Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo!

Ketika lo ingin menemukan aktivitas ekstrem di alam yang baru, canyoning bisa menjadi jawabannya. Penasaran? Langsung simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo!

Melakukan aktivitas dekat dengan alam memang menjadi hal yang menyenangkan, selain bisa melepaskan penat, lo juga bisa melihat betapa indahnya dunia ini. Ada banyak jenis aktvitasnya mulai dari pendakian hingga bermain perahu kano. Namun apakah lo sudah tahu mengenai canyoning? Bisa dikatakan pula ini merupakan hal baru dan belum banyak orang yang mengeteahuinya.

 

Melakukan canyoning sendiri bisa membuat lo basah dan mengeksplorasi sungai, gua hingga spot alam yang belum pernah didatangi manusia. Lo bisa melewati air terjun serta masuk ke dalam hutan lebat. Hamparan hijau nan luas pun menjadi tempat lo bermain.

 

 

Ternyata di luar negeri sudah banyak negara yang menyediakan jasa untuk melakukan canyoning loh. Namun sebenarnya canyoning itu apa sih? Daripada lo semakin penasaran, enggak ada salahnya kok untuk memperhatikan beberapa penjelasannya di bawah ini. Semoga lo bisa lebih tahu, serta melakukannya dalam waktu dekat. Oo iyaa, perlu untuk diketahui juga kalau aktivitas ini memerlukan kekuatan mental serta fisik, sehingga kedua hal tersebut harus lo miliki terlebih dahulu yaa.

 

Mengenal Apa Itu Canyoning?

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo!

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo! Credit: .slovenija.eu.com

 

Memang canyoning itu sendiri belum familiar di kuping banyak orang, karena memang di Indonesia sendiri masih sedikit selalu yang melakukannya. Padahal banyak sekali spot yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas ekstrem ini.

 

Canyoning merupakan sebuah aktivitas yang akan membawa lo untuk lebih dalam lagi dalam mengeksplorasi pegunungan, tentunya dengan teknik serta metode yang cukup beragam. Bahkan lo bisa turun di air terjun dengan tali, bahkan juga bisa melompat.

 

Sehingga canyoning itu sendiri bukan hanya mencapai puncak yang menjadi objektifnya, namun lebih kepada benar-benar mengeksplorasi seisi pegunungan atau tempat tujuannya. Lo akan banyak berenang, berjalan, hingga memanjat. Semua itu dijadikan satu di dalam aktivitas ini.

 

Tak heran apabila sangat diperlukannya peratalan keselamatan untuk selalu digunakan ketika melakukan canyoning. Seperti helm, sepatu outdoor, jaket anti air dan lain-lain. Yaap, bisa dikatakan pula ini merupakan aktivitas yang memiliki resiko tinggi.

 

Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya?

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo!

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo! Credit: valmalencoalpina.com

 

Pertanyaan yang sering muncul ketika lo mendengar aktivitas ekstrem baru, sehingga pertanyaan ini juga cocok sekali apabila mengarah ke canyoning. Jawabannya pun cukup mudah, iyaa semua orang bisa mengikuti atau melakukan canyoning.

 

Apalagi buat lo yang memiliki determinasi tinggi dalam mengeksplorasi alam luas beserta memiliki keberanian serta jiwa petualang tinggi. Karena ini merupakan sebuah petulangan yang akan memberikan banyak rintangan untuk lo taklukan.

 

Eksplorasi lebih dan lebih lagi menjadi kata kunci ketika lo melakukannya, sehingga tidak ada kata menyerah hingga lo benar-benar sampai di titik yang harus lo capai. Tentu untuk pemilihan tempatnya tergantung kemampuan fisik lo.

 

Bisa lo mulai dari tempat yang sekiranya mudah untuk ditaklukan hingga naik ke level berikutnya di mana tubuh serta jiwa lo meminta sesuatu yang lebih. Biasanya aktivitas ini pun akan memakan waktu sekitar 6 hari, itu untuk kondisi medan yang ada di luar negeri yaa.

 

Kembali lagi, tentu kondisi fisik serta mental yang kuat menjadi pondasi utama lo. Sehingga jangan pernah lakukan canyoning apabila kedua hal tersebut belum lo siapkan. Bukan hal yang sulit kok untuk memenuhi hal tersebut, asalkan lo memiliki niat tentunya fisik serta mental lo bisa jauh lebih kuat dari sebelumnya. Tentu ini untuk keselamatan lo sendiri.

 

Harus Terbiasa dengan Ketinggian

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo!

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo! Credit: ticinoadventures.com

 

Yaap, ini menjadi keharusan bagi lo yagn ingin melakukan canyoning untuk tidak takut terhadap ketinggian. Karena memang lo akan berhadapan dengan banyak keadaan yang mengharuskan lo berada di ketinggian. Daripada menghambat, mending lo biasakan diri lo dulu dengan ketinggian ketika ingin melakukan canyoning.

 

Alasan juga sangat sederhana karena lo akan melewati air terjun dengan ketinggian yang tak terkira, belum lagi lo harus terbiasa menggunakan tali untuk bisa turun dari bukit atau ngarai. Tak heran apabila kemampuan lo untuk mengatasi ketakutan lo atas ketinggian menjadi prioritas utama.

 

Buat lo para pemula,memperhatikan hal tersebut menjadi hal penting, agar tidak mengganggu serta untuk keselamatan lo juga. Karena ketika lo takut untuk melompat atau turun dari ketinggian, malah akan membuat lo ragu sehingga hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi.

 

Peralatan yang Harus Lo Bawa

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo!

Mengenal Canyoning Sebagai Aktivitas Ekstrem Alam yang Mampu Memacu Adrenalin Lo! Credit: visiting-croatia.com

 

Ada beberapa peralatan yang patut untuk lo miliki ketika memutuskan untuk melakukan canyoning. Mulai dari wetsuit terlebih dahulu, karena dengan menggunakan pakaian itu lo akan nyaman atau lebih leluasa untuk mengekplorasi spot alam.

 

Selain dari wetsuit, lo juga harus menyiapkan long john’s atau jaket, tentunya untuk melindungi lo dari cuaca dingin. Tak lupa pula dengn peralatan keamanan seperti helm, knee pads, elbow pads dan sepatu outdoor yang sekira juga bisa melindungi kaki lo dari berbagai macam rintangan.

 

Untuk sepatu, coba cari yang biasa digunakan untuk pendakian, karena memiliki grip kuat serta dapat melindungi mata kaki. Lalu jangan lupa juga untuk membawa P3K, karena ini merupakan aktivitas ekstrem sehingga cidera ringan pun bisa menjadi hal biasa.

 

**

 

 

Untuk melakukan canyoning sendiri memang dibutuhkan tempat yang memiliki tebing batu serta banyak air terjun. Kalau bisa juga dengan ukuran wilayah ngarai yang luas bisa menjadi tempatnya. Ingin kalau determinasi menjadi hal utama untuk lo miliki.

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar canyoning di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi alam di Indonesia. Apalagi kalau lo bisa melakukan canyoning di berbagai spot indah di negara ini!

 

Source: redbull.com

 

 

Featured Image: .outdoor-interlaken.ch

 

Extreme Action Beginner Extreme

11 COMMENTS

SHARE
Nice informasi,menjadi tahu apa itu canyoning
Seru tuh
Seru..olahraga extrim nih
tq info ya
nice informasi gan..
keren gan
Saya baru denger olahraga ini
Sangat seru man, mau nyoba lagi next
Sangat menantang
Nice info