Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar!

Pantai Plengkung di Banyuwangi Jawa Timur memang benar-benar jadi surga buat para peselancar. Mengapa begitu ya? Daripada penasaran, sila simak bahasan kali ini saja bro!

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar!

 

Tidak resmi rasanya kalau traveling ke pantai cuma bersantai dan berjemur di bawah hangatnya sinar matahari. Buat millennials yang haus akan tantangan, tentunya lo mesti mencoba aksi seru dan ekstrem di pantai-pantai yang lo datangi. Bro, bagaimana kalau surfing?

 

Surfing atau berselancar adalah salah satu aksi ekstrem dan jadi olahraga air yang cukup populer di kalangan petualang dan millennials. Tidak luput jadi favorit mereka juga karena surfing memang terlihat keren dan menantang.

 

 

Namun, buat melakukannya – tentu membutuhkan skill atau kemampuan yang mumpuni. Jelas, hal ini sangat berlaku di selancar karena berkaitan dengan keselamatan diri lo sendiri. Bagaimana tidak, kalau tidak dibekali dengan kemampuan mendukung, lo akan dilumat oleh ombak-ombak yang besar.

 

Bicara soal ombak besar – Indonesia sebagai negara maritim, dianugerahi oleh Tuhan dengan diberikannya deretan pantai-pantai super eksotis dan menarik. Dari Sabang sampai Merauke – kalau buat eksplor seluruh pantai yang ada di Indonesia, mungkin lo akan jadi petualang seumur hidup.

 

Tapi, kenapa tidak! Bukankah kita semua ini adalah petualang? Bro, berpetualang tidak selalu soal menembus hutan rimba, menyelam dalamnya lautan, atau mendaki tingginya gunung-gunung. Tiap pagi lo bangun dan menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah pun sudah bisa dibilang petualangan!

 

Eits, terlepas dari hal itu semua, petualangan kali ini memang ada di pantai. Dan halang rintang yang mesti lo coba dan hadapi adalah surfing atau berselancar. Berkaitan dengan pantai – ada satu tempat yang digadang-gadang menjadi surganya para peselancar dunia, lho.

 

Benar bro, tidak hanya para peselancar dari dalam negeri saja yang memburu tempat ini untuk spot latihan atau pengujian diri mereka soal kemampuan berselancar – tapi juga para petualang dan millennials mancanegara ikut memburu pantai ini.

 

Waduh penasaran ya bro tempat atau pantai yang dimaksud ada di mana? Bocoran sedikit nih – pantai yang dimaksud berada di daerah Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi. Daripada makin penasaran, sila simak bahasan di bawah ini ya!

 

Pantai Plengkung Banyuwangi: Spot Surfing Terbaik di Asia Tenggara

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar!

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar! credit: pergimulu.com

Perkenalkan bro, ini Pantai Plengkung. Berada di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur – popularitas pantai ini sudah mendunia. Bagaimana tidak terkenal, pantai ini disebut-sebut menjadi salah satu spot surfing terbaik di Asia Tenggara.

 

Label spot selancar terbaik ini tentu beralasan kuat. Perlu lo ketahui nih bro kalau gulungan ombak yang ada di Pantai Plengkung ini mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan itu adalah gulungan yang konsisten dalam satu waktu. Bayangkan bro, tujuh gulungan dalam satu momen hempasan!

 

Dengan kondisi ombak yang seperti itu, tidak heran kan jika spot ini jadi incaran banyak peselancar, baik yang dari dalam negeri sendiri, ataupun mancanegara. Semua tertantang untuk mencoba kemampuannya di spot terbaik untuk surfing ini.

 

Pantai Plengkung Banyuwangi: Dapat Pengakuan Dari Kelly Slater!

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar!

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar! credit: beachgrit.com

Siapa sih yang tidak kenal Kelly Slater? Banyak peselancar, khususnya mereka yang masih muda, mengidolakan sosok yang satu ini. Kelly adalah peselancar legendaris dunia. Aksinya selalu memukau dan tentunya memacu adrenalin.

 

Kelly adalah salah satu peselancar yang pernah melakukan trik paling radikal, yaitu tube riding di beberapa kompetisi selancar yang membuatnya menang. Dan peselancar legendaris ini mengakui kalau ombak di Pantai Plengkung adalah salah satu yang menyeramkan yang ia pernah temui.

 

"Setelah saya datangi dan mencoba berselancar di sana, saya sadar betapa sempurnanya ombak Pantai Plengkung" -  kata Kelly.

 

Kelly juga bercerita kalau selain menyeramkan, ternyata ombak yang ada di Pantai Plengkung memiliki berbagai tingkatan!

 

Pantai Plengkung Banyuwangi: 3 Tingkatan Ombak

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar!

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar! credit: merahputih.com

Berdasarkan peselancar professional dan legendaris dunia – Kelly Slater, ombak Pantai Plengkung ini dibagi menjadi tiga tingkatan. Dan sepertinya – dilihat dari detil tingkatannya, tidak ada yang untuk pemula nih bro.

 

Tingkatan ombak ini berdasarkan tinggi dari ombak itu sendiri. Pertama, Many Track Waves. Ombak yang satu ini adalah tingkatan yang paling rendah. Namun tinggi ombaknya saja sudah 3-4 meter. Kemudian, ada Speedis Waves. Ombak yang satu ini mempunyai tinggi 5-6 meter.

 

Dan yang ketiga atau yang terakhir adalah Kong Waves. Ombak yang satu ini mempunyai tinggi 6-8 meter. Menyeramkan memang. Tapi, ombak Kong Waves ini adalah ombak yang paling memungkinkan untuk melakukan Tube Riding, bro.

 

Pantai Plengkung Banyuwangi: Ombak Bagus

Hanya di Waktu Tertentu Saja

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar!

Surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi - Jawa Timur: Surganya Para Peselancar! credit: banyuwangibagus.com

Nah, ini yang mesti diperhatikan buat lo yang sudah benar-benar penasaran ingin membuktikan bagaimana ombak Pantai Plengkung di Banyuwangi. Perlu lo ketahui kalau ombak di sana tidak selalu bagus, bro. Hanya di waktu tertentu saja.

 

Waktu tertentu yang dimaksud adalah rentang atau periode di bulan Juli sampai September setiap tahunnya. Di rentang waktu tersebut – ombak di Pantai Plengkung tengah bagus-bagusnya. Buat lo yang ingin berselancar, atur waktu di bulan-bulan itu ya bro.

 

Terkait dengan waktu, sepertinya untuk main ke Pantai Plengkung di Banyuwangi Jawa Timur memang tidak bisa sebentar. Mengapa begitu? Pantai ini dekat dengan Taman Nasional Alas Purwo. Artinya, sayang sekali nih kalau lo tidak sekalian trekking di sana. Betul tidak bro?

 

 

Wah bagaimana nih? Dari segala hal yang menarik dan sudah disebutkan dan dijelaskan di atas, sepertinya Pantai Plengkung Banyuwangi di Jawa Timur ini mesti masuk ke dalam daftar petualangan lo selanjutnya ya!

 

Source – netz.id

Feature Image – travelingyuk.com

Wilderness Beginner Extreme Surfing solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
indonesia indah
Pantai pelngkung Banyuwangi mantaaaap
pingin ke sana
indonesia memang keren
ajib bgt.....
Sudah terkenal sampai Manca Nih
Mantappp
Keren banget
waduh mesti belajar nih
pengen nyobain