Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik

Keistimewaan Buleleng tidak hanya terletak pada twisata alamnya yang indah. Daerah ini juga kerap dikunjungi wisatawan karena dipenuhi aneka kuliner ciamik. Apa saja makanan lezat yang dimiliki daerah ini? Temukan jawabannya di bawah ya bro!

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik

Salah satu daerah di Indonesia yang pas dijadikan destinasi liburan adalah Buleleng. Lokasinya terletak di Singaraja, Bali. Daerah ini menyimpan sejumlah spot wisata alam indah yang menyejukkan mata, salah satu contohnya adalah Pantai Lovina.

Akan tetapi, keistimewaan Buleleng tidak hanya terletak pada tempat wisata alamnya saja. Wilayah ini kerap dikunjungi wisatawan karena dipenuhi aneka kuliner ciamik. Semuanya memiliki cita rasa unik. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Sudang Lepet

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik. Photo Credit: kintamani.id

Makanan ini patut dijajal wisatawan yang tengah berlibur di Buleleng. Sudang lepet paling pas disantap bersama nasi campur atau nasi urap. Masyarakat Bali biasanya mencicipi kuliner ini bersama sejumlah lauk seperti ikan asin yang digoreng. Kehadiran ikan asin bakal membuat kenikmatan sudang lepet jadi naik berlipat-lipat.

Sudang lepet cukup banyak diminati penduduk lokal karena harganya relatif murah. Kuliner ini tentu cocok dijajal wisatawan yang ingin berhemat selama liburan. Jika ingin merasakan kenikmatan sudang lepet secara maksimal, lo disarankan menyantapnya bersama jukut undis. Mantap sekali deh bro!

Meski sudang lepet termasuk salah satu makanan daerah yang populer, makanan ini cukup sulit ditemukan. Alasannya tidak lain karena warung yang menjajakan sudang lepet masih sangat sedikit. Oleh sebab itu, wisatawan harus sedikit bersabar dalam mencarinya karena jumlahnya begitu terbatas.

2.  Siobak Khe Lok

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik. Photo Credit: ksmtour.com

Kuliner unik ini sejatinya berasal dari masyarakat Tionghoa. Mereka memperkenalkan Siobak Khe Lok ke penduduk Bali pertama kalinya pada tahun 1960-an. Makanan ini diketahui terbuat dari bahan dasar dasar berupa lemak goreng, usus, jeroan, kulit dan irisan daging babi.

Wisatawan juga bakal menemukan hal unik ketika menyantap sajian daerah ini. Saat mendatangi wilayah Buleleng, lo biasanya menemukan Siobak Khe Lok dengan tambahan rempah bernama ngoyang. Hal tersebut menjadikan Siobak Khe Lok khas Buleleng berbeda dengan makanan serupa di daerah-daerah lain.   

Untuk membuat rasanya makin nikmat, Siobak Khe Lok biasanya dihidangkan bersama saus berwarna coklat yang mempunyai rasa pedas. Pedagang juga kerapkali menyajikan kuliner ini bersama acar mentimun. Siobak Khe Lok sangat cocok dikonsumsi wisatawan yang hobi menyantap makanan oriental.

3. Blayang

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik. Photo Credit: 1001malam.com

Buleleng juga memiliki hidangan lezat serupa pecel khas Jawa Barat. Nama makanan tersebut adalah Blayang. Meski begitu, kuliner ini sebenarnya memiliki perbedaan dengan pecel terutama pada jenis kuah.

Seperti yang mungkin sudah lo ketahui, pecel pada umumnya disajikan bersama kuah kacang. Hal ini berbeda dengan blayang yang dihidangkan bersama kuah kuning khas bumbu Bali. Kuliner ini juga biasanya ditambahkan tauge, telur rebus, bayam, kacang tanah, irisan daging ayam, dan lain-lain.

Makanan pelengkap yang pas dipadukan dengan blayang adalah peyek. Begitu menyantapnya, lo bakal merasakan sensasi “kriuk” yang begitu nikmat. Lidah pun bakal dimanjakan kelezatan makanan ini yang begitu berkesan. Jangan lupa sempatkan waktu mencoba blayang deh!

4. Sate Plecing

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik. Photo Credit: goodindonesianfood.com

Berkunjung ke Buleleng rasanya kurang komplit bila tidak mencicip sate plecing. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat sate ini adalah potongan daging babi yang dibakar di atas bara. Rasa yang ditawarkan kuliner ini cukup unik sehingga mudah disukai sejumlah orang.

 Sate plecing juga memikat banyak wisatawan karena menggunakan saus yang berbeda dengan sate kebanyakan. Banyak dari lo mungkin biasa melihat sate diberi siraman sambal kecap atau kacang. Sementara itu, sate plecing disajikan bersama sambal cabai pedas yang kuat dengan aroma terasi. Cukup unik, bukan?

Lo bisa menemukan pedagang sate plecing di sekitar wilayah Pantai Lovina. Banyak orang menyantap sate ini bersama nasi atau lontong. Kuliner ini sangat pas dinikmati usai lo menghabiskan waktu berenang di pantai. Apakah lo tertarik mencobanya bro?

5. Jukut Undis

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik

Mengenal 5 Kuliner Khas Buleleng yang Tawarkan Cita Rasa Unik. Photo Credit: munduk.co

Makanan ini biasanya dihidangkan sebagai menu pendamping atau pelengkap. Sebagian besar orang sering menyantap jukut undis ketika tengah menikmati nasi campur Bali. Nama makanan ini kabarnya berasal dari bahasa Buleleng yang memilik arti “kacang hitam”.

Jukut undis tidak hanya cocok disantap bersama nasi campur Bli. Lo juga bisa mencicipinya bersama sudang lupet. Di Buleleng, kehadiran jukut undis dianggap membuat pengalaman makan seseorang jadi terasa lebih nikmat.

Proses pembuatan jukut undis diawali dengan tahap perendaman kacang hitam kurang lebih selama dua jam. Selanjutnya, lo bisa mencampur kacang hitam tersebut dengan kaldu dan aneka bumbu lain untuk memperkaya rasa. Warga Buleleng dikenal cukup sering menjadikan kacang hitam muda sebagai bahan lalapa atau sayur.

Demikian 5 kuliner tradisional yang bisa dicoba pelancong selama liburan di Buleleng. Kelima makanan di atas menawarkan cita rasa unik yang siap memanjakan lidah para wisatawan. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya buat lo yang hobi berburu kuliner ketika traveling. Jangan lupa traveling ke Buleleng ya bro!

Source: kompas.com

Feature Image -

Trending Beginner foodventure bali

14 COMMENTS

SHARE
5 kuliner tradisional yang bisa dicoba pelancong
Wow...tapi harus perhatikan juga sesuai selera
beneran unik
Sepertinya patut dicicipi
Namanya lucu2 ya wkwk
Sate plecing enak kelihatannya
Satenya menggoda
Blayang sepertinya menggiurkan.
yummy enak bangey nih
Kuliner maknyus