Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Apa sajakah kuliner khas Pontianak yang patut dijajal wisatawan saat liburan? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan simak informasi di bawah ya bro!

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Salah satu kota asal Indonesia yang pas dikunjungi kala liburan adalah Pontianak. Daya tarik Pontianak tidak hanya terlihat pada tempat wisatanya saja yang menawan. Ibu kota Kalimantan Barat ini juga kerap menjadi pilihan destinasi liburan karena menyimpan beragam jenis kuliner unik dan lezat. 

Apa sajakah kuliner khas Pontianak yang patut dijajal wisatawan saat liburan? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan simak informasi di bawah ya bro!

1. Pengkang

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro! Photo Credit: resepnusantara.id

Salah satu kuliner unik khas Pontianak yang patut dicoba ketika liburan adalah Pengkang. Bahan dasar pembuatan Pengkang adalah beras ketan yang dimasak berbarengan dengan santan. Makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang secara unik. Cita rasanya yang unik dijamin bakal membuat lidah lo terlena deh!

Daya tarik Pengkang terletak pada bentuknya yang unik, yakni kerucut dengan penjepit berupa bambu. Makanan ini juga melewati proses pembakaran sehingga memiliki aroma sedap. Tak heran, Pengkang menjadi salah satu makanan favorit warga Pontianak hingga kini.

Untuk menikmati rasa terbaik Pengkang, lo disarankan menyantapnya bersama sambal kepah. Rasa makanan ini bakal berlipat-lipat jadi lebih nikmat deh. Wisatawan dapat berburu kuliner ini di daerah Desa Peniti, Pontianak. Sempatkan waktu mencobanya ya bro!

 2. Kaloci

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro! Photo Credit: deskgram.com

Camilan satu ini cukup sering dibanding-bandingkan dengan mochi khas Jepang. Kaloci dibuat menggunakan bahan tepung ketan. Kuliner tradisional Pontianak ini sangat pas dinikmati ketika bersantai. Wajib dijajal deh bro!

Kaloci mempunyai tekstur kenyal sehingga nyaman saat dikunyah di mulut. Makanan ini biasanya diberi tambahan bumbu kacang agar rasanya jadi lebih nikmat. Untuk membuat kaloci jadi lebih gurih, pedagang biasanya menaburi wijen di bagian atas makanan ini. Kenikmatannya pun bakal menjadi pol!

Lo juga bisa menyulap camilan ini jadi lebih manis dengan tambahan gula pasir. Cita rasa kaloci yang begitu khas serta teksturnya yang kenyal membuat makanan ini digilai banyak orang. Jangan lupa mencari kaloci saat berwisata ke Pontianak ya bro!

3. Ce Hun Tiau (Sagu Potong)

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro! Photo Credit: bukalapak.com

Di dalam bahasa Tiociu, kata “ce hun” memiliki arti tepung ubi dan “tiau” bermakna potongan memanjang. Ce Hun Tiau merupakan salah satu minuman asli Pontianak yang disukai banyak orang. Masyarakat setempat biasanya menikmati ce hun tiau saat cuaca sedang panas.

Ada banyak makanan yang bisa dipadukan dengan ce hun tiau, mulai dari ketan hitam, cincau, dan kacang merah. Lo dapat menikmati semuanya dengan siraman kuah santan dan gula merah. Wisatawan tentu bisa menyeruput minuman ini sembari menjelajahi keindahan kota Pontianak.

Oleh sebab itu, menyambangi kota Pontianak kurang terasa komplit bila lo tidak mencicipi ce hun tiau. Minuman ini sangat pas dinikmati pada musim kemarau. Usai meminumnya, lo bakal kembali merasa segar dan siap melanjutkan aktivitas liburan dengan perasaan ceria.

4. Lek Tau Suan

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro! Photo Credit: misstamchiak.com

Makanan ini direkomendasikan bagi wisatawan penggila kuliner manis. Hal tersebut membuat Lek Tau Suan sering disebut sebagai hidangan penutup. Asal-usul nama makanan ini berasal dari dua kata dalam bahasa Tiociu, yakni “lek tau” dan “suan”.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, istilah “lek tau” bermakna kacang. Sementara itu, kata “suan” mempunyai arti mutiara. Proses pembuatan makanan ini dimulai dengan merebus kacang hijau hingga teksturnya lembek. Makanan tersebut dicampur dengan air gula yang sudah mengental.

Masyarakat Pontianak umumnya mencicip lek tau suan bersama ca kwe goreng. Hidangan ini paling pas disantap pada waktu malam hari atau musim hujan. Lo disarankan menyantap lek tau suan dalam keadaan hangat untuk merasakan kelezatannya secara maksimal.

5. Bubur Pedas

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro! Photo Credit: @javafoodie

Kuliner satu ini sejatinya diwariskan oleh masyarakat suku Melayu. Bubur Pedas dibuat menggunakan beragam jenis rempah-rempah, misalnya seperti serai, kunyit, jahe, lengkuas, dan lain-lain. Bahan pembuatannya yang variatif membuat makanan ini kaya akan rasa.

Ada sejumlah bumbu tambahan yang bisa membuat cita rasa bubur pedas lebih nikmat. Contohnya seperti daun bawang, kacang, dan teri. Wisatawan bisa menjadikan bubur pedas sebagai menu sarapan sebelum berangkat traveling ke tempat liburan.

6. Chai Kue

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro!

Berlibur ke Pontianak? Jangan Lupa Santap 6 Kuliner ini Bro! Photo Credit: flickr.com/jyovv

Makanan yang dikenal dengan nama choi pan ini mengandung beragam jenis sayuran seperti keladi, bengkuang, dan kucai. Bagian terluar chai kue diketahui terbuat dari bahan tepung. Warga Pontianak biasanya menjadikan makanan ini sebagai camilan.

Di dalam bahasa Tiociu, kata “Chai” bermakna sayur. Chai kue dikenal memiliki aroma khas yang menggugah selera. Hal tersebut tak lepas dari peranan topping bawang putih goreng yang turut hadir di dalamnya. Lo bisa menikmati chai kue dengan cara dikukus atau digoreng. Untuk mencarinya, pelancong tak bakal kesulitan karena makanan ini dijual di banyak rumah makan. Jangan lupa mencicipinya saat berlibur ke Pontianak ya bro!

Demikian 6 jenis kuliner khas Pontianak yang cocok dinikmati ketika liburan. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang hobi berwisata kuliner sembari melancong. Mencicipi enam kuliner di atas tentu akan membuat pengalaman liburan lo terasa lebih berkesan. Dari enam makanan di atas, manakah yang paling ingin lo cicipi lebih dulu?

Source: liputan6.com

Feature Image - instagram.com/ri_fhandy

Trending Beginner foodventure

17 COMMENTS

SHARE
Mantappp
Bubur pedas layak untk d coba kalu jln2 ke pontianak
Bkin ngiler
Mau dong
Cobain deh sumanya
Vhai kue itu kaya gmna makananya ya
Mantapppp
Kuliner yang enak
tq info ya
wew enak enak2