahkan, bro. Pagi, siang atau senja – kopi jadi salah satu jenis minuman yang mereka pilih. Entah kopi murni dari proses manual brew atau bahkan kopi susu kekinian yang menjamur di mana-mana.

 

Bicara soal kopi susu yang kekinian, ada satu tempat nongkrong di Jakarta yang juga menyediakan kopi susu. Bedanya, kopi susu yang satu ini tetap mempertahankan cita rasa, gaya penyajian dari ia berasal. Eits, sudah penasaran ya tempat nongkrong mana dan kopi susu apa yang dimaksud?

 

***

 

Cukup masif sistem franchise yang dilakukan oleh Kong Djie Coffee di kota besar seperti Jakarta. Beberapa akhir tahun belakangan ini, sudah ada berbagai titik yang tersebar untuk Kong Djie Coffee. Buat lo yang tertarik untuk franchise Kong Djie Coffee, siapkan budget Rp 50 juta, ya!

 

Mengikuti kesenangan dan kesukaan millennials, Kong Djie Coffee di Jakarta, secara tempat nongkrong, didesain se-fotogenik mungkin. Elemen kayu, besi, warna cokelat dan hitam serta putih menghiasi dekorasi di dalam tempat nongkrong ini.

 

Dengan begitu – tidak ayal tiap hari, khususnya tiap akhir pekan Jumat, Sabtu dan Minggu – Kong Djie Coffee terkenal tidak pernah sepi oleh pengunjung berbagai kalangan yang didominasi oleh para millennials yang sibuk berbagi cerita dengan teman-temannya.

 

Bagaimana para millennials suka kopi dari Kong Djie Coffee ya? Padahal, tidak begitu mirip dengan kopi susu kekinian zaman sekarang, apa yang membuat mereka suka dengan tempat nongkrong di Jakarta yang satu ini?

 

Cita rasa? Tempat yang fotogenik dan nyaman? Sepertinya lebih dari semua itu, bro. Dari segala pertanyaan dan rasa penasaran yang ada, sebuah eksplorasi dan penelusuran tidak bisa dihindarkan lagi. Kali ini, akan ada sebuah perjalanan untuk mencari tempat asli Kong Djie Coffee.

 

***

 

Without further ado, let’s begin our adventure to find the OG place and taste of Kong Djie Coffee.

We are going to Belitung to find this masterpiece!

 

 

 

Tapi Sebelum Kopi, Mari Santai di Pantai Tanjung Tinggi!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda! credit: travel.tempo.co

Begitu mendarat di Bandara H.A.S Hanandjoeddin – Bangka Belitung, perjalanan ini tidak langsung menuju Kong Djie Coffee yang tengah diburu. Mengingat Belitung mempunyai deretan garis pantai yang eksotis, maka mari santai di Pantai Tanjung Tinggi terlebih dahulu.

 

Pantai yang didominasi oleh pasir putih, air laut yang bening bagaikan kristal dan sengatan matahari yang mengundang untuk berjemur – santai-santai ini tidak akan berlama-lama kok bro! Kenapa begitu? Sudah tidak tahan dengan aroma kopi yang terngiang di indera penciuman!

 

***

 

Bro, Meet the OG Kong Djie Coffee!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda! credit: Tim Super Adventure

Kalau lo main ke Belitung dan mencari tempat asli Kong Djie Coffee – jangan kaget jika yang lo temukan tempatnya tidak jauh berbeda dengan warung kopi pinggir jalan. Tidak ada elemen kayu dan besi dengan tema industrial, warna cokelat dan hitam serta putih yang fotogenik.

 

Warga lokal menyebut Kong Djie Coffee memang sesederhana warung kopi. Berlokasi di pusat kota Belitung – Tanjung Pandan, tempat asli dari Kong Djie Coffee jauh dari café-café dan tempat nongkrong di Jakarta.

 

Sempit, panas, tidak begitu rapi dan suasana dapur adalah beberapa imajeri yang bisa merepresentasikan tempat nongkrong yang satu ini. Namun, justru dengan segala kesederhanaan yang ada, you will taste the OG Kong Djie Coffee here.

 

Buka dari pagi sampai entah kapan warkop ini tutup – Kong Djie Coffee di Belitung juga ramai oleh pengunjung berbagai kalangan, khususnya para millennials sana. Sekedar menyesap kopi tubruk atau kopi susu, berbagi cerita, Kong Djie Coffee di sana jadi saksi berbagai canda dan tawa.

 

Membuka Rahasia Nikmatnya Kopi di Kong Djie Coffee!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda! credit: Tim Super Adventure

Salah satu signature dari Kong Djie Coffee adalah kopi susunya punya rasa yang melegenda. Kopi hitam yang dicampur dengan kental manis, ditambah es – ini nikmat tiada tara di tengah sengatan matahari khas Belitung, bro!

 

Mengulik rasa dari kopi susu yang legenda ini, usut punya usut, kopi hitam yang dicampurkan dengan berbagai elemen lainnya adalah kopi hitam gabungan. Mengapa gabungan? Kopi hitam tersebut mempunyai komposisi tersendiri.

 

Komposisi tersebut adalah campuran dari 70% kopi robusta Lampung dan 30% kopi arabika dari Jawa. Presisi sekali bukan? Ditambah, tungku-tungku membara yang memanasi ceret-ceret tinggi ini jadi salah satu gambaran ikonik dari tempat nongkrong ini. Sepertinya, rasa oaky yang kuat berasal dari sana, bro.

 

Ini yang membuat cita rasa kopi susu Kong Djie Coffee melegenda. Selain itu, menyesap kopi dari Kong Djie Coffee ini seakan mendapatkan semangat baru!

 

Mimpi adalah Kong Djie, untuk kita menaklukan dunia…

 

 

You sing, you lose!

 

 

 

Warkop Paling Tua di Belitung

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda!

Mendatangi Kong Djie Coffee di Tempat Aslinya: Rahasia Dibalik Rasa Kopi yang Melegenda! credit: Tim Super Adventure

Kenapa dibilang jadi warkop paling tua yang ada di Kabupaten Belitung? Bro, perlu lo ketahui kalau Kong Djie Coffee sudah berdiri sejak tahun 1943. Beretnis Tionghoa, Ho Kong Djie adalah pendiri pertama warung kopi legenda ini.

 

Berkembang pesat dan mengikuti zaman sekarang ini, Kong Djie Coffee akhirnya membuka diri untuk sistem waralaba atau franchise. Bahkan sampai ke Jakarta dan mempunyai beberapa titik di kota besar ini.

 

Nah, walau sudah banyak waralabanya – Kong Djie Coffee ternyata tetap mengandalkan kopi-kopi Sumatera dan Jawa, lho. Seperti yang sudah dibedah sebelumnya, campuran robusta dan arabika jadi cita rasa yang khas dan komposisi yang presisi.

 

 

Puas juga ya ke Belitung dan menemukan tempat asli dari Kong Djie Coffee! Bro, jangan lupa untuk nongkrong di Kong Djie Coffee ya. Menikmati kopi dan santuy itu perlu agar tidak stress dari tekanan keras ibu kota!

 

Oh iya, kalau lo punya saran kuliner atau apapun itu yang mempunyai tempat OG atau original – sila diskusi di kolom komentar di bawah ini ya! Siapa tahu perjalanan selanjutnya adalah tempat-tempat yang lo rekomendasikan!

 

Feature Image – indonesiancoffeejournal.blogspot.com

In Depth Beginner eksplorasi-kopi solo traveling solo backpacker

6 COMMENTS

SHARE
Peni heryawan
Nice info
Ikbalagri
Mantaaappp
dephy
LEGEND INI
Agus Sungkawa
Kong Djie Coffee mantap
Kristian Mustafa
Nice Info
Laudu
Mantapppp