Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

Udah mau turun ke trek offroad buat main motor trail nih? Santai - perhatikan dulu nih deretan safety gear yang ada di bahasan kali ini. Penting buat keselamatan lo nih!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

 

Jumpalitan di atas trek tanah yang ekstrem memang seru dan menguji adrenalin, bro. Tapi, jangan lupa – buat keselamatan, main motor trail juga mesti ada safety gear-nya dulu nih. Sudah tahu basic safety gear-nya apa saja?

***

 

Gundukan tanah di lapangan terbuka memang jadi hal menarik buat para penggila motor trail. Apalagi gundukan tanahnya banyak dan berbagai ukuran. Kalau tinggi, mungkin mereka akan coba trik salto 360 derajat mengandalkan pijakan kuat dari gundukan tanah itu.

 

 

Main motor trail memang seru, bro. Berbeda dengan anak motor yang suka touring atau anak motor sport yang biasanya track day di sirkuit – anak motor trail pasti tidak jauh dari arena alam bebas karena mereka berada di jalur offroad.

 

Mau kering atau basah – arena alam bebas buat motor trail offroad akan selalu menyenangkan buat anak motor trail. Terlebih di arena tersebut sampai ada kubangan lumpur. Buat mereka justru tantangan seperti itu yang bikin adrenalin makin terpacu.

 

Tapi, bicara soal tantangan, arena balapan yang ekstrem sampai uji adrenalin – ada yang tidak boleh anak motor trail dan anak motor lainnya lupa nih. Safety gear, bro. Kelengkapan peralatan keselamatan mesti tetap diperhatikan.

 

Safety gear ini mesti dipastikan menempel di badan lo. Jangan sampai tidak digunakan bro karena melihat ekstremnya permainan motor trail, tentu akan selalu ada resiko-resiko berbahaya di dalamnya. Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi, safety gear mesti digunakan atau dipakai.

 

Memangnya apa saja sih safety gear yang diperlukan – atau setidaknya, apa saja sih basic safety gear yang harus menempel di badan lo saat akan main motor trail? Buat lo yang belum tahu, mari sama-sama menyimak bahasan ini sampai habis.

 

Safety Gear Buat Main Motor Trail: Helm

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo! credit: inews.id

Sudah pasti isi kepala lo mesti dilindungi dengan baik, makanya pakai helm itu harus, bro! Helm buat main motor trail sepertinya cukup berbeda dengan helm anak motor lainnya. Perbedaan ini terlihat dari desain helm yang memiliki moncong di depan.

 

Kegunaan moncong ini adalah ketika semisalnya lo jatuh dari motor trail dan menabrak apapun di depan itu, rahang serta bagian mulut dan wajah tidak langsung mengenai objek yang ada di sana. Cukup aman kan kalau pakai helm?

 

Kalau soal harga – memang cukup variatif dan berdasarkan merk juga. Kalau yang standar saja – helm buat main motor trail dibanderol dari harga Rp 500 ribu sampai jutaan. Semakin tinggi harganya, biasanya kualitas juga berbicara, bro.

 

Safety Gear Buat Main Motor Trail: Set Body Protector

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo! credit: motorplus-online.com

Selain helm – turun ke anggota tubuh lainnya nih yang mesti lo perhatikan safety gear-nya. Set body protector mesti lo punya nih. Pelindung bagian tubuh ini biasanya satu set. Makanya, biasanya ada bagian rompi atau vest untuk melindungi dada sampai perut, lalu pelindung siku dan lutut.

 

Kalau seandainya lo terjatuh dari motor trail – set body protector ini sangat berfungsi untuk meringankan benturan dan cedera yang akan lo alami. Terlebih, bagian siku dan lutut yang mesti sangat diperhatikan karena bagian tersebutlah yang paling rawan cedera parah ketika jatuh dari motor trail.

 

Harga dari set body protector ini cukup variatif juga. Mulai dari Rp 450 ribu sampai jutaan tentunya. Lagipula, kalau harga jelas tergantung juga dengan merk. Buat lo yang baru saja main motor trail dan masih pemula, beli yang basic saja, bro.

 

Safety Gear Buat Main Motor Trail: Brace Neck

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo! credit: youngchoppers.com

Peralatan yang satu ini jarang diperhatikan karena dianggap tidak begitu penting. Padahal brace neck adalah salah satu safety gear yang mesti lo gunakan saat main motor trail. Berfungsi untuk menyangga leher dan melindunginya – brace neck akan meminimalkan resiko cedera leher kalau lo jatuh.

 

Nah, kenapa kadang brace neck dilupakan – mungkin bisa jadi karena faktor harga. Walaupun variatif, harga gear yang satu ini bisa mulai dari Rp 1,3 juta, lho. Mungkin karena terbilang cukup mahal – gear ini jadi jarang digunakan.

 

Safety Gear Buat Main Motor Trail: Sepatu Boot

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo! credit: trialgame.id

EITS! Bukan sepatu boot kulit buat jalan-jalan ya! Sepatu boot yang dimaksud adalah jenis sepatu yang memiliki bentuk cukup panjang sehingga bisa menutupi bagian betis sampai tulang kering para pengendara motor trail.

 

Biasanya, akan ada tambahan bantalan khusus di bagian tulang kering kaki. Hal ini tentu dimaksudkan untuk meminimalisir kerasnya benturan yang terjadi di kaki kalau lo tengah terjatuh. Oleh karena itu, sepatu boot adalah gear dasar yang mesti lo pakai nih!

 

Safety Gear Buat Main Motor Trail: Google!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo! credit: hargamur.com

Helm anak motor trail tidak langsung menggunakan kaca atau visor seperti helm-helm umumnya, lho. Walau ada yang seperti itu juga – namun googles adalah kacamata khusus anak motor trail yang digunakan terlihat terpisah dari helmnya.

 

Jadi, lo pakai dulu googlesnya – baru lo gunakan helmnya. Googles ini cukup rapat biasanya. Tentu fungsinya untuk melindungi mata lo dari debu, kerikil bahkan dahan pohon. Soal harga cukup terjangkau dan worth it jika lo beli yang kisaran Rp 500 ribuan.

 

Safety Gear Buat Main Motor Trail: Wearpack

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo!

Mau Main Motor Trail? 6 Safety Gear Ini Mesti Nempel Dulu di Badan Lo! credit: beritagar.id

Tidak terlalu tebal dan tidak juga terlalu tipis – biasanya wearpack yang digunakan anak motor trail adalah pakaian berlengan panjang. Biasanya juga dilengkapi dengan sarung tangan, bro. Buat harga, wearpack standar biasanya dimulai dari Rp 300 ribuan saja.

 

 

Nah bagaimana nih bro? Dari deretan safety gear yang sudah disebutkan di atas – sebelum lo jumpalitan di trek motor trail, jangan lupa lengkapi tubuh lo dengan berbagai gear yang ada di atas ya!

 

Source – liputan 6

Feature Image – autos.id

Gear Beginner Extreme offroad

9 COMMENTS

SHARE
Wajib dan kudu bagi pengendara
Keselamatan yang utama berkendara tril
tq info ya..
Butuh Biaya Gede klo mw Total Main Motor Trail ya Bro.
nice info gan
mahal juga ya
olah raga mahal
Asyik bgt yak
Nice info