Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku!

Jakarta memiliki sejumlah perpustakaan keren yang cocok disinggahi pada waktu liburan. Apa saja perpustakaan menawan di Jakarta yang patut disambangi masyarakat pada waktu akhir pekan? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku!

Jakarta memiliki banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di akhir pekan, mulai dari mal hingga kafe. Apabila lo mencari destinasi yang menawarkan suasana tenang dan nyaman, perpustakaan bisa menjadi pilihan yang tepat. Waktu liburan lo bakal terasa bermakna karena diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti membaca buku berisi ilmu dan pengetahuan baru.

Apa saja perpustakaan menawan di Jakarta yang patut disambangi pada waktu akhir pekan? Berikut adalah 5  di antaranya. Silakan cek informasinya di bawah ya bro!

1. Erasmus Huis Library

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku!

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku! Photo Credit: netherlandsandyou.nl

Perpustakaan yang dikelola Kedutaan Belanda ini memiliki rupa yang sungguh memikat mata. Saat berkunjung ke Erasmus Huis Library, lo berkesempatan melihat 14 ribu koleksi buku menarik. Bangunan perpustakaan ini kabarnya sempat mengalami renovasi pada bulan Oktober tahun lalu.

Koleksi Erasmus Huis didominasi buku-buku berbahasa Belanda. Perpustakaan ini menyuguhkan suasana nyaman kepada pengunjung lewat kehadiran ruangan dingin serta fasilitas wifi gratis. Selain itu, desain interior bangunan Erasmus Huis Library banyak memakai warna putih dan coklat. Pemilihan warna tersebut membuat bangunan ini terkesan minimalis serta feminin.   

Lo tidak perlu menyiapkan biaya sepeserpun ketika memasuki area perpustakaan Erasmus Huis. Akan tetapi, pengunjung yang hendak meminjam buku diwajibkan memiliki kartu anggota terlebih dahulu. Biaya pembuatan kartu yang harus dibayar masyarakat umum sebesar Rp 30.000, sementara pelajar dan mahasiswa seharga Rp 15.000.

Masyarakat dapat mengunjungi Erasmus Huis di belakang gedung Kedutaan Besar Belanda di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini buka setiap hari kecuali Minggu. Untuk hari Senin hingga Kamis, jam operasional Erasmus Huis berlangsung dari pukul 9.00 hingga 16.00 WIB. Sementara untuk hari Jumat, perpustakaan ini bisa didatangi pengunjung dari pukul 9.00 hingga 14.00 WIB. Masyarakat juga dapat memasuki perpustakaan ini dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

2. Perpustakaan Nasional RI

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku!

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku! Photo Credit: sintiaastarina.com

Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) juga tak boleh dilewatkan wisatawan pencinta buku. Dengan koleksi buku sebanyak 2,6 juta eksemplar, Perpusnas layak dikunjungi masyarakat yang ingin menggali informasi menarik. Perpustakaan tertinggi di dunia ini diketahui memiliki 24 lantai.

Fasilitas yang dimiliki Perpusnas terbilang sangat lengkap. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kehadiran layanan audiovisual dan multimedia, ruang teater, ruang baca, ruang koleksi buku langka, serta data center. Semuanya bisa dipakai pengunjung secara gratis. Mantap, bukan?

Hampir setiap fasilitas di Perpusnas memakai konsep smart library yang mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi. Perpusnas buka dari hari Senin sampai Minggu dengan waktu yang berbeda. Untuk hari Senin-Kamis, pengunjung bisa mendatangi perpustakaan dari pukul 08.30 hingga 18.00 WIB. Sementara itu, Perpusnas mulai buka dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB untuk hari Jumat serta pukul 09.00 hingga 16.00 WIB untuk hari Sabtu.

Syarat yang harus dipenuhi pengunjung untuk meminjam buku adalah mempunyai kartu anggota. Lo tidak akan dikenakan tarif ketika membuat kartu anggota Perpusnas. Masa aktif kartu ini kabarnya berlangsung selama 10 tahun.

3. Freedom Institute

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku!

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku! Photo Credit: twitter.com/aburizalbakrie

Freedom Institute bisa dikunjungi masyarakat di lantai dasar Wisma Bakrie 1, Jalan Rasuna Said. Perpustakaan ini memiliki banyak koleksi buku sastra, hukum, dan ekonomi. Total buku yang dikoleksi perpustakaan ini kabarnya mencapai 10 ribu buah.

Freedom Institute dapat dikunjungi masyarakat dari hari Senin hingga Jumat. Jam operasional perpustakaan ini berlangsung dari pukul 09.30 hingga 17.00 WIB. Bangunan Freedom Institute terlihat cukup minimalis dengan desain dinding dan ubinnya yang berwarna abu-abu. Di sisi lain, perpustaskaan ini juga nampak mewah berkat kehadiran lemari berwarna coklat dan kuris merah.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung Freedom Institute di antaranya adalah  sofa dan wifi gratis. Lo bisa menggunakan seluruh layanan perpustakaan ini secara gratis. Perlu diketahui, seluruh pengunjung tidak diperkenankan membawa pulang buku yang sedang dipinjam. Meski begitu, lo tetap dapat menyalin isi buku yang dipinjam lewat jasa fotokopi di perpustakaan ini.

4. Rimba Baca

 

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku!

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku! Photo Credit: Arimbi

Apakah lo sedang mencari perpustakaan yang ramah anak? Jika iya, Rimba Baca dapat menjadi destinasi terbaik untuk dikunjungi pada waktu akhir pekan. Perpustakaan ini memiliki desain bangunan dan interior yang begitu nyaman.

Lokasi perpustakaan ini terletak di Jalan Intan RSPP, Cilandak Barat. Rimba Baca menyimpan banyak koleksi buku yang disusun berdasarkan kelompok usia. Perpustakaan ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas menarik seperti ruang seni, taman kecil, serta mainan edukatif bagi kalangan anak-anak.

Rimba Baca buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk hari Senin – Jumat. Sementara untuk hari Sabtu, perpustakaan ini bisa dikunjungi dari pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB. Tarif masuk Rimba Baca adalah Rp 30.000 untuk satu orang pengunjung.

5. Perpustakaan UI

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku!

Melihat 5 Perpustakaan Menawan di Jakarta, Surga Para Pencinta Buku! Photo Credit: flickr.com/photos/nina_19

Perpustakaan ini memiliki banyak fasilitas yang siap memanjakan para pengunjungnya, mulai dari kubikus, ruang baca, auditorium, ruang penitipan barang, ruang komputer, dan ruang rapat. Area perpustakaan ini juga disertai kafe, toko buku, dan gym. Mantap sekali, deh.

Koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan UI kabarnya berjumlah 1,5 juta buah buku. Untuk hari Senin hingga Jumat, lo bisa menggunakan fasilitas perpustakaan mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB. Masyarakat juga dapat memakai fasilitas perpustakaan ini pada hari Sabtu mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Biaya yang perlu disiapkan masyarakat untuk satu kali kunjungan adalah Rp 5.000 per orang.

Demikian 5 perpustakaan menawan yang bisa dijumpai di Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya buat lo yang sedang mencari wisata edukatif di sekitar Jakarta. Jangan lupa mengunjungi dan membaca buku di perpustakaan-perpustakaan ini ya bro!

Source: kompas.com

Feature Image - checkinjakarta.id

Urban Places Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
Mantap bgt... sumber ilmu
Wafiroel N
Bikin betah baca
Yumna Aditya Prakoso
bisa buat selfie nih
Agus Sungkawa
rimba baca...boleh juga nih,,ramah ank
Peni heryawan
Info bagus, bermanfaat
Tyas kubana vitaloka
Surgaku ini...
Yuniarto ( Tato )
Nyaman banget tempatnya
Ikbal
Mantaaappp
Ricko Pratama Putra
Luar Biasa.. sampai sekarang masih ada
Kristian Mustafa
Banyak Baca nambah ilmu bro.