Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih!

Sudah tahu kenapa kopi gayo jadi single origin yang terkenal di dunia? Kalau belum, sila simak bahasan ini sampai habis bro! Eits, jangan lupa seduh kopi dulu juga nih!

Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih!

 

Indonesia selain terkenal dengan label negara maritim terbesar di dunia dan negara dengan pegunungan yang super eksotis, ternyata juga terkenal dengan label lain. Label atau predikat yang dimaksud adalah negara yang terkenal dengan produktivitas kopi yang luar biasa.

 

Memang bro, buat di pasar dunia – kopi yang berasal dari Indonesia sudah tidak akan kalah saing dengan kopi yang berasal dari berbagai belahan negara lainnya. Beragam single origin yang berasal dari Indonesia memang sudah mendunia.

 

 

Sebut saja seperti Kopi Toraja – dan Kopi Toraja Sapan, lalu ada Kopi Sidikalang dan Mandailing, dan tentunya Kopi Gayo. Bicara soal kopi gayo, di bahasan kali ini – lo akan mengenal lebih dalam bagaimana sebenarnya karakter kopi gayo yang diminati banyak orang dari berbagai kalangan di dunia ini.

 

Terlebih orang-orang yang berada di Amerika Serikat dan Eropa. Menurut mereka, karakter kopi gayo sangat cocok dengan selera. Tidak heran jika dua kawasan besar itu membutuhkan angka kopi gayo yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

 

Tapi, sebelum lo lanjut di dalam bahasan kali ini – biar lebih nyaman juga, sila seduh kopi dulu bro. Sembari siapkan cemilan atau kudapan lainnya, dan jangan lupa teman yang cocok untuk kopi! Jika sudah siap semua, mari lanjut pembahasan yang satu ini!

 

Mengenal Karakter Kopi Gayo

Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih!

Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih! credit: thejakartapost.com

Sebenarnya, karakter kopi gayo cukup sederhana. Tidak terlalu kompleks. Namun, mungkin ini yang jadi unique selling point-nya karena kesederhanaan karakternya membuat rasa kopi gayo jadi clean, cocok untuk menjadi campuran berbagai jenis house blend.

 

Karakter kopi gayo mempunyai body dan aroma yang cukup kuat. Kemudian acidity atau tingkat keasaman yang rendah dengan sedikit rasa rempah. Nah, karena tingkat keasaman yang rendah, mungkin hal ini juga yang dicari oleh banyak orang.

 

Jika sudah pernah merasakan kopi gayo dan merasakan ada ‘rasa’ rempah-rempah – jangan heran karena kopi gayo sendiri di Aceh tumbuh bersama beberapa tanaman lainnya. Maklum, tanaman kopi umumnya bersifat menyerap.

 

Sehingga tidak heran juga jika buah kopi tersebut bisa menyerap beberapa rasa yang ada di sekitarnya dan malah menghasilkan rasa kopi yang unik. Bicara soal rasa, kopi gayo tidak mempunyai rasa yang pahit walaupun rasanya juga kuat.

 

Ditanam di Ketinggian Terbaik

Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih!

Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih! credit: merahputih.com

Sempat menyinggung kalau tanaman kopi biasanya menyerap rasa lain di sekitarnya – kopi gayo biasanya ditanam di ketinggian 1.000 mdpl sampai - 1.200 mdpl, lho. Biasanya tidak hanya kopi saja yang ditanam di ketinggian tersebut, ada beberapa rempah lainnya.

 

Nah, makanya tidak heran jika kopi gayo mempunyai rasa yang sedikit mengarah ke ‘rempah-rempah’ ya. Buat lo yang penasaran ingin datang langsung ke perkebunan kopi gayo, sila datang ke Kota Takengon dan Danau Tawar – Gayo.

 

Rata-rata perkebunan kopi di sana masih dikelola secara perorangan saja. Jadi, buat lo yang ingin berinvestasi ke kopi gayo, sila bertemu dengan para petani-petaninya ya!

 

Kopi Gayo Wine: Another Best Single Origin

Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih!

Mengenal Karakter Kopi Gayo yang Luar Biasa: Para Pecinta Kopi Wajib Tahu, Nih! credit: kompas.com

Beruntung Indonesia dikaruniai oleh kopi gayo yang tumbuh subur di tanah gayo. Jika tengah musim panen, salah satu proses yang memakan waktu lama adalah metode pengeringannya atau dry process. Proses ini yang membuat profil rasa dari kopi gayo cenderung manis.

 

Nah, dari dry process tersebut – jika diteruskan sampai ke cara natural atau cara alami untuk fermentasi – ada single origin baru yang berasal dari kopi gayo ini dan cukup terkenal dan diminati oleh banyak pecinta kopi, yaitu kopi gayo wine.

 

Kopi dan anggur memang dua minuman yang cukup bertolak belakang, namun siapa sangka ternyata dengan metode pengeringan yang sedikit lebih lama, akan menghasilkan kopi dengan ‘sensasi’ seperti wine. Tidak memabukan, bro – malah menyegarkan!

 

Karena rasa yang unik – kopi gayo wine juga sempat diburu oleh banyak pecinta kopi. Namun sayang, karena prosesnya menjadikan ‘wine’ ini tidak singkat – maka mereka mesti sabar menunggu kopi gayo terbaiknya jadi ‘wine’.

 

Ditambah harganya yang dua kali lipat lebih mahal dari pada kopi gayo biasa, lho. Namun, karena rasanya yang unik dan menyegarkan – tetap saja masih banyak pecinta kopi yang menunggu single origin yang satu itu.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Jadi makin penasaran dengan kopi gayo dan kopi gayo wine? Dua-duanya sama-sama nikmat, dan sebaiknya memang lo coba dua-duanya sih!

 

Source – sasamecoffee.com

Feature Image – ekonomi.kompas.com

Trending Beginner eksplorasi-kopi

7 COMMENTS

SHARE
Nice info
Duo kopi yang pasti nikmat
Nice beritw news
Nice informasi
Kopi top maketop
mantapp lurds
Mantap ni kayanya