5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh!

Ternyata ketika lo berkunjung ke Palembang, ada beberapa pilihan kuliner nikmatnya selain pempek loh! Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh!

Palembang yang merupakan kota di Pulau Sumatera ini memang cukup terkenal apabila berbicara mengenai kuliner. Tentunya dengan menu pempek yang sudah melegenda, namun jangan salah tafsir dulu, di sana bukan hanya itu saja loh yang mampu memanjakan lidah serta selera lo, karena masih terdapat pilihan lainnya apabila jatuh kepada kuliner.

 

Sebagai kota terbesar kedua setelah Medan, kota Palembang juga lengkap dengan kebudayaan unik dan spot wisatanya, tak heran apabila banyak dari wisatawan yang sering bolak-balik ke kota ini. Banyak pengalaman unik dan sulit untuk lo lupakan apabila berkunjung ke Palembang.

 

 

Wisata kuliner memang menjadi sebuah aktivitas yang tepat untuk lo lakukan ketika berada di sana. Banyak sekali restoran atau tempat makan yang menyediakan menu-menu nikmat. Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai pilihan kulinernya selain pempek, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi pilihan lo ketika memutuskan untuk makan-makan di sana bro!

 

Kuliner Palembang Selain Pempek – Tekwan

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh!

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh! Credit: tokomesin.com/

 

Untuk pilihan pertama mengenai kulier khas Palembang selain pempek ialah tekwan. Uniknya ini merupakan kuliner favorit para masyarakat Palembang loh. Kalau dilihat secara kasat mata, tekwan memang memiliki kemiripan dengan bakso.

 

Tak heran apabila banyak orang yang mengatakan kalau tekwan merupakan bakso khas Palembang. Tekwan sendiri memiliki aroma dan rasa yang khas serta sedikit berbeda dengan bakso pada umumnya. Biasanya kuliner ini disajikan bersama dengan bakso ikan, mie putih, kuah benong, dan taburan daun selederi juga bawang goreng.

 

Tidak kalah menariknya kenikmatan dari tekwan berasal dari kuahnya, karena terbuat dari sari kepala udang dan daun bawang, sehingga mampu menciptakan kuah yang gurih dan menggugah selera. Daripada lo semakin penasaran, enggak ada salahnya kok untuk lo langsung mencicipi kuliner ini ketika tiba di kota Palembang.

 

Kuliner Palembang Selain Pempek – Laksan

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh!

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh! Credit: palembang.blog

 

Bukan hanya tekwan saja yang menarik perhatian, laksan juga tak kalah nikmatnya loh. Memang kuliner khas Palembang tak pernah lepas dari ikan, sebab laksan merupakan sajian yang terbuat dari tepung sagu dan ikan.

 

Kuliner ini juga memiliki kemiripan dengan pempek lenjer, namun dipotong melintang dan disajikan bersama kuah santan kental. Cita rasanya yang gurih dan khas menjadi sebuah alasan mengapa banyak sekali orang yang menikmatinya.

 

Laksan sendiri akan sangat nikmat apabila lo menikmatinya ketika jam makan malam, karena hangat dari kuahnya mampu membuat kondisi badan lo lebih nyaman dari tiupan angin malam. Untuk menemukannya juga tidak sulit kok, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran pun menyediakan menu satu ini.

 

Kuliner Palembang Selain Pempek – Celimpungan

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh!

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh! Credit: ksmtour.com

 

Kalau mendengar dari namanya saja sudah cukup unik yaa kuliner, begitu juga rasanya. Percaya atau tidak ini merupakan kuliner turunan dari pempek loh. Sehingga lo bisa mendapatkan rasa yang tidak terlalu berbeda.

 

Selain itu, untuk menemukan kuliner satu ini biasanya akan banyak muncul ketika Lebaran atau acara-acara adat besar. Sehingga memang agak sulit untuk bisa mendapatkannya kalau lo tidak datang pada saat momen-momen tersebut.

 

Celimpungan sendiri terbuat dari ikan dan tepung sagu. Bentuknya mirip dengan laksan, sedikit lebih besar dari tekwan dan disajikan bersama kuah kari kental khas Palembang. Tentunya lo akan mendapatkan cita rasa gurih serta sulit untuk lo lupakan.

 

Kuliner Palembang Selain Pempek – Sambal Tempoyak

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh!

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh! Credit: vidio.com/

 

Buat lo yang suka dengan kuliner pedas, ini bisa menjadi pilihan sambal yang patut untuk lo cicipi ketika berkunjung ke Palembang. Apalagi kalau lo memang penikmat buah durian, karena ini merupakan sambal terbuat dari durian yang telah difermentasi.

 

Cita rasa asam, pedas dan manis akan lo rasakan ketika mencicipinya, tentunya menjadi teman baik ketika lo memakannya dengan sup pindang, ikan goreng maupun ayam goreng. Tak heran apabila banyak dari warga Palembang yang sangat menikmati sambal ini.

 

Menikmatinya baik untuk makan siang ataupun makan malam bisa menjadi waktu yang cocok untuk menikmatinya. Sambal tempoyak sendiri memang merupakan makanan tambahan yang patut untuk lo cicipi ketika berada di Palembang. Recommended banget deh bro!

 

Kuliner Palembang Selain Pempek – Martabak Palembang

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh!

5 Pilihan Kuliner Khas Palembang Selain Pempek! Tentu Tak Kalah Nikmatnya Loh! Credit: ksmtour.com/

 

Kalau lo memang penikmat martabak, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati kuliner satu ini. Karena memang sangat berbeda dengan maratabak yang biasa lo rasakan di keseharian lo. Ini merupakan martabak asin dengan bahan-bahan serta saus berbeda.

 

Kuliner khas Palembang ini memang sangat menggugah selera, ciri khas dari kuliner ini disajikan dengan saus kari ayam dengan kentang. Yaap, dengan kata lain kuliner ini bisa membuat perut lo kenyang loh. Untuk teksturnya martabak Palembang umumnya sangat lembut di dalam dengan kulit garing di luar.

 

Sama halnya dengan martabak biasa, lo akan dengan mudah untuk menemukannya ketika malam hari. Karena memang banyak penjualnya berkeliaran ketika malam hari di jalan-jalan kota Palembang. Ukurannya yang cukup besar, akan menjadi kuliner tepat untuk lo bisa bagikan kepada teman-teman lo.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner khas Palembang selain pempek? Masih banyak pilihan lainnya sepeerti godo-godo, es kacang merah, lenggang, pindang ikan dan mie celor. Tentu akan sangat disayangkan sekali apabila lo tidak mengeksplorasi lebih lagi mengenai kuliner di Palembang. Semangat selalu dan jangatn berhenti mengeksplorasi ragam kuliner yang ada di Indonesia!

 

Source: .fimela.com/

 

 

Featured Image: .baca.co.id/
Trending Beginner foodventure

15 COMMENTS

SHARE
enak nyooooo
Masih banyak yg lain ya
bersantan
Palembang cita rasanya memang oke
Pempek terkenal seantero Indonesia.
Pengen nyoba mknan mrtabak palembang nih
Wuihh seger
enak kali
Nimbun lemak yaa
Duh penuh lemak