5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya!

Sebagai salah satu cabang olahraga ekstrem, BMX ternyata memiliki beberapa pilihan parts yang perlu untuk lo pahami loh. Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya!

Bukan hanya dari triknya saja yang perlu untuk lo ketahui ketika ingin bermain BMX, karena masih ada penting lainnya loh. Seperti bagaian-bagian atau parts-nya pun patut untuk lo pahami. Tentunya agar lo bisa mengerti bagaimana mengganti hingga meningkatkan performa dari sepeda lo itu sendiri, kasarnya biar lo tidak nyebur ke lubang yang salah bro.

 

Bermain BMX sendiri memang bukan merupakan aktivitas yang mudah, bukan dari segi trik-triknya saja namun cara perakitannya juga tidak semudah itu. Ada banyak parts yang bisa membuat lo lebih mudah untuk bermanuver, selain itu berbeda bahan maka “rasa” sepeda lo juga akan berbeda.

 

 

Membuat spesifikasi sesuai dengan keinginan lo tentunya menjadi hal yang didambakan bukan, setidaknya lo bisa memiliki sepeda yang bisa menyatu dengan badan lo. Selain itu dengan spesifikasi yang diiinginkan, tentunya lo akan lebih mudah untuk mengeluarkan trik-trik unik di permainan ini.

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap bagian-bagian atau parts apa saja yang perlu untuk lo ketahui seputar BMX, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga lo bisa lebih mengerti BMX secara menyeluruh dan semakin serius untuk memainkannya.

 

Parts BMX yang Perlu Untuk Lo Pahami – Frame

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya!

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya! Credit: kunstform.org

Frame dari BMX sendiri merupakan parts paling mudah untuk lo ketahui dari sebuah sepeda dan tentunya ini merupaskan bagian terpenting dalam perakitan sepeda BMX loh. Lo bisa memilih berbagai ukuran frame loh, tergantung dari berat badan serta kenyamanan lo.

 

Tak hanya itu saja, selain dari berat badan serta kenyamanan, ternyata frame dari BMX sendiri juga ada yang memang dikhususkan untuk jenis permainan tertentu. Ada yang memang diciptakan untuk gaya permainan street, ramp, trails atau flatland.

 

Sehingga lo harus benar-benar melakukan riset terlebih dahulu, kira-kira gaya permainan lo seperti apa serta frame mana yang paling cocok dengan lo. Warna dari frame itu sendiri juga bisa lo pilih, tergantung warna mana yang lo suka, berat dari frame itu sendiri juga patut menjadi pertimbangan lo.

 

Parts BMX yang Perlu Untuk Lo Pahami – Handlebars

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya!

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya! Credit: ebay.com.au/

 

Selain dari frame, ada bagian dari sepeda BMX penting lainnya yang perlu untuk lo ketahui yaitu handlebars. Parts ini sangat penting agar lo bisa dengan mudah untuk bermanuver atau berbelok-belok ketika sedang bermain BMX.

 

Memang untuk memilih handlebars yang cocok untuk lo akan sedikit sulit, karena lo harus benar-benar tahu ukurannya, serta ada fitur seperti 2-piece atau 4-piece. Banyak yang mengatakan pula kalau handlebar merupakan bagian terpenting untuk membuat sepeda lo nyaman loh.

 

Bukan hanya nyaman saja, namun dengan pemilihan yang tepat lo juga akan lebih mudah untuk mengontrol sepeda lo. Bahkan bisa memperkecil kemungkinan lo untuk cidera berat ataupun ringan. Sehingga lakukan riset sebanyak mungkin agar lo bisa memilih handlebar mana yang paling cocok untuk lo.

 

Parts BMX yang Perlu Untuk Lo Pahami – Fork

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya!

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya! Credit: tritoncycles.co.uk

 

Ini merupakan bagian dari BMX yang akan menahan beban badan lo ketika sedang melakukan berbagai trik, sehingga bisa dikatakan merupakan bagian penting dan jangan sampai lupa untuk lo perhatikan. Belu lagi fork itu sendiri merupakan bagian dari sepeda yang paling sering tersiksa.

 

Sehingga sangat disarankan untuk memilih fork yang benar ataupun cocok. Baik itu untuk cara permainan lo hingga cocok juga dengan berat badan lo. Banyak faktor yang perlu untuk lo ketahui dari fork, mulai dari cast dropouts, offset, tapper, hingga bentuk dari fork-nya itu sendiri.

 

Walaupun sedikit mahal, namun fork merupakan bagian dari BMX yang patut untuk menjadi prioritas, bayangkan saja, kalau sepeda lo terkena hantaman baik itu pada saat melakukan trik atau terjatuh, tentunya fork menjadi bagian yang paling sering terkena imbasnya. Semakin bagus fork yang lo pilih, maka umur dari sepeda lo juga jauh akan lebih lama.

 

Parts BMX yang Perlu Untuk Lo Pahami – Stem

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya!

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya! Credit: .khebikes.com

 

Stem merupakan bagian dari BMX berikutnya yang perlu untuk lo perhatikan juga, karena ini menyangkut dengan setelan fork dan handlebar lo. Dengan memilih stem yang cocok untuk lo, maka lo bisa mengatur tinggi, serta pendeknya handlebar.

 

Selain itu, dengan adanya stem lo juga bisa mengatur sekeras apa bantingan yang akan lo rasakan dari handlebar lo. Tentunya juga bisa membantu lo mendapatkan posisi paling enak ketika melakukan trik atau hanya ingin sekedar berjalan-jalan.

 

Pengaturan dari stem juga tergantung dengan ukuran serta panjang tangan lo loh, semakin panjang tangan lo maka pengaturannya pun akan dipendekkan, namun kalau lo memiliki tangan yang pendek, maka pengaturan dari stem akan dipanjangkan. Atau Pokoknya benar-benar sesuai dengan kenyamanan dari pemainnya.

 

Parts BMX yang Perlu Untuk Lo Pahami – Chain

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya!

5 Parts BMX Ini Perlu untuk Lo Pahami Sebelum Memainkannya! Credit: theshadowconspiracy.com

 

Chain atau rantai ternyata juga merupakan bagian penting loh, karena dengan kualitas yang baik tentunya lo bisa mendapatkan rantai dengan umur cukup panjang. Karena memang dengan kualitas yang kurang baik juga akan berpengaruh terhadap keselamatan lo ketika sedang bermain.

 

Untuk ukuran standard bermain BMX sendiri biasanya menggunakan rantai dengan ukuran 1/8”, karena memiliki ketebalan serta akan tahan banting ketika akan disentak serta apabila terkena benturan. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan rantai dengan ukuran tersebut.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar parts BMX di atas? Semoga bisa menjadi acuan atau panduan lo yaa. Yang terpenting ialah teruslah berlatih dan tentu selalu utamakan keselamatan diri lo sendiri. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

Source: bmxunion.com

 

 

Featured Image: .bbc.co.uk

 

Gear Beginner Extreme

5 COMMENTS

SHARE
tq info ya
Dengan pemilihat part yg sesui dng kebutuhan tetntunya akan menunjang sebuah spedah BMX yg nyaman saat di pergunakan
Wajib tau banget nih
bmx jadi kenangan sepanjang masa
beli ahhhh