Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini!

Banyak orang menjuluki Telaga Claket dengan sebutan “miniatur Ranu Kumbolo khas Wonogiri”. Pasalnya, pemandangan yang ditawarkan tempat ini sungguh memukay. Apa saja hal menarik yang bisa dicoba wisatawan di Telaga Claket? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini!

Jika tengah berlibur ke Wonogiri, ada baiknya lo mengunjungi obyek wisata alam bernama Telaga Claket. Tempat ini menghadirkan pemandangan eksotis yang sungguh memikat mata. Lokasi telaga ini kabarnya tidak terlalu jauh dari kota Wonogiri.

Banyak orang menjuluki Telaga Claket dengan sebutan “miniatur Ranu Kumbolo khas Wonogiri”. Di sini, mata lo juga akan dimanjakan indahnya warna-warni bunga celosia. Apa saja kegiatan menarik yang bisa dicoba wisatawan di Telaga Claket? Berikut adalah 4 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Bersantai di Saung

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini!

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini! Photo Credit: instagram.com/lrikamaya_myadee

Telaga Claket tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah, melainkan juga suasana santai. Banyak wisatawan mendatangi tempat ini untuk menenangkan pikiran atau melepas penat. Saat berkunjung ke Telaga Claket, lo bisa menemukan sejumlah saung yang didirikan pihak pengelola untuk duduk sekaligus istirahat.

Saung yang berlokasi di Telaga Claket berjumlah empat. Jika tak tahan dengan panasi terik matahari di siang hari, wisatawan tentu dapat menjadikan saung ini sebagai tempat berteduh. Pikiran lo bakal kembali teras segar saat mengamati panorama indah Telaga Claket dari saung. Mantap sekali deh!

Keempat saung ini seringkali dipenuhi pengunjung terutama ketika masa libur panjang. Jika saung sedang dipadati banyak orang, lo bisa mengunjungi pohon rindang untuk kemudian duduk bersantai di bawahnya. Pemandangan elok Telaga Claket juga bisa dinikmati dari sana.

2. Memancing Ikan

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini!

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini! Photo Credit: travelingan.net

Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa jenuh atau stres ketika liburan. Salag satunya adalah menjajal kegiatan memancing. Sembari menunggu umpan disambar ikan, lo bisa mengusir penat dengan menikmati keindahan pemandangan sekitar. Asyik sekali, bukan?

Sehubungan dengan itu, Telaga Claket layak dikunjungi wisatawan yang hobi memancing. Tempat ini memiliki perairan yang tenang serta dihuni banyak ikan. Salah satu ikan yang sering didapat pengunjung dari hasil memancing sekitar sini adalah bawal.

Telaga Claket kabarnya terpilih menjadi lokasi lomba menancing beberapa kali. Dengan kata lain, karakteristik perairan serta suasana yang dihadirkan tempat ini diangggap menunjang pengalaman memancing yang berkesan. Jika hendak memancing ke Telaga Claket, wisatawan perlu menyiapkan alat pancing dari terlebih dahulu sebelum berangkat. Oke, bro?

3. Mengabadikan Keindahan Telaga dengan Kamera

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini!

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini! Photo Credit: kompas.com

Apakah lo termasuk tipe wisatawan yang hobi berfoto selama liburan? Jika iya, maka Telaga Claket Wonogiri wajib dimasukkan dalam daftar destinasi yang dikunjungi. Pemandangan eksotis telaga ini djamin bakal memuaskan hati para penikmat fotografi.

Setibanya di Telaga Claket Wonogiri, lo dapat menemukan banyak spot foto keren yang disiapkan oleh pihak pengelola. Salah satu area foto favorit wisatawan adalah dermaga yang menjorok ke telaga. Di sana, pengunjung berkesempatan mendapat hasil foto indah yang pas untuk diunggah ke media sosial.

Ada tiga dermaga yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto di sekitar Telaga Claket. Tiap dermaga mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri. Hal ini tergambar dari perbedaan ornamen serta latar belakang dari masing-masing dermaga. Menakjubkan sekali deh.

Selain dermaga, lo juga bisa memotret indahnya hamparan bunga celosia yang terletak di pinggir telaga. Hampir setiap harinya spot taman bunga didatangi pengunjung yang hobi berfoto. Hasil jepretan menawan juga bisa didapat wisatawan ketika mengunjungi jalan setapak sekitar bunga warna-warni.

4. Berkeliling Telaga dengan Perahu

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini!

Liburan ke Telaga Claket Wonogiri? Jangan Lupakan 4 Kegiatan Menarik Ini! Photo Credit: hobbyjalanjalan.blogspot.com

Wisatawan tidak hanya bisa menghilangkan bosan dengan berjalan di pinggir Telaga Claket saja. Jika ingin menjajal pengalaman unik dan seru, lo disarankan mengelilingi telaga indah ini dengan perahu. Pihak pengelola diketahui menyediakan satu fasilitas perahu sewa yang bisa dinikmati pengunjung.

Pengunjung dapat menemukan perahu tersebut di pinggir telaga. Biaya yang harus disiapkan wisatawan untuk mengelilingi telaga dengan perahu adalah Rp 20.000. Untuk menggerakkan perahu, lo harus mendayungnya dengan cukup kuat agar bisa menjangkat sudut-sudut telaga ini. Oke, bro?

Pengunjung yang tidak bisa mendayung bisa meminta bantuan petugas untuk menggerakkan perahu. Mereka bakal membantu lo menjalankan perahu bila memiliki waktu luang. Wisatawan nantinya dapat menanyakan biaya tambahan kepada petugas secara langsung.   

Telaga Claket memang tak memiliki luas yang tak terlalu besar. Meski demikian, pengunjung bakal tetap merasakan pengalaman berkesan ketika menikmati keindahan telaga ini dengan perahu. Aktivitas ini tentu akan membantu pikiran lo teralihkan dari stres.

Demikian 4 kegiatan menarik yang layak dicoba wisatawan selama berlibur di Telaga Claket Wonogiri. Melakukan keempat aktivitas ini tentu akan membuat pikiran lo terbebas dari jenuh. Keindahan Telaga Claket pas dinikmati wisatawan yang ingin melupakan sejenak suasana perkotaan. Jangan lupa ke sini ya bro!

Source: kompas.com

Feature Image -  earthrossy.com

Extreme Action Beginner solo traveling solo backpacker

9 COMMENTS

SHARE
indah tp terkesan spooky...
Nice Info
Nice info yan
tempate emang sip
Ini si luar biasa
Buat santai asyik ni
Suasana tenang
Nice info
Suasana alam yg nyaman..membuat fikiran kemabli fresh