Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Saat pergi liburan ke Barcelona, wisatawan hendaknya berhati-hati agar tidak menjadi korban tindak kejahatan seperti pencopetan atau pencurian. Hal apa sajakah yang harus diperhatikan wisatawan agar uang tetap aman selama liburan di sana? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro! 

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Salah satu kota dunia yang terkenal rawan pencurian di kalangan wisatawan adalah Barcelona. Dilansir dari merdeka.com, banyak pihak bahkan menjuluki kota asal Spanyol ini sebagai ibu kota pencopet dunia. Di Barcelona, pencopet memiliki beragam cara untuk mengalihkan perhatian targetnya seperti berpura-pura menumpahkan barang secara tak sengaja, mengobrol, menunjukkan gerakan sepak bola, dan lain-lain.

Las Ramblas diketahui merupakan salah satu titik di mana pencopet kerap melancarkan aksinya terhadap wisatawan di Barcelona. Lo tentu wajib berhati-hati bila hendak menyambangi zona pejalan kaki tersebut. Jangan sampai keindahan kota ini membuat lo lengah dalam memerhatikan barang-barang bawaan.

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meningkat

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Barcelona saat ini memang masih menjadi salah satu destinasi kota terpopuler di Spanyol selain Madrid. Meski demikian, angka kriminalitas di kota ini masih terbilang tinggi. Dilansir dari detik.com, media lokal El Pais menyebutkan kota Barcelona tengah memasuki fase rawan kejahatan.Hal ini dapat dibuktikan dari tingginya aksi kejahatan kota ini di kuartal pertama tahun 2019 dibandingkan tahun lalu.

Mengacu pada catatan pemerintahan Spanyol, angka kriminalitas di Barcelona meningkat sebesar 12 persen dari tahun lalu. Data tersebut juga menunjukkan bahwa kasus kejahatan yang paling banyak terjadi di kota ini adalah pencurian atau pencopetan. Sebanyak 22 persen korban pencurian kabarnya berasal dari kalangan wisatawan

Cara Menjaga Uang Tetap Aman selama Liburan di Barcelona

Kehilangan uang kala liburan tentu akan membuat suasana hati jadi berantakan. Momen liburan yang harusnya dirayakan dengan suka cita malah meninggalkan kenangan buruk. Untuk meminimalisir risiko kehilangan uang saat liburan, wisatawan perlu mengikuti sejumlah trik khusus.

Apa sajakah itu? Berikut adalah 6 hal yang patut dicermati wisatawan agar uang tetap aman selama liburan. Silakan disimak ya bro!

1. Membedakan Tempat Penyimpanan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Ingin Uang Aman selama Traveling? Yuk Ikuti 6 Trik Ini untuk Perkuat Keamanan. Photo Credit: medium.com

Agar lebih praktis, wisatawan hendaknya melakukan transaksi lewat kartu debit atau kartu kredit selama liburan. Cara ini akan memudahkan wisatawan dalam proses pembelian ketimbang dengan uang tunai. Meski begitu, lo tetap perlu berhati-hati saat menyimpan kartu-kartu ini dalam dompet.

Jika dompet raib di tengah perjalanan, maka konsekuensi yang harus ditanggung wisatawan adalah seluruh kartu ikut hilang. Untuk itu, lo dianjurkan menaruh kartu kredit dan kartu debit di tempat berbeda. Upayakan dua kartu ini tidak berada dalam dalam satu dompet yang sama.

Sebelum traveling, wisatawan baiknya menyiapkan dua dompet untuk kartu debit dan kartu kredit. Trik ini dimaksudkan untuk mencegah risiko seluruh kartu hilang seandainya dompet wisatawan raib sewaktu-waktu. Dengan begitu, lo bisa menikmati liburan tanpa khawatir kehabisan anggaran liburan.

2. Tidak Mengambil Uang di ATM yang Berlokasi di Daerah Terpencil

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Ingin Uang Aman selama Traveling? Yuk Ikuti 6 Trik Ini untuk Perkuat Keamanan. Photo Credit: bankrate.com

Tiap daerah wisata memiliki tingkat krimininalitas yang berbeda. Mengacu pada statistik, kriminalitas di wilayah terpencil dikatakan lebih tinggi dibandingkan di kota-kota besar. Informasi ini baiknya dijadikan pengingat bagi wisatawan untuk lebih berhati-hati ketika menarik uang di mesin ATM.

Saat berlibur ke daerah terpencil, lo dianjurkan mewaspadai segala macam aktivitas yang dapat memicu berbagai tindak kejahatan. Contoh upaya preventif untuk menghindari tindak kejahatan di wilayah terpencil adalah tidak mengambil uang di ATM. Wisatawan baiknya menyambangi tempat ramai untuk menggesek uang seperti supermarket, kantor bank, hotel, atau bandara.

Lo tentu akan merasa tidak tenang saat mengunjungi mesin ATM di lokasi terpencil, terlebih jika suasananya belum terasa familiar. Selalu upayakan tarik uang di tempat ramai agar perjalanan lo terhindar dari beragam kemungkinan buruk. Momen liburan pun dapat dinikmati secara puas.

3. Memfoto Seluruh Dokumen Penting yang Dibawa

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Ingin Uang Aman selama Traveling? Yuk Ikuti 6 Trik Ini untuk Perkuat Keamanan. Photo Credit: gov.uk

Ada banyak hal yang bisa menganggu kenyamaman wisatawan selama traveling, misalnya seperti kehilangan dokumen penting di tengah perjalanan. Hal ini bisa diantisipasi dengan mendokumentasikannya dalam bentuk foto. Sebelum berangkat, jepretlah setiap dokumen penting yang diperlukan selama traveling seperti kartu kredit, KTP, visa, kartu debit, paspor, dan lain-lain.

Jangan lupa simpan foto-foto tersebut dalam folder yang mudah ditemukan di ponsel. Jika sejumlah dokumen hilang, lo tentu bisa menjadikan foto-foto ini sebagai bukti identitas diri saat pergi traveling. Perjalanan wisata lo pun tidak akan terhambat berkat kehadiran bukti ini.

Sebagai langkah persiapan, wisatawan juga sebaiknya mengirimkan foto-foto dokumen pribadi ke kerabat terpercaya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi risiko ponsel hilang atau raib saat traveling. Lo tentu bisa meminta bantuan mereka untuk mengirimkan salinan foto berisi dokumen yang sudah hilang. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor teman atau keluarga untuk berjaga-jaga bila ponsel lo hilang tiba-tiba.

4. Tidak Menaruh Uang di Satu Tempat Saja

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Ingin Uang Aman selama Traveling? Yuk Ikuti 6 Trik Ini untuk Perkuat Keamanan. Photo Credit: kshb.com

Saat traveling, banyak orang menyimpan uang di satu lokasi yang sama di dompet. Kebiasaan ini baiknya dihentikan karena meningkatkan risiko wisatawan kehilangan seluruh uang bila dompet tercuri. Lo dianjurkan menaruh uang di tempat yang berbeda.

Simpanlah uang di sejumlah tempat yang sulit digapai para pencopet, contohnya seperti topi, kaos kaki, ikat pinggang, atau sepatu. Wisatawan hendaknya membagi uang berdasarkan jumlah kebutuhan. Sebagai contoh, lo bisa menyimpan 25 persen dari total uang di dalam dompet, 30 persen di dalam topi, 25 persen di dalam kaos kaki, serta 20 persen di ikat pinggang.

Jika uang di salah satu tempat hilang, wisatawan masih bisa menikmati liburan dari uang yang disimpan di tempat lainnya. Cara ini efektif menjauhkan lo dari risiko kehilangan seluruh uang kala liburan. Lo pun tetap dapat menggunakan uang yang tersisa untuk kebutuhan lain.

5. Mengurangi Pemakaian Uang Tunai selama Liburan

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Ingin Uang Aman selama Traveling? Yuk Ikuti 6 Trik Ini untuk Perkuat Keamanan. Photo Credit: usatoday.com

Wisatawan juga dihimbau untuk membatasi pemakaian uang tunai saat traveling. Tujuannya tidak lain agar jumlah uang di dalam kantong tidak terlalu banyak. Dengan begitu, lo bisa mengurangi risiko kemalingan atau kecopetan sewaktu menjalani masa liburan.

Saat bertransaksi, wisatawan baiknya lebih sering menggunakan kartu kredit atau kartu debit ketimbang uang utama. Segera hubungi pihak bank untuk melakukan pemblokiran apabila dua kartu ini hilang ketika liburan. Dengan begitu, kartu lo takkan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

6. Menaruh Barang Berharga di Brankas Hotel

Kasus Pencurian di Barcelona Kian Meninggi, Bagaimana Wisatawan Menyikapinya?

Ingin Uang Aman selama Traveling? Yuk Ikuti 6 Trik Ini untuk Perkuat Keamanan. Photo Credit: livingrichwithcoupons.com

Salah satu fasilitas hotel yang bisa digunakan traveller untuk menyimpan barang berharga adalah brankas. Lo bisa menjadikannya sebagai tempat untuk menaruh tas, perhiasan, sepatu, dan barang-barang bernilai mewah lainnya. Jangan lupa gunakan kata sandi yang sulit diprediksi orang lain ketika mengunci brankas hotel demi keamanan.

Demikian 6 trik agar uang aman selama traveling di Barcelona. Semoga informasi di atas membantu lo untuk lebih berhati-hati ketika bepergian ke wilayah Eropa. Jangan lupa untuk mengingat 6 hal di atas saat bepergian ke tempat manapun ya bro!

Feature Image - travelmassive.com

In Depth Beginner solo traveling solo backpacker

8 COMMENTS

SHARE
Nice info
Selalu waspada pada saat berpergian...waspadalah..waspadalah
Nice info
Info yg bermanfaat
Good Info.
Kudu hati-hati
Wah ternyata tdk aman barcelona
Nice info!