Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi!

Ubah daftar perjalanan lo jika masih ada Bunaken dan Wakatobi di dalamnya. Lima pulau ini patut menggantikan dua destinasi wisata itu, bro! Sila simak bahasan ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi!

 

Sulawesi, salah satu pulau besar yang cukup unik bentuknya jika dilihat dari peta karena mirip dengan huruf K – pulau ini mempunyai berbagai spot petualangan atau destinasi wisata yang luar biasa keindahan alamnya, lho.

 

Sebut aja seperti Bunaken dan Wakatobi. Keduanya sudah jadi taman laut yang sama-sama dilindungi karena di dalamnya menyimpan berbagai keindahan alam yang luar biasa. Namun, jika ke Sulawesi dan hanya menuju ke dua destinasi wisata itu saja, mungkin lama kelamaan akan bosan ya.

 

Usut punya usut – jika melakukan eksplorasi lebih di Sulawesi, pulau yang menyerupai huruf K jika dilihat dari peta ini mempunyai berbagai spot dan destinasi wisata yang eksotis selain Bunaken dan Wakatobi, lho.

 

 

Walau memang sudah populer terlebih dahulu, namun Bunaken dan Wakatobi bisa jadi pilihan cadangan kalau mengetahui setidaknya ada 5 pulau eksotis yang tersebar di Sulawesi. Walau memang belum cukup mewakili segala keindahan yang ada di Pulau Sulawesi, namun setidaknya lima pulau ini memang worth it buat lo datangi.

 

Sudah penasaran di mana saja destinasi-destinasi wisata yang dimaksud? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan ini sampai habis ya! Jangan lupa tinggalkan komentar lo di kolom di bawah yang sudah disediakan ya!

 

Destinasi Wisata Sulawesi: Lembeh, Sulawesi Utara

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi!

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi! credit: elshinta.com

Tidak hanya Bunaken saja yang bisa lo datangi saat main ke Sulawesi Utara, berlokasi di Kota Bitung, Lembeh adalah spot dan destinasi pertama yang eksotis yang bisa lo datangi dan melakukan eksplorasi. Jika lo berada di Manado, hanya perlu waktu 60 menit saja untuk bisa sampai ke destinasi tersebut.

 

Apa yang membuat Lembeh di Sulawesi Utara ini harus masuk ke dalam daftar petualangan lo di tahun ini? Percaya atau tidak – Lembeh di Sulawesi Utara ini menyimpan berbagai keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

 

Setidaknya ada 90 titik penyelaman yang bisa lo eksplorasi sampai puas. Terumbu karang, koral serta berbagai biota laut yang indah lainnya siap menyapa lo saat penyelaman dilakukan. Oh iya, walau di bawah laut sana bagus-bagus, ingat jangan mengambil apa-apa karena tindakan itu bisa merusak ekosistem yang ada di sana ya.

 

Destinasi Wisata Sulawesi: Samalona, Sulawesi Selatan

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi!

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi! credit: phinemo.com

Dari sisi utara, mari pindah ke sisi yang bertolak belakang dengan arah ini, yaitu sisi selatan. Tidak jauh dari Kota Makassar, Kota Samalona adalah destinasi kedua yang direkomendasikan buat lo saat datang ke Sulawesi.

 

Garis pantai yang luar biasa indah di sana didominasi oleh pasir putih yang luas menghampar dan air laut yang bersih dan jernih. Jika melihat air lautnya, rasanya ingin langsung nyebur saja, bro! Pulau Samalona salah satu pulau kecil yang cukup populer di kalangan petualang.

 

Oleh karena itu, tidak heran jika pulau kecil ini kerap terlihat ramai oleh para pengunjung berbagai kalangan, khususnya para traveler millennials. Mereka yang datang ke sana – rata-rata mencoba snorkelling sampai diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautnnya.

 

Destinasi Wisata Sulawesi: Lihaga, Sulawesi Utara

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi!

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi! credit: waluwalu.com

Kembali lagi di Sulawesi Utara – tepatnya di Lihaga. Walau memang tidak seterkenal Bunaken atau Lembeh, namun pemandangan yang ada di sana tidak kalah menarik, bro. Lihaga adalah salah satu pulau yang tidak berpenghuni di sana.

 

Oleh karena itu, jika lo ingin berwisata dan menenangkan diri dari hiruk pikuk serta menyendiri – Pulau Lihaga adalah salah satu pulau yang direkomendasikan. Keindahan alam di pulau kecil ini tidak main-main lho.

 

Jadi – Pulau Lihaga kerap dinilai sebagai Maladewanya Indonesia Timur karena keasrian pulau di sana masih sangat terjaga.

 

Destinasi Wisata Sulawesi: Liukang Loe, Sulawesi Selatan

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi!

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi! credit: travel.tribunnews.com

Masih di dalam kawasan Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba – jika lo dari Kota Makassar, setidaknya butuh waktu sampai lima jam untuk bisa sampai di Liukang Loe. Pulau yang satu ini adalah salah satu tempat terbaik untuk snorkelling!

 

Keindahan alam di sana benar-benar masih terjaga bro. Kelestariannya yang awet ini usut punya usut ternyata sembari dijaga karena di sana juga ada penangkaran penyu. Wah, seru nih bro – kalau ke sini tepat pada waktunya, lo bisa ikut melepaskan tukik – anak penyu – yang akan menuju ke laut lepas.

 

Destinasi Wisata Sulawesi: Kambing, Sulawesi Selatan

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi!

Selain Bunaken dan Wakatobi: 5 Pulau Eksotis di Sulawesi yang Mesti Lo Datangi! credit: indonesiakaya.com

Masih dari Sulawesi Selatan dan tidak jauh dari Tanjung Bira juga – Pulau Kambing adalah salah satu pulau yang direkomendasikan buat lo nih. Eits, bukan namanya Kambing lantas di pulau tersebut banyak mamalianya itu ya.

 

 

Tebing-tebing terjal yang ada di pulau ini cukup eksotis jika lo berani untuk memanjatnya juga, nih. Selain tebing terjal – berbagai spot penyelaman di sana juga patut buat lo datangi dan eksplorasi lho. Jangan lupa siapkan kamera underwater lo ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – citilink.co.id

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

12 COMMENTS

SHARE
Cocok ini buat jamnas bulan depan
Mantaaapppp
Alam sulawesi yang menawan

i Love Indonesia
tempat yg keren sekali
Nice info
makasih infonya
Nexs info ajib2
i love indonesia
Indahnya negriku
Kereeen sekali