5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia!

Danau Kakaban merupakan salah satu tempat di Indonesia yang bisa dibilang merupakan salah satu surga biologis loh di dunia. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia!

Diving atau menyelam memang menjadi sebuah aktivitas seru dan menantang yang bisa lo lakukan, aktivitas ini pun sangat dekat sekali dengan lautan. Namun di Indonesia sendiri terdapat sebuah danau yang bisa menjadi tempat diving tak terlupakan, yaitu Danau Kakaban. Keindahan dari danau ini pun bukan hanya dari lingkungan sekitar serta kejernihan airnya saja loh.

 

Danau yang terletak di Pulau Kakaban ini ternyata merupakan air laut yang terperangkap di dalam kawasan pulau, ditambah dengan air dari dalam tanah beserta air hujan sejak 2 juta tahun lalu. Percaya atau tidak danau ini ternyata danau prasejarah loh, karena sudah ada sejak zaman peralihan Holosin.

 

 

Luas dari danau ini juga cukup luas kok, sekitar 5 km2 serta memilki dinding karang terjal setinggi 50 meter. Hal tersebutlah yang mengakibakan air laut yang terperangkap tidak lagi bisa keluat. Oo iyaa, danau ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sehingga kalau lo mau mampir serta diving di danau ini, bisa langsung ke wilayah tersebut yaa.

 

Diving di Danau Kakaban – Spot Jellyfish Lake

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia!

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia! Credit: jalanjalanyuk.com

 

Memang daya tarik utama dari danau ini sendiri berada di dalam airnya, tak heran apabila banyak penyelam dari berbagai daerah sangat ingin sekali untuk melihat secara langsung apa yang keunikannya. Apa sih sebenarnya yang menjadi daya tariknya tersebut? Tak lain ialah dari para ubur-ubur di danau.

 

Yaap, lo benar-benar bisa melihat serta merasakan sensasi menyelam bersama ubur-ubur tersebut di sebuah danau nan indah. Karena biasanya ubur-ubur itu sendiri habitatnya berada di lautan, namun berbeda dengan apa yang terjadi di Danau Kakaban.

 

Keunikan tersebutlah yang membuat spesial dari danau ini, bahkan bisa dikatakan juga kalau di dunia ini tidak terdapat kawasan atau danau seperti ini. Sering juga dikenal sebagai surga biologis, perlu lo ketahui juga kalau ubur-ubur di danau ini berjalan terbalik loh.

 

Diving di Danau Kakaban – Jenis Ubur-Ubur

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia!

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia! Credit: sportourism.id

 

Ubur-ubur yang berjalan terbalik tersebut ternyata bukan hanya terdapat satu jenis saja loh, melainkan empat jenis atau spesies. Tak heran apabila danau ini sangat indah serta beragam, ketika lo berada di bawah atau di dalam airnya, jangan kaget apabila terdapat ubur-ubur dengan warna yang berbeda-beda.

 

Ooo iyaa, mengenai jenis-jenisnya itu sendiri di dalam kawasan Danau Kakaban terdapat 4 jenis ubur-ubur yaitu Cassiopeia Ornate, Mastigias Papua, Aurelia Aurita dan Tripedalia Cystophora. Tentunya dari beberapa jenis ubur-ubur tersebut memilki keunikannya masing-masing, bukan hanya berjalan terbalik saja.

 

Bisa dikatakan juga kalau beberapa jenis ubur-ubur tersebut sangat istimewa, karena mampu bertahan hidup di danau, padahal umumnya mereka tinggal di laut. Tak heran apabila spot ini merupakan tempat diving paling menarik untuk lo coba, jangan lupa juga untuk membawa peralatan diving lo sendiri yaa bro.

 

Diving di Danau Kakaban – Terbentuknya Danau Ini

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia!

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia! Credit: travelingyuk.com

 

Bukan hanya apa yang ada di dalam danaunya saja, namun keunikan dari danau ini juga terlihat dari cara terbentuknya. Karena memang melalui proses alami tanpa adanya bantuan dari tangan manusia atau lainnya.

 

Keunikkannya terbentuknya dari danau ini karena seperti kehidupan laut yang terperangkap di tengah-tengah daratan. Untuk itu, ubur-ubur unik ini terlindung dari predator alaminya, yaitu kura-kura dan barakuda.

 

Bisa dikatakan pula secara tidak sengaja para ubur-ubur tersebut benar-benar pindah ke habitat baru yang membuat mereka lebih aman serta tidak terancam dari para predatornya. Oleh karena itu juga, para ubur-ubur tersebut kehilangan kemampuan untuk menyengat.

 

Diving di Danau Kakaban – Ubur-Ubur yang Jinak

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia!

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia! Credit: catperku.com

 

Ketika lo sudah memutuskan untuk melakukan diving di Danau Kakaban sudah tidak perlu khawatir lagi apabila tergigit atau tersengat loh, karena seperti apa yang sudah dijelaskan di atas, kalau para ubur-ubur ini sudah kehilangan kemampuannya untuk menyengat.

 

Bukan tanpa alasan, karena para ubur-ubur tersebut sudah merasa sangat aman berada di Danau Kakaban, bagaimana tidak di dalam danau ini tidak ada sama sekali predator yang bisa mengancam para ubur-ubur tersebut.

 

Sehingga bisa dikatakan juga kalau ubur-ubur di dalam danau ini sangat jinak loh, sehingga lo bisa menyentuhnya. Asalkan selalu ingat untuk tidak mengganggu mereka secara berlebihan dan selalu jagalah kelestarian dari danau ini yang sudah menjadi habitat ubur-ubur jinak ini.

 

Diving di Danau Kakaban – Semakin Dalam Semakin Indah

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia!

5 Fakta Menarik Diving di Danau Kakaban - Kalimantan Timur, Salah Satu Surga Biologis di Dunia! Credit: star2.com

 

Yaap, melakukan diving di Danau Kakaban merupakan sebuah hal yang tepat untuk lo lakukan. Karena lo bisa melihat banyak keindahan serta ragam keunikan yang tidak bisa lo dapatkan di kawasan lain di dalam dunia ini. Sehinga bisa dikatakan pula, kalau lo akan mendapatkan sebuah pengalaman tak terlupakan.

 

Menyelamlah lebih dalam agar lo bisa melihat betapa indahnya danau ini, bayangkan saja lo bisa melihat sejumlah anemone seputih salju ketika berada di kedalaman tertentu dan melihat bentangan ganggang hijau begitu indah untuk dipandang.

 

Bukan hanya sekedat ubur-ubur saja yang menjadi daya tarik di danau ini, karena lo bisa melihat cardinal fish, ikan gobi, tunicates, teripang dan ular laut. Nah, untuk bisa mengunjungi danau ini lo bisa menempuh perjalanan selama 25 menit dari Pulau Sangalaki. Dari pulau tersebut lo akan melalui hutan dari pantai menuju Danau Kakaban, percayalah kalau danau ini bisa menjadi tempat atau spot wisata alam terindah di dalam hidup lo.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar diving di Danau Kakaban di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin ke sana yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia!

 

Source: /lifestyle.okezone.com

 

 

Featured Image: mysocialmate.co

 

 

 

                                                             

Wilderness Beginner diving

21 COMMENTS

SHARE
Ricko Pratama Putra
Keren Guys..
Agus Sungkawa
Danau dan pemanadangan alamnya ajibb
agung
tq info ya
Sandi L
Nice info
Kristian Mustafa
UburĀ² nya Jinak tapi mungkin gatal ya?
Nadif Ahmad Hasan
Kereeeen
DEVI TRI HANDOKO
Lucu tapi berbahaya
Fatmawati
Muantapp kali
Laudu
Apa ngak gatal tuh
Yuniarto ( Tato )
Danau yg indah