Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker!

Terkadang sulit juga nih cari homestay saat traveling. Oleh karena itu, sila simak beberapa tipsnya terlebih dahulu di sini, bro!

Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker!

 

Sedang merasa terjebak di antara banyak kerjaan dan omelan atasan yang tidak ada habis-habisnya? Santai bro. Tidak usah dibawa tegang. Sekarang, lihat kalender dan tentukan kapan lo akan cuti, habis itu, sila simak bahasan ini biar gampang buat dapat homestay saat traveling!

***

 

Sudah pernah melakukan staycation, bro? Kalau sudah, berarti lo cukup paham nih bagaimana mendapatkan hotel dengan harga terbaik tanpa mengurangi fasilitas yang akan lo dapatkan nanti. Tapi sepertinya kali ini cukup berbeda, deh.

 

 

Perbedaan yang dimaksud adalah kamar hotel dan homestay. Kalau untuk memesan kamar hotel di spot atau destinasi wisata yang lo kunjungi biasanya mudah – beda cerita buat menemukan homestay yang tepat buat liburan lo, nih.

 

Homestay atau rumah sewaan – biasanya disewakan oleh empunya beberapa kamar untuk lo atau para traveler lainnya yang kebetulan tengah plesiran di daerah destinasi wisata tersebut. Cukup sulit lho menemukan yang cocok.

 

Kesulitan yang biasanya dihadapi oleh para traveler atau backpacker saat mencari homestay yang cocok adalah fasilitas sampai peraturan yang ada di homestay tersebut. Dari keresahan itulah akhirnya bahasan ini dibuat, bro.

 

Walau konon gampang-gampang sulit mencari homestay saat lo akan traveling – berikut ada tujuh tips mudah yang bikin pencarian lo untuk homestay semakin gampang! Penasaran? Sila simak bahasan di bawah ini ya!

 

Temukan Homestay Sebelum Berangkat!

Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker!

Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker! credit: newsfleek.com

Terkadang, banyak traveler yang suka menganggap remeh soal menemukan homestay. Jadi mereka asal berangkat saja tanpa menemukan homestay terlebih dahulu. Bro, kalau bisa – pastikan lo sudah menemukan homestay sebelum lo berangkat traveling ya.

 

Hal ini bisa lo lakukan dengan browsing di internet. Kemudian, untuk memesan kamar atau homestay tersebut – biasanya di internet – akan ada fasilitas bayar di muka dengan cara transfer, dan bisa lo lunasi ketika sudah sampai di sana.

 

Hal ini tentu untuk mengurangi resiko kalau lo apes dan tidak dapat penginapan di mana-mana bro, sehingga nanti lo terkatung-katung. Lagipula, dengan memesan homestay lebih awal – biasanya lo akan dapat harga yang lebih murah!

 

Perhatikan Peraturan dan Penjelasannya!

Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker!

Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker! credit: chinadaily.com.cn

Jangan diabaikan bro segala rincian yang dijelaskan terkait homestay yang akan lo sewa. Biasanya, setelah berhasil memesan di internet – biasanya lo akan mendapatkan notifikasi soal aturan yang ada di sana.

 

Perhatikan aturannya bro – jangan lo langgar karena tentunya akan berdampak buruk bagi salah satu pihak. Oleh karena itu, pastikan lo mengetahui segala aturan yang ada di sana ya. Oh iya, mengetahui aturannya bisa menghindari lo dari penambahan biaya lho!

 

Negosiasi yang Baik Dengan Pemilik!

Nah, kalau lo memesan secara langsung atau minimal telepon si empu homestay-nya – pastikan lo bernegosiasi dengan baik ya. Biasanya, negosiasi ini soal harga dan beberapa aturan yang ada di sana. Jika menurut lo ada yang kurang cocok, sila bernegosiasi namun tetap santun ya.

 

Kalau memang ada aturan atau hal yang menurut lo masih kurang tepat – mungkin cukup bijak jika lo mencari homestay lainnya. Namun, jika sudah keburu waktu, apa boleh buat lo mesti mengikuti peraturan yang ada saja, ya!

 

Tanya-tanya Soal Situasi Rumah!

Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker!

Mau Liburan Santai? Berikut 7 Tips Mudah Untuk Cari Homestay! Cocok Buat Backpacker! credit: onetravel.com

Hal yang satu ini juga mesti lo perhatikan nih. Sila tanya-tanya kondisi rumah tersebut kepada empunya, ya. Jangan sampai ada hal yang semisalnya tidak boleh lo lakukan, tapi malah lo lakukan di sana dan berdampak buruk buat traveling lo.

 

Wah pasti tidak seru sih. Maka dari itu, tanyakan kondisi rumah dan kondisi sekitarnya juga. Jadi traveling lo bisa lebih tenang dan nyaman nih!

 

Rekam Kondisi Homestay!

Untuk menghindari tuduhan kalau ada bagian-bagian di dalam homestay rusak dikarenekan oleh perbuatan lo, pastikan lo merekam terlebih dahulu saat pertama kali masuk. Pastikan lo mengetahui kondisi awalnya sehingga lo tidak mesti mengganti jika memang ada yang rusak.

 

Hal ini tentu bisa jadi langkah antisipasi agar liburan lo tidak terganggu karena penambahan biaya.

 

Simpan Nomor Kontak Pemilik Homestay

Terakhir, pastikan lo meminta dan menyimpan nomor kontak pemilik homestay tersebut. Untuk jaga-jaga, lo bisa tanya dengan menelepon langsung kepada sang empunya kalau-kalau terjadi hal yang cukup aneh di homestay tersebut.

 

 

Wah apakah dari lo ada cerita pengalaman aneh yang terjadi saat menginap di sebuah homestay? Kalau ada, sila ceritakan di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – koinworks.com

Feature Image – ihgma.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

15 COMMENTS

SHARE
dephy
tips irit paling jempolan
Agus Sungkawa
Tips yg sangat bermanfaat..cerita aneh saat homestay blm pernah mengalami hal2 aneh min..paling2 suka terbangun pas tengh malm ajh hehehe
Sandi L
.mantappp min
Fatmawati
.nice info
Laudu
Bermanfaat sekali
Yuniarto ( Tato )
Bagus banget nih refrensinya
agung
tq info ya
ditra nugraha
thanks infonya lurr
Peni heryawan
Nice info
Yumna Aditya Prakoso
tips yang bermanfaat