4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang

Pulau Weh kabarnya menyimpan sekitar 20 titik penyelaman yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Mana sajakah yang memancarkan pesona indah? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang

Diving atau menyelam bisa menjadi aktivitas terbaik untuk dilakukan saat pikiran dilanda penat. Mata lo akan dimanjakan indahnya terumbu karang dan kawanan ikan cantik.  Jika bingung menentukan tempat diving, wisatawan bisa memilih Pulau Weh sebagai destinasi liburan.

Lokasi pulau ini terletak di ujung Sumatera, tepatnya di Sabang. Pulau Weh kabarnya menyimpan sekitar 20 titik penyelaman yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Spot diving manakah yang layak dikunjungi penyelam di Pulau Weh? Benarkah semuanya memancarkan pesona indah? Berikut adalah 4 di antaranya.

1. Arus Balee

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang. Photo Credit: flickr.com

Sabang memiliki banyak spot diving yang di dalamnya terdapat aneka biota laut indah. Hal tersebut tentu saja mengundang rasa penasaran penyelam dari berbagai tempat. Salah satu contoh titik penyelaman di Sabang yang menawarkan panorama indah adalah Arus Balee.

Lo bisa mengunjungi Arus Balee di antara Pulau Seulako dan Pulau Rubiah. Saat bertandang ke daerah ini, penyelam bakal menemukan dua arus berbeda yang dijuluki arus channel. Ada banyak hal menarik yang bisa dilihat di spot diving ini, mulai dari gurita, karang, schooing ikan, muray, dan lain-lain.

Selain itu, penyelam yang beruntung juga berkesempatan melihat fauna blue spot stingray. Arus Balee sangat pas dikunjungi para pecandu adrenalin atau wisatawan berjiwa petualang. Pasalnya, spot ini menghadirkan tantangan seru buat lo yang tertarik menjajal drift current. Segera atur waktu ke sini ya bro!

2. Sophie Rickmers

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang. Photo Credit: minutes4bahari.wordpress.com

Spot diving ini direkomendasikan bagi penyelam berpengalaman, terutama yang menguasai teknik deep dive. Saat menyelam di Sophie Rickmers, lo bakal menjumpai kapal karam tua yang diprediksi sudah ada sejak era Perang Dunia II. Kapal tersebut kabarnya berlokasi di kedalaman kurang lebih 50-70 meter.

Oleh sebab itu, penyelam perlu menguasai keterampilan khusus jika tertarik mendekati kapal ini agar terhindar dari marabahaya. Sophie Rickmers merupakan salah satu ikon spot diving di Sabang. Pemandangan bawah laut yang tersaji di sini cukup memukau.

Tidak semua penyelam dapat melihat langsung bangkai kapal tua di Sophie Rickmers. Untuk bisa mengamati kapal perang asal Jerman ini, lo diharuskan memiliki sertifikat pro terlebih dahulu. Harap berhati-hati saat menyelam di sekitar sini ya bro!   

3. West Seulako

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang. Photo Credit: wildanjohardi.files.wordpress.com

Daya tarik spot diving ini terletak pada airnya yang begitu jernih. Lo bisa menemukan West Seulako di sebuah pulau kecil sisi barat Pulau Rubiah. Saat bertandang ke sini, penyelam akan disuguhi pemandangan bawah laut menakjubkan. Menawan sekali deh bro!

West Seulako termasuk salah satu destinasi favorit para penyelam di Sabang. Lo bakal merasakan pengalaman menyelam berkesan karena tempat ini didiami beragam jenis ikan dengan warna memukau. Warna-warni indah ikan-ikan ini tentu bakal menghilangkan stres wisatawan dalam sekejap.

Ketika menjelajahi bagian dasar West Seulako, lo bakal melihat bebatuan yang ditumbuhi karang serta landasan pasir. Selain itu, ada hal menarik yang bisa dilihat penyelam di kedalaman 14 meter menuju Arus Paleeh. Hal tersebut adalah overhang dengan rupa menyerupai goa cantik. Seru sekali, bukan?

4. Rubiah Jetty

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang

4 Spot “Diving” Indah dan Menakjubkan di Pulau Weh, Sabang. Photo Credit: asokaremadja.com

Apakah lo tertarik merasakan serunya night diving di daerah Sabang? Jika iya, maka Rubiah Jetty adalah spot diving yang wajib dituju. Area penyelaman ini memiliki arus yang tidak terlalu kencang sehingga cukup aman untuk dikunjungi wisatawan. Pemandangan bawah laut di sini juga sangat eksotis!

Keistimewaan Rubiah Jetty juga terlihat pada tingkat kecerahan airnya yang bagus. Hal ini tentu memudahkan siapapun untuk mengamati keindahan biota laut di malam hari. Lo pun bisa melihat aktivitas kawanan ikan dan fauna laut lain secara lebih jelas.

Wisatawan dapat mengunjungi spot diving ini tepat di depan Pulau Rubiah. Terdapat beragam satwa nokturnal yang bisa dilihat penyelam di Rubiah Jetty, di antara adalah kepiting, lionfish, bulu babi, dan blue spot stingray. Rubiah Jetty tentu direkomendasikan bagi penikmat night dive yang ingin merasakan sensasi menyelam baru.

Demikian 4 spot diving mengagumkan yang bisa lo temui di Pulau Weh, Sabang, Aceh. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang hobi diving atau snorkeling selama liburan. Keempat spot di atas tentu patut dijajal wisatawan penggila diving yang gemar bertualang. Dari keempat tempat di atas, manakah yang ingin lo kunjungi lebih dahulu?

Source: kompas.com

Feature Image - twitter.com/ayoberangkat

Wilderness Beginner sumatera diving solo traveling

21 COMMENTS

SHARE
ga bisa diving
Menakjubkan sekali
Pengen gass ke sabang
luar biasa
harus wajib dicoba
Nice info
Mantaappp
Like banget
Spot yang paling menarik
Kita harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian nya