4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia!

Turki memang merupakan negara dengan perpaduan budaya Asia dan Eropa, selain itu lo bisa menikmati secangkir kopinya yang nikmat. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia!

Berbicara mengenai kopi, tentunya sangat luas dan sangat beragam. Karena memang hampir di seluruh negara di dunia ini memiliki kopinya sendiri. Baik dari jenisnya hingga cara pembuatannya yang sangat unik serta ikonik. Nah, sudah pernah mendengar mengenai kopi Turki belum bro? Karena minuman berkafein ini sangat menarik banyak perhatian para penikmat kopi loh.

 

Oo iyaa, perlu lo ketahui juga kalau kopi Turki itu sendiri bukan berarti sebuah biji kopi yang berasal dari negara tersebut. Namun ini merupakan cara pembuatan kopi tertua di dunia loh. Tak heran apabila rasanya pun bisa berbeda, padahal menggunakan biji kopi yang sama.

 

 

Daripada lo semakin penasaran, sebenarnya daya tarik dari kopi Turki itu seperti apa, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Karena memang cara pembuatannya pun sangat unik hingga bisa menciptakan sebuah cita rasa khas dan menjadi ikonik di dunia. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Enggak ada salahnya loh untuk lo bisa mencoba-coba untuk membuatnya di rumah lo atau bisa juga menjadi kopi untuk lo bawa ketika sedang traveling atau naik gunung.

 

Asal-Asal Kopi Turki

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia!

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia! Credit: blog.lacolombe.com

 

Tentu sebelum membahas lebih jauh mengenai kopi Turki ini, ada baiknya lo mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara pembuatan kopi ini pertama kali ditemukan. Yaap, cara yang digunakan oleh orang Turki ini memang banyak sekali ditemukan di Timur Tengah, Afrika Selatan, Kaukasus dan Balkan.

 

Kopi Turki sendiri berasal dari abad ke 15 dan pada awal abad ke 16 menyebar ke Kairo dan Mekkah. Pada tahun 1640an, ada seseorang yang bernama Ibrahim Peçevi membuka kedai kopi pertama di kota Istanbul. Memang untuk pembuatannya sendiri bukan hal yang praktis, namun rasa serta aromanya sangat wangi loh.

 

Cara Pembuatan Kopi Turki

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia!

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia! Credit: thespruceeats.com

 

Kembali lagi, memang cara pembuatan dari kopi Turki itu sendiri memerlukan waktu, namun kalau memang lo seorang pecinta kopi, tentu ini merupakan sebuah proses yang seharusnya lo tahu dan ketahui sebelum mencicipi secangkir kopi Turki.

 

Benda yang lo perlukan untuk membuat kopi ini ialah penggiling kopi yang bisa membuat kopi lebih halus dari bubuk kopi yang digunakan untuk membuat espresso. Lalu lo juga membutuhkan kualitas air yang baik, biji kopi berkualitas dan segar. Lalu lo juga membutuhkan sendok pengaduk dari metal serta ibrik atau cezve.

 

Langkah pertama ialah giling kopi lo sehalus mungkin, lalu campurkan kopi yang sudah sangat halus tersebut dengan air dingin. Perbandingannya ialah 2,5 gram kopi: 1 ons air. Jangan isi air dengan ibrik sampai penuh karena nanti ketik mendidih bisa meluap keluar. Lalu aduk sampai semuanya tercampur, ingat ini satu-satunya saat dimana lo boleh mengaduk yaa.

 

Setelah itu awali menyeduh dengan api kecil, angkat ibrik dari api sebelum terlalu mendidih, lalu dinnginkan selama 20 detik. Panaskan kembali dengan mengulangi proses pendidihan dari awal. Lakukan minimal tiga kali. Angkat dan tuangkan ke dalam gelas-gelas kecil, seperti gelas espressoatau gelas yang lebih kecil lagi dari itu.

 

Hal terpenting dari pembuatan kopi Turki ialah jangan pernah lepas atau selalu awas dari proses pembuatannya yaa. Kalau lo ingi menambah rasa di dalam kopi lo, sangat disarankan untuk memilih bahan yang mudah larut dengan gula.

 

Biasanya Ada di Setiap Perta Perkawinan

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia!

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia! Credit: etsy.com

 

Kopi Turki memang sering dijadikan minuman sehari-hari oleh para masyarakat Turki, namun biasanya juga ada di dalam pesta perkawinan. Sebelum pesta, keluarga laki-laki mengunjungi keluarga calon mempelai perempuan. Nah, si calon pengantin perempuan pun harus menyajikan kopi Truki untuk para temunya.

 

Bagi calon suaminya, kopinya dicampur dengan garam untuk menguji karakternya. Kalo diminum tanpa raut wajah kesal, itu artinya si calon suami adalah orang yang sabar dan baik serta patut mendapatkan hadiah khusus dari calon istrinya. Sungguh merupakan sebuah kebudayaan yang cukup unik bukan?

 

Selain itu, kopi Turki juga sering diminum setelah makan ketika sarapan. Konon katanya, kata “sarapan” dalam Bahasa Turki itu sendiri memiliki arti “sebelum ngopi”. Tak heran yaa apabila kopi ini sangat mendunia, karena memang bukan hanya cita rasanya saja yang unik, namun kebudayaan dibaliknya juga tak kalah menariknya.

 

Pribahasa Turki

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia!

4 Fakta Seputar Kopi Turki yang Melegenda di Dunia! Credit: .1843magazine.com

 

Saking cintanya terhadap kopi, bahkan terdapat pribahasa yang menggunakan analogi kopi loh. Pribahasa tersebut ialah “Kahve cehennem kadar kara, ölüm kadar kuvvetli, sevgi kadar tatl? olmal?.”. Atau dalam Bahasa Inggris seperti “Coffee should be black as hell, strong as death and Sweet as love”.

 

Sehingga bisa dilihat dari bentuk kopi Turki sendiri memang benar-benar mirip dengan pribahasa tersebut, memiliki warna yang hitam pekat, lalu memiliki rasa yang sangat kuat serta memiliki sentuhan manis yang nikmat. Tak heran apabila kopi Turki sangat banyak sekali memiliki penggemarnya.

 

Walaupun begitu, banyak pula orang yang sulit untuk menerimanya secara langsung, namun ketika sudah mencicipinya berulang-ulang kali ternyata baru menyadari kalau memang proses pembuatan kopi ini pun mampu membuat secangkir kopi menjadi karya seni yang indah.

 

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kopi Turki di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Cobalah untuk membuatnya sendiri, tak perlu khawatir akan kegagalan. Kalau lo terus mencobanya pasti akan menemukan cara untuk bisa membuat kopi ini. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

Source: kopikeliling.com

 

 

Featured Image: turkishfoodie.com

 

Trending Beginner foodventure

16 COMMENTS

SHARE
istimewa
Seger tuh kayaknya
Penasaran juga,pengen tahu rasanya kopi turki
mantapp gan
tq info ya
Nice Info
Enak nih kayanya
Patut di coba
Kopii mantappp
Nice info