Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Kalau membicarakan mengenai kuliner khas Betawi, tentunya tak akan lepas dengan rasa gurih yang dimilikinya. Nah, pilhan apa saja sih yang patut untuk lo cicipi? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Sebagai warga ibu kota, tentunya sudah tidak asing lagi mengenai kuliner khas Betawi dong? Yaap, kuliner yang paling mudah untuk ditemukan di kawasan Jakarta ini memang banyak memiliki penggemarnya. Bukan hanya satu, namun banyak sekali terdapat ragam jenisnya. Rasanya yang gurih, nikmat serta mengeyangkan menjadi alasan kuat mengapa banyak orang menyukainya.

 

Membahas sedikit mengenai suku Betawi, mereka ialah penduduk asli yang bermukim dan mendiami sebagian besar wilayah Jakarta dari zaman dahulu. Kebudayaan, adat istiadat hingga keseniannya pun memang sudah sangat ikonik di ibu kota. Bahkan kulinernya pun sudah ada dari nenek moyangnya.

 

 

Walaupun Kota Jakarta sudah lama dirasuki oleh arus modernisasi di segala bidang, namun nyatanya kuliner khas Betawi masih terjaga kelestariannya. Nah, daripada lo semakin penasaran, apa saja sih yang menjadi pilihan favorit para penikmat kuliner di Jakarta apabila berbicara mengenai kuliner khas Betawi, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Kalau lo ngiler, langsung saja pesan dan nikmatilah kuliner ajib ini!

 

Kuliner Khas Betawi – Soto Betawi

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini! Credit: ezeepoints.id/

 

Siapa yang bisa menolak kenikmatan dari kuliner satu ini? Bisa dikatakan pula ini merupakan salah satu pilihan menu paling legendaris. Tak heran apabila ketika jam makan siang, banyak sekali warga ibu kota khususnya yang mengincar soto Betawi.

 

Perlu untuk lo ketahui nih bro, ternyata istilah dari soto Betawi sendiri mulai hadir pada tahun 1977 dan 1978. Nah, orang pertama yang memakai nama soto Betawi ialah Lie Boen Po, pria keturunan Tionghoa. Soto yang dijualnya pun terdapat di wilayah THR Lokasari/Prinsen dengan rasa khasnya.

 

Soto Betawi sendiri merupakan kuliner berkuah santan kental yang gurih dan biasanya disajikan dengan campuran tauge, bihun maupun kubis. Bukan hanya menggunakan daging ayam saja loh, soto Betawi juga disajikan dengan jeroan seperti hati, paru dan torpedo.

 

Kuliner Khas Betawi – Nasi Ulam

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini! Credit: /id.wikipedia.org

 

Bisa dikatakan pula kalau ini merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang tak kalah menariknya untuk lo cicipi. Tak lain ialah nasi ulam, cita rasa nikmat serta gurih tak pernah lepas dari nasi ulam, bahkan ketika pertama kali memasukkannya ke dalam mulut lo.

 

Kuliner yang dipengaruhi oleh budaya Melayu ini kerap pula disaiikan edngan berbagai macam lauk pauk. Tak heran apabila banyak sekali orang yang menikmatinya, karena memang lo bisa memilih banyak sekali pilihan lauknya, hampir mirip dengan nasi rames.

 

Biasanya kuliner ini disajikan dengan campuran daun kemangi, sambal dan ditaburi oleh kacang tanah yang ditumbuk maupun serundeng. Sebagai tambahannya disertai juga lauk perkedel, tahu tempe goreng, dendeng, telur dadar dan kerupuk tentunya.

 

Kuliner Khas Betawi – Kerak Telor

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini! Credit: tokopedia.com

 

Kalau lo jalan-jalan ke kawasan Museum Fatahillah, untuk menemukan kuliner satu ini sangatlah mudah. Karena banyak pedagang kaki lima yang menjadi penjualnya. Yaap, kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sering diincar oleh para wisatawan maupun warga sekitar.

 

Terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi atau udang kering hingga bawang goreng menjadi alasan mengapa banyak orang yang menyukainya. Tak berhenti sampai di situ saja, bumbu yang sudah dihaluskan berupa kelapa sangria, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir menjadi pemanisnya.

 

Memang kuliner ini memiliki bahan-bahan yang sangat banyak, sehingga menghasilkan sebuah perpaduan rasa manis dan gurih. Cita rasa unik dan lezat menjadi rasa yang akan memanjakan perisa lo. Oo iyaa, kerak telor juga sangat mudah sekali ditemukan pada saat Pekan Raya Jakarta.

 

Kuliner Khas Betawi – Ketoprak

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini! Credit: en.wikipedia.org

 

Banyak sekali penikmat kuliner satu ini, karena memang kenikmatannya pun sangat sulit untuk ditolak oleh banyak orang. Belum lagi dengan aroma menggiurkan selalu hadir ketika ketoprak disajikan di depan mata lo. Hmm sangat menggoda.

 

Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, tauge dan tahu. Kuliner satu ini sangat nikmat karena disiram dan diaduk dengan saus kacang. Untuk kepedasannya sendiri bisa lo atur loh, belum lagi dengan kerupuk merah, seakan melengkapi kenikmatannya.

 

Bukan hanya itu saja, untuk menemukannya juga sangat mudah, karena terdapat banyak sekali para pedagang yang menjualnya di setiap sudut kota Jakarta. Terkadang banyak juga yang menjual dengan variasi tambahan. Seperti telur dadar hingga bakwan goreng loh bro!

 

Kuliner Khas Betawi – Semur Jengkol

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini! Credit: pinterest.co.uk/

 

Kalau ingin merasakan kuliner Betawi asli, ini merupakan pilihan menu yang patut untuk lo cicipi loh. Karena memang semur jengkol merupakan satu-satunya makanan khas Betawi yang tidak bisa terbantahkan lagi keasliannya.

 

Mungkin kalau pilihan kuliner lainnya masih bisa lo temukan kembarannya di daerah lain, namun kalau semur jengkol hanya bisa lo temukan di daerah Betawi. Orang Betawi sendiri sangat ahli untuk membuat jengkol menjadi hidangan semur yang lezat.

 

Untuk menghilangkan baunya, jengkol biasanya di rendam pada air kapur atau air dari rebusan tangkai padi. Dahulu, daerah Pondok Gede dan Lubang Buaya merupakan daerah di Jakarta dengan jumlah pohon jengkol yang cukup banyak loh bro.

 

Kuliner Khas Betawi – Nasi Uduk Betawi

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini!

Jelajahi Keberagaman Ibu Kota dengan Mencicipi 6 Kuliner Khas Betawi Ini! Credit: .pinterest.com

 

Untuk pilihan terakhirnya tentu nasi uduk Betawi menjadi jawaranya, karena memang kuliner satu ini sangat terkenal dan sering menjadi pilihan utama ketika perut lapar, baik itu untuk makan pagi bahkan malam loh. Bukan hanya itu saja, sudah banyak sekali penjualnya, sehingga lo bisa memilihnya sesuka hati.

 

Nasi uduk sendiri terbuat dari beras putih dimasak dengan bumbu-bumbu seperti garam, santan, daun serai, daun salam dan daun jeruk. Rasanya yang begitu gurih dan lezat menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang menyukainya.

 

Biasanya ketika lo menikmatinya akan ditemani dengan telur dadar, orek tempe, semur jengkol, kentang balado dan sambal kacang. Tak ketinggalan kerupuk pun menjadi pelengkap dari kenikmatan dari nasi uduk.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner khas betawi di atas? Semoga lo bisa lebih mengeksplori kenikmatannya di ibu kota yaa. Semangat selalu dan jangan patah semangat untuk selalu mencari kuliner ternikmat di Indonesia!

 

Source: astaga.com

 

 

Featured Image: .triptrus.com

 

Trending Beginner foodventure

17 COMMENTS

SHARE
Soto betawi wajib d cicipi
Soto betawi makyus
Nasi uduk Favorite
Jadi pengen
Baru sekali merasakan jengkol
Mantaappp
wah jadi laper
Laperrr kan wkwkwkwk
Bikin ngiker2 semua makannannya
Ngilerr liatnya