Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus!

Sebelum lo menyusuri perut bumi atau caving - ada perlengkapan atau gear yang mesti lo ketahui dan bawa tiap saat nih! Apa saja peralatannya? Sila simak bahasan kali ini ya!

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus!

 

Banyak sekali aksi ekstrem yang bisa lo lakukan jika untuk memacu adrenalin. Sebut saja seperti berselancar, menyelam, atau mungkin caving. Nah, sudah pernah dengar soal caving pastinya ya? Buat lo yang belum tahu, caving adalah kegiatan menyusuri perut atau lorong-lorong gua.

 

Penyusuran yang dilakukan tentu tidak hanya asal iseng saja nih, bro. Tentu caving punya maksud jelas dalam kegiatannya itu. Salah satu maksud jelasnya adalah mengetahui sejarah, serta kondisi terkait lainnya di gua tersebut.

 

 

Hal ini terkait dengan banyaknya temuan-temuan unik yang dihasilkan ketika caving. Ada saja bukti situs pra-sejarah yang ditemukan ketika tengah menyusuri dinding-dinding atau lorong gua. Mulai dari temuan lukisan dinding, sampai ke berbagai temuan peralatan zaman dahulu.

 

Jika hanya mengartikan caving itu menyusuri gua-gua saja, sepertinya terlihat mudah ya bro? Padahal sebenarnya tidak! Caving membutuhkan keahlian khusus karena juga menyandang resiko besar saat melakukannya.

 

Lho, bagaimana tidak resiko besar – bro, lo akan menyusuri gua-gua dalam yang berkemungkinan membuat lo tersesat – atau bahkan gerakan tektonik bumi yang bisa membuat lo tertindih oleh bebatuan yang bergerak dan berjatuhan.

 

Oleh karena itu, untuk caving dengan level intermediate sampai advance – perlu persiapan yang benar-benar matang. Tidak hanya persiapan fisik saja, tapi juga persiapan mental. Caving membutuhkan ketenangan yang luar biasa, bro.

 

Nah, selain persiapan fisik serta mental yang sudah disebutkan sebelumnya – caving juga memerlukan starter pack yang mesti lo perhatikan dan dibawa tiap saat caving. Penasaran apa saja gears yang menjadi starter pack untuk caving? Sila simak bahasan kali ini ya!

 

Gears Untuk Caving: Helm

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus!

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus! credit: cavingnews.com

Kontur bebatuan yang ada di dalam gua tentu bermacam-macam. Terlebih, seperti stalagmite dan stalagtik yang runcing, rentan mengenai kepala lo. Oleh karena itu, daripada cidera terkena bebatuan yang ada, pastikan helm selalu terpasang.

 

Helm yang seperti apa yang biasanya dipakai untuk caving? Apakah sama saja seperti helm pengendara motor? TENTU JELAS BERBEDA, BRO! Helm yang biasanya digunakan untuk caving adalah helm yang digunakan juga untuk latihan panjat tebing. Yang jelas helm tersebut melindungi seluruh bagian kepala kecuali bagian wajah.

 

Gears Untuk Caving: Lampu

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus!

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus! credit: ledcaplamps.com

Nah yang satu ini jangan disepelekan, ya. Lampu dengan daya baterai mesti dibawa, bro. Minimal lo membawa tiga. Satu yang akan dipakai, dua menjadi cadangan. Kondisi di dalam gua tentu tidak seperti kondisi yang ada di atas permukaan. Pasti gelap.

 

Oleh karena itu, lampu adalah gear yang mesti lo bawa. Kemudian, terkait dengan lampu, jika rusak – pastikan lo membawa sumber penerangan lainnya seperti korek api dan lilin, serta stik fosfor. Walau tidak bertahan lama, stik fosfor masih bisa lo andalkan, kok.

 

Gears Untuk Caving: Sepatu Boot

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus!

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus! credit: toesalad.com

Kali ini sepertinya lo tidak bisa pakai sneakers karena medan yang akan lo tempuh cukup keras, bro. Makanya, sepatu trekking dan sepatu naik gunung adalah sepatu yang direkomendasikan buat lo saat mau caving.

 

Sepatu trekking dan sepatu naik gunung biasanya berjenis boot dengan outer sole yang bergerigi. Hal ini bisa membantu kenyamanan lo saat melangkah di dalam gua karena dengan medan yang sulit – biasanya sepatu dengan alas datar malah akan mudah rusak.

 

Gears Untuk Caving: Coverall

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus!

Pertama Kali Coba Caving? 8 Safety Gears Ini Wajib Lo Perhatikan dan Dibawa Terus! credit: coachmag.co.uk

Seklias mirip sekali dengan baju yang dikenakan oleh para montir di bengkel, namun percaya atau tidak – baju dengan tipe coverall ini adalah kostum yang tepat buat berwisata ke perut bumi!

 

Gears Untuk Caving: Sarung Tangan!

Jangan suka menyepelekan bebatuan yang ada di perut bumi seperti di dalam gua-gua itu bro. Bisa saja, permukaannya ternyata tajam dan mampu menggores telapak tangan lo. Oleh karena itu, hindari hal tersebut dengan menggunakan sarung tangan!

 

Gears Untuk Caving: Tas Cave Pack

Untuk membawa beberapa perlengkapan yang sudah disebutkan di atas – pastikan lo membawa tas punggung yang cocok untuk menyusuri perut bumi ya. Biasanya, tas seperti itu dilabeli dengan nama cave pack.

 

Bahannya biasanya anti air, jadi lo tidak perlu panik jika semisalnya gua yang lo susuri mendadak basah atau mengeluarkan air ya.

 

Gears Untuk Caving: Makanan dan Minuman

Biasanya – lo akan direkomendasikan untuk membawa makanan serta minuman dengan bentuk survival pack. Hal ini terkait dengan kondisi perut bumi yang akan lo susuri juga, bro. Oh iya, jika memang jalur yang akan lo tempuh cukup jauh, pastikan lo membawa air minum yang cukup agar tidak mudah dehidrasi ya!

 

Gears Untuk Caving: Baju Ganti

Sudah cukup jelas kalau membawa satu baju saja – atau yang lo kenakan saja tentu tidak akan nyaman buat perjalanan lo menyusuri perut bumi, bro. Pastikan lo membawa beberapa set baju ganti ya.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Cukup jelas ya untuk perlengkapan atau gear yang mesti diperhatikan dan dibawa saat akan caving?

 

Source – wego.co.id

Feature Image – lostearthadventure.co.uk

Gear Extreme caving solo traveling solo backpacker

10 COMMENTS

SHARE
keren poto nya
Nice Info
Petualangan yg menantang nih
pacu adrenaline
Wajib di taati tentunya saat caving,biar slu aman
tq info ya
Perlu di perhatikan
siap pasti akan diperhatikan
safety first
Nice info