Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat!

Percaya atau tidak, rural traveling ternyata memilki manfaat bukan untuk diri lo saja loh, namun juga untuk sekitar! Penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini!

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat!

Buat lo yang suka jalan atau traveling, sudah tahu belum kalau terdapat beberapa jenisnya? Yaap, traveling sendiri ternyata ada beberapa ketagorinya loh. Sehingga lo bisa memilih secara bebas, kira-kira yang cocok sama diri lo mana. Sehingga jangan sampai lo melakukan traveling karena paksaan atau bahkan gengsi, sebab ini bukan aktivitas yang hanya semata-mata muncul di feed sosial media lo saja loh.

 

Traveling memang merupakan sebuah aktivitas yang mampu mengusir rasa penat ataupun stres di dalam pikiran lo. Sudah banyak orang yang membuktikannya, tak heran apabila sudah banyak sekali moda-moda transportasi yang menawarkan harga tiket murah agar lo bisa jalan-jalan ke tempat atau destinasi favorit.

 

 

Nah, ada nih dua kategori traveling yang selalu muncul di benak para penikmatnya, yaitu rural traveling dan urban traveling. Kalau misalkan urban traveling tentunya lo sudah tahu kan, destinasinya kebanyakan perkotaan dan sejenisnya. Namun apa itu rural traveling? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini.

 

Apa itu Rural Traveling?

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat!

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat! Credit: edition.cnn.com

 

Tentunya mengeksplorasi lebih jauh atau dalam seputar traveling merupakan sebuah kewajiban bagi lo yang sudah menikmatinya. Karena agar lo bisa mengetahui sebenarnya arti dibalik keseruan dari aktivitas, lo enggak cuman tahu bagian luarnya saja.

 

Masih asing mengenai rural traveling? Enggak perlu malu kok, karena memang masih jarang juga kok orang yang belum mengetahuinya. Rural traveling sendiri bisa diartikan sebagai sebuah pergerakan orang dari tempat kehidupannya sehari-hari ke sebuah kawasan pedesaan dengan jangka waktu lebih dari 24 jam. Pokoknya aktivitas ini benar-benar akan membuat lo mengenal pedesaan yang lo tuju.

 

Konsep dari traveling jenis ini juga bukan hanya sekedar mengunjungi pedesaan saja loh, namun lebih dari itu. Di kawasan yang berbeda dengan kehidupan keseharian lo, apalagi buat lo para warga kota patut untuk mempelajari serta merasakan hidup seperti apa yang dilakukan oleh para masyarakat pedesaan.

 

Biasanya aktivitas ini dilakukan sebagai sebuah rekreasi untuk melihat kehidupan para petani, bagaimana hidup di rumah pedesaan hingga benar-benar masuk ke dalam kehidupan mereka. Tentunya jauh dari teknologi ataupun kehidupan perkotaan yang biasanya lo hadapi setiap harinya.

 

Ciri-Ciri Rural Traveling

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat!

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat! Credit: unakriti.com

 

Bagaimana sih cara lo untuk bisa memastikan kalau lo benar-benar melakukan rural traveling? Memang tidak akan semudah itu, setidaknya lo harus melakukan sebuh riset terlebih dahulu mengenai tempat tujuan lo. Nah, apa saja sih ciri-cirinya dari aktivitas ini?

 

Ciri-cirinya bisa dibilang cukup mudah untuk lo bisa mengetahui kawasan atau destinasi lo itu memang cocok untuk rural traveling, namun untuk menemukannya memerlukan waktu yang tidak sedikit loh, sehingga jangan lupa untuk menyiapkan waktu lo yaa.

 

Rural traveling bisa lo lihat dari kawasan atau destinasi yang memiliki kepadatan penduduk rendah dan kegiatan di pedesaan tersebut didominasi oleh kegiatan pertanian tanaman keras, tanaman tumpeng sari dan peternakan. Bukan hanya itu saja, lo juga patut untuk meriset, apakah penduduk dari pedesaan tersebut masih memiliki hubungan sosial yang akrab dan saling bantu.

 

Kalau destinasi yang ingin lo tuju sudah memenuhi beberapa kriteria tersebut, maka lo sudah bisa melakukan rural traveling. Banyak hal yang bisa lo dapatkan selain dari melihat bagaimana mereka beraktivitas, lo juga bisa melihat beragam karakteristik adat istiadat di desa yang menjadi destinasi pilihan lo.

 

Keuntungan dari Rural Traveling

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat!

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat! Credit: /igopersia.com

 

Melakukan rural traveling ternyata tidak hanya memilki keuntungan bagi diri lo sendiri loh, yaa secara tidak langsung lo akan mendapatkan sebuah kawasan nan tenang serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Selain itu rasa penat ataupun stres lo akan turun bahkan hilang. Namun tidak hanya sampai di situ saja loh.

 

Keuntungan dari melakukan aktivitas ini juga berlaku untuk tempat atau destinasi yang lo tuju loh. Karena secara tidak langsung lo akan membuka mata para warga di pedesaan mengenai dunia luas. Bahkan lo juga bisa loh membantu perekonian ataupun perkembangan dari desa tersebut.

 

Lo bisa membawa barang-barang atau keperluan agar desa yang lo datangi bisa lebih maju ketimbang sebelumnya. Ambil contoh saja, lo bisa membawa buku ataupun memberikan sebuah pembelajaran bagi warga desa yang lo tuju.

 

Sehingga kalau memang lo tertarik untuk melakukan rural traveling, tentunya harus benar-benar sepenuh hati serta memiliki timbal balik yang sangat baik loh, baik untuk diri lo sendiri ataupun desa yang menjadi destinasi lo. Tertarik untuk melakukannya bro?

 

Perbedaannya dengan Urban Traveling

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat!

Mengenal Rural Traveling, Sebuah Perjalanan yang Sangat Bermanfaat! Credit: /travelingbytes.com

 

Bisa dikatakan kalau perbedaan antara rural traveling dan urban traveling cukup signifikan, selain dari tempat tujuan atau destinasi lo, masih ada hal lainnya yang menjadi pembeda antara dua jenis traveling ini loh.

 

Kalau urban traveling biasanya akan mengeluarkan dana yang lebih banyak, aktivitasnya lebih beragam hingga lo bisa melihat perkotaan dengan gedung-gedung tinggi bahkan teknologi mutakhir. Nah, untuk rural traveling sendiri bisa mendatangkan ketenangan ke dalam diri lo, lalu lo bisa lebih menghargai hal sekecil apapun serta mengetahui lebih dalam lagi mengenai kehidupan di sebuah pedesaan.

 

Tentunya dengan perbedaannya lo bisa memillih sebenarnya diri lo sendiri lebih cocok ke mana. Urban traveling atau rural traveling? Semuanya itu ada di tangan lo, kedua aktivitas tersebut sama-sama akan mendatangkan sebuah pengalaman unik di dalam kehidupan lo.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar rural traveling di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo lebih lagi mengenai traveling yaa. Kembali lagi aktivitas ini bukan hanya untuk ajang pamer di sosial media yaa, karena memiliki makna yang lebih dari itu. Semangat selalu dan teruslah eksplorasi hal baru di dunia ini!

 

 

 

Featured Image: greenglobaltravel.com

 

In Depth Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Informasi yang sangt bermanfaat dan menjadi panduan
Wafiroel N
Informasi yg bermanfaat
Yumna Aditya Prakoso
nice info gan
Yuniarto ( Tato )
Wah ada manfaatnya juga
Dwi afandi
Nice info bro
Peni heryawan
Nice info
ditra nugraha
makasih informasinya
Peni heryawan
Nice info
Peni heryawan
Berpetualang mantap
Sandi L
Nice info