Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia!

Percaya atau tidak, stand-up paddleboarding merupakan salah satu olahraga ekstrem paling berkembang loh saat ini. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia!

Olahraga ekstrem memang memilki banyak sekali cabangnya, tak heran apabila banyak pula orang di dunia ini yang memutuskan untuk bermain olahraga ini. Baik itu yang berada di kawasan urban maupun alam, jenis olahraga ini memang tak surut dari para penggemarnya. Nah, apakah lo sudah tahu mengenai stand-up paddleboarding?

 

Cabang olahraga ekstrem ini memang masih sangat jarang sekali dimainkan di Indonesia, mungkin kalau lo melihat secara langsung hampir mirip seperti kayaking, namun jika kayaking para pemainnya dalam kondisi duduk, stand-up paddleboarding malah sebaliknya. Para pemainnya diharuskan untuk berdiri sambil mengayuh papan.

 

 

Stand-up paddleboarding atau biasa juga disingkat SUP ini memang sangat terkenal di luar negeri dan merupakan olahraga eksrem air yang cukup menantang serta sangat cepat perkembangannya.

 

Untuk dapat memainkannya diperlukan kondisi fisik serta mental kuat. Kalau lo merasa orang yang cocok untuk melakukannya, maka simak saja beberapa informasinya seputar stand-up paddleboarding di bawah ini. Semoga lo tertarik dan memulai untuk memainkannya yaa.

 

Olahraga Ekstrem dengan Perkembangan Paling Pesat

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia!

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia! Credit: disruptsports.com

 

Stand-up paddleboarding atau dengan singkatannya SUP ini memang merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang paling cepat perkembangannya di dunia. Karena memang olahraga ini merupakan turunan dari paddleboarding yang memiki pengertian lebih luas.

 

Kalau paddleboarding bisa dilakukan dalam kondisi duduk, berlutut hingga berdiri untuk bergerak di air. Nah, olahraga ini awal mulanya ditemukan di Afrika dan Amerika Selatan. Banyak dari ahli sejarah yang percaya kalau pada abad ke 16 para suku asli dari kedua kawasan tersebut menggunakan teknik olahraga ini untuk berpindah ke tempat lain atau hanya ingin bersenang-senang.

 

Tom Blake merupakan salah satu orang yang berhasil untuk mengembangkan olahraga ini seperti apa yang bisa lo lihat sekarang. Tidak bisa dipungkiri juga kalau memang stand-up paddleboarding sempat tertutup dengan bayang-bayang surfing atau papan selancar.

 

Namun dengan seiring berjalannya waktu, stand-up paddleboarding sendiri sudah muncul ke permukaan dan sudah banyak yang ingin sekali untuk mencobanya bahkan menguasai beberapa teknik sulitnya. Apalagi buat lo yang suka untuk mengarungi lautan jarak jauh, ini bisa menjadi olahraga yang tepat loh.

 

Tidak Terlalu Bergantung Kepada Ombak

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia!

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia! Credit: /en.wikipedia.org

 

Walaupun stand-up paddleboarding merupakan olahraga air, namun jangan salah sangka kalau olahraga ini hanya bisa dilakukan di laut saja loh. Karena pada dasarnya tak perlu adanya ombak besar saja, lo sudah bisa kok memainkannya

.

Dalam kata lainnya, lo bisa melakukannya di sungai dan danau loh. Namun kalau memang lo membutuhkan hal yang akan memancing adrenalin lo tentunya laut bisa menjadi tempat yang tepat. Karena banyak dari para orang yang sudah mahir untuk memainkannya sering bermain-bermain dengan ombak di laut.

 

Ooo iyaa, untuk ukuran dari papannya sendiri cukup besar. Untuk panjangnya sendiri bisa mencapai 12 dan 20 kaki. Lebar dari papannya juga cukup untuk lo bisa bermanuver, sekitar 20 inci. Selain itu, papannya juga cukup berat, bisa mencapai 20 hingga 40 kilogram.

 

Tak heran apabila lo benar-benar membutuhkan kondisi fisik serta mental yang kuat. Sebab untuk bisa menguasainya bukanla hal mudah. Belum lagi ketika lo mengayuhkan di kondisi medan alam nan sulit. Banyak pula orang yang lari ke stand-up paddleboarding karena tak perlunya untuk mengejar ombak atau berada di atas ombak.

 

Uniknya lagi, untuk lo yang ingin belajar olahraga ini bisa memulainya dari kolam renang dengan ukuran besar ataupun laut tenang. Selain menjadi olahraga ekstrem, stand-up paddleboarding juga bisa menjadi alat transportasi, bahkan lo bisa membawa tas atau barang lainnya ketika lo berada di atas papan.

 

Menjadi Wadah untuk Olahraga Lainnya

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia!

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia! Credit: pinterest.at/

 

Bisa dikatakan pula ini merupakan fakta unik dari stand-up paddleboarding, karena bisa digunakan sebagai wadah untuk kegiatan lainnya. Hal tersebut pun sudah dilakukan di banyak negara di dunia, dengan memiliki papan yang lebar sehingga memungkinkan untuk para penikmat olahraga lainnya untuk memanfaatkannya.

 

Olahraga-olahraga seperti yoga, pilates hingga memancing bisa melakukan aktivitasnya di atas papan. Nah, perlu untuk lo ketahui juga nih kalau stand-up paddleboarding memiliki beberapa tipe permainan loh. Mulai dari racing, flat water crusing dan crossover.

 

Kebanyakan orang memang memainkan olahraga satu ini untuk berekreasi atau menghilangkan penat dari keseharian. Tapi jangan salah, ternyata juga ada loh acara atau ajang resmi di dunia yang memang melombakan stand-up paddleboarding ini.

 

Banyak Ajang Pertandingannya di Dunia

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia!

Mengenal Stand-Up Paddleboarding Sebagai Olahraga Ekstrem Paling Berkembang di Dunia! Credit: .ems.com

 

Yaap, ternyata sudah banyak orang di dunia yang menganggap serius mengenai stand-up paddleboarding ini loh. Hal tersebut pun bisa dibuktikan dari beberapa pilihan perlombaan yang bisa lo ikuti ketika memang sudah menguasai permainan satu ini.

 

The International Surfing Association (ISA) pun sudah membuat sebuah perlombaan berkelas dunia yaitu the World Standip Paddle and Paddleboard Championship (WSUPPC). Tentunya di dalam perlombaan ini banyak sekali cabang yang bisa diperlombankan.

 

Mulai dari SUP Racing Technical, SUP Racing Sprint dan SUP Racing Distance untuk kategori stand-up paddleboarding. Lo bisa menghampiri Amerika Serikat untuk melihat serta mengikuti perlombaan ini. Kalau lo memiliki kesempatan, enggak ada salahnya kok untuk mencobanya.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar stand-up paddleboarding di atas? Semoga bisa menjadi menambah pengetahuan lo mengenai olahraga ekstrem yang sedang berkembang di dunia. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

Source: surfertoday.com

 

 

Featured Image: mensjournal.com/
Extreme Action Beginner Extreme

5 COMMENTS

SHARE
Informasi yg lengkap tentang stand up paddleboarding
olahraga mahal
Pengen banget nyoba
Akan di coba
Butuh keseimbangan yg bagus