Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?

Penasaran tidak sih dengan para pelaku bisnis di dunia skateboard indonesia? Apakah mereka hanya peduli dengan industri yang mendatangkan pundi-pundi keuntungan saja, atau ada peran atau andil lainnya? Sila simak bahasan kali ini saja bro!

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?

 

Perkembangan skateboard di Indonesia sekarang ini sudah semakin pesat. Berbagai skatepark mulai bermunculan di kota-kota untuk memfasilitasi para skaters untuk mengasah kemampuannya. Bahkan, tidak heran juga kalau kompetisi dengan taraf nasional atau internasional mulai sering digelar.

 

Jelas, perkembangan ini juga terkait erat dengan para pelakunya. Mulai dari para skaters, para pengelola skatepark sampai mereka yang menggeluti bisnis skateboard. Bicara soal bisnis skateboard, kira-kira ada siapa dan bagaimana peran mereka, ya?

***

Melihat millennials dan anak muda yang semakin hari semakin banyak yang menyukai serta menempatkan semangat mereka di skateboard, Tim Super Adventure jadi mempunyai pertanyaan: siapa saja ya yang ada di industri skateboard ini?

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tentu – peran para skaters yang populeritasnya sudah tidak diragukan lagi seperti Satria Vijie, tentu memberikan dampak yang cukup besar bagi perkembangan dunia skateboard di Indonesia.

 

Satria Vijie dan skaters lainnya tidak ayal sekarang jadi idola anak muda karena kegigihannya untuk main skateboard. Ditambah, prestasi mereka yang memang sudah bisa sekali disandingkan dengan skaters professional lainnya.

 

Opini Dari Pebisnis di Dunia Skateboard

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka? credit: flickr.com

Namun, terkait dengan para skaters – ternyata masih ada sosok lain dibalik perkembangan industri skateboard di Indonesia. Mereka adalah pelaku bisnisnya. Akan tetapi, alih-alih menutupi peran mereka di industri, Torey Pudwill CEO of Grizzly Griptape punya pandangan yang unik soal ini.

 

Menurutnya, ia sebagai pebisnis yang ikut andil dalam perkembangan dunia skateboard menyatakan kalau semua ini adalah karena para skaters. Menurutnya, para skaters adalah yang menciptakan tren, membuat sesuatu selalu baru dan lainnya.

 

Dan terlepas dari hal tersebut – para pebisnis hanya mengikuti kesempatan yang ada di sela-sela tren dari para skaters buat. Selain Pudwill, Joey Brezinski dan Paul Rodgriguez serta Steve Berra – sebagai pelaku bisnis skateboard, menyatakan kalau menjalankan bisnis skateboard tidak lah mudah.

 

Menurut mereka, untuk membuat brand dengan segmen skateboard itu tidak mudah sama sekali. Mesti benar-benar mengetahui segala sesuatu soal skateboard. Oleh karena itu, para pebisnis pun tidak ayal membutuhkan para skaters untuk melihat kesempatan untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan.

 

Menelisik Andil Pebisnis Skateboard di Indonesia

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?
credit: pasarbarubandung.wordpress.com

Tidak hanya sekedar melihat peluang dari skateboard dan membuatnya jadi cara menghasilkan pundi-pundi keuntungan, pebisnis skateboard dari Indonesia yang satu ini ternyata mempunyai peran atau andil yang lebih dari itu.

 

Perkenalkan Charlie Hobbies dari Hobbies Skate. Ia adalah salah satu pebisnis skateboard yang berasal dari Bandung. Tokonya, Hobbies Skate juga ada di sana. Sebelum membuka bisnis atau toko perlengkapan skateboard – percaya atau tidak, Charlie juga seorang skaters.

 

Kecintaan dan semangatnya di skateboard mendorong ia akhirnya mendirikan Hobbies Skate di tahun 1989. Charlie membangun bisnis ini dari kecil, bahkan sebelum punya toko bagus seperti sekarang, ia mulai semua itu dari garasi di rumahnya.

 

Ada yang unik dari peran Charlie sebagai pebisnis di dunia skateboard. Ia tidak asal saja menjual segala perlengkapan skateboard tapi ia melakukan hal yang lebih dan itu berdampak bagus untuk perkembangan skateboard di Indonesia.

 

Membuat kompetisi, menyediakan lahan untuk main skateboard sampai sponsorship untuk para skaters yang akan ikut kompetisi baik taraf nasional atau internasional, pun ia lakukan. Semangatnya Charlie adalah I DARE nya Super Adventure, nih bro.

 

Apa yang Charlie sudah lakukan, membuat tren skateboard semakin berkembang. Walau sampai sekarang masih segmented – tapi pasar di dunia skateboard cukup menjanjikan. Maka dari itu, pebisnis skateboard melakukan hal lebih dari pelaku bisnis pada umumnya.

 

Bermula Dari Sulit Mendapatkan Perlengkapannya

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?
credit: whatyougets.blogspot.com

Tren yang sudah berkembang sekarang ini memang sudah sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan, bro. Namun, sebelum tren skateboard seperti sekarang ini – dulu untuk mendapatkan perlengkapan, seperti papannya saja sulitnya minta ampun.

 

Hal ini dirasakan oleh Dimas Jerry Wijaya, seorang skaters yang dulu cukup berjuang untuk mendapatkan berbagai perlengkapan skateboard. Nah, melihat ada kesempatan dari keresahan tersebut, bermodal Rp. 2,5 juta di tahun 2004, Jerry dan kawan-kawan memutuskan untuk menjadi suplayer perlengkapan skateboard.

 

“Rata-rata pertumbuhan bisnisnya 100% di tiap tahunnya, sehingga di Asia khususnya di Indonesia, perkembangan skateboard cukup pesat dan luar biasa” Ungkap Jerry.

 

Dari tren yang terus berkembang dengan baik, Jerry bahkan bisa mengeluarkan produk papan skateboard sendiri yang ia labeli dengan nama Doodskateboard dan Hello Skaterboard. Menurutnya, dengan adanya merek lokal seperti ini, para pecinta skateboard di Indonesia tidak kesulitan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

 

Selain menjual perlengkapan skateboard – Jerry bahkan terbuka sekali untuk sekaligus mengajarkan mereka yang baru mulai main skateboard. Dengan pendekatan seperti itu – menurutnya makin banyak yang tertarik, makin banyak yang mencoba, dan akhirnya akan makin banyak yang menggeluti dunia skateboard di Indonesia.

 

“Kami tidak hanya jualan saja, tapi juga ikut mengajarkan bagaimana cara memakainya. Bahkan ada kelas privatnya. Kita support mereka” Kata Jerry.

 

 

Ternyata Banyak Peran dan Andil yang Dilakukan

Oleh Pebisnis Skateboard di Indonesia

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka?

Menelisik Perkembangan [Bisnis] Skateboard di Indonesia: Siapa dan Bagaimana Peran Mereka? credit: extremeina.com

Meliputi keseluruhan penjelasan yang ada di atas, ternyata cukup banyak dan variatif peran serta andil yang dilakukan oleh para pebisnis skateboard di Indonesia. Seperti membuat produk skateboard dengan merek lokal, membangun fasilitas untuk para skaters main, membuat kompetisi, sampai mendekati komunitas dan sponsorship atau endorsement ke para pemain skateboard.

 

Dengan berbagai peran dan andil para pebisnis skateboard di Indonesia – tidak heran memang jika pertumbuhan minat dan industri skateboard di Indonesia semakin pesat dan luar biasa.

 

Bro, jadi bagaimana nih? Mau mulai dari main skateboard dulu baru jadi pebisnisnya, atau langsung saja membangun bisnis skateboard nih?

 

It depends on your I DARE Spirit, bro!

 

Feature Image – extremeina.com

In Depth Beginner Extreme Street skateboarding

13 COMMENTS

SHARE
Nice info
bukan cah skater
Nice info
Mantappp
Nice info
Nice info
Hanya sebagi penikmat olahraga skateboard bukan sbgi pebisnis
informasi top
mantap infonya
tq info ya