5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler

Salah satu daya tarik wilayah Sumatra Barat adalah kuliner tradisionalnya yang begitu menggugah selera. Berbicara tentang itu, apa saja minuman enak dari Ranah Minang yang patut dijajal traveler selama liburan? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler

Keistimewaan Sumatra Barat tak hanya tampak pada keindahan alamnya saja, melainkan uga kekayan kulinernya. Daerah ini diberkahi beragam makanan dan minuman enak yang menggugah selera. Lo bakal dibuat terlena dengan cita rasanya yang istimewa dan nikmat.

Banyak dari lo mungkin sudah mengetahui dan mencicipi sejumlah kuliner Sumatra Barat, misalnya seperti rendang. Bagaimana dengan minuman? Apakah lo sudah mengetahui semua minuman tradisional dari Ranah Minang? Jika belum, berikut adalah 5 minuman enak khas Sumatra yang patut lo coba. Silakan disimak ya bro!  

1. Aia Kawa (Teh Daun Kopi)

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler. Photo Credit: kamerabudaya.com

Traveler baiknya tak lupa mencicipi kenikmatan Aia Kawa saat berkelana ke wilayah Sumatra Barat. Minuman ini dibuat dengan dengan cara diseduh layaknya teh. Bahan dasar pembuatannya adalah daun kopi lokal. Wisatawan bisa menemukan Aia Kawa di daerah sekitar Bukittinggi dan Ngarai Sianok.

Untuk membuat minuman ini, pertama-tama lo harus menyiapkan daun kopi yang sudah dikeringkan lewat proses sangrai selama 12 jam. Tahap selanjutnya adalah mencampurkan daun kering tersebut dengan air dingin. Setelah itu, lo bisa menyeduhnya dengan air mendidih serta memasukkan gula pasir sesuai selera.

Aia Kawa patut dicoba lo yang hobi berwisata kuliner selama liburan. Ada banyak khasiat yang ditawarkan minuman ini kepada tubuh, mulai dari menyembuhkan sakit maag, menghilangkan pegal, serta mengatasi penyakit ginjal. Minuman ini cocok dinikmati pelancong yang sedang bersantai di tengah perjalanan. Silakan dicoba ya bro!

2. Jus Pinang Muda

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler. Photo Credit: id.openrice.com

Keindahan alam Sumatra Barat memang paling pas dinikmati sembari meneguk Jus Pinang Muda. Sesuai namanya, minuman ini diolah dengan cara dijus lalu diberi tambahan gula merah serta irisan jahe. Waktu terbaik untuk menikmati minuman ini adalah siang hari atau ketika cuaca sedang terik.

Di Sumatra Barat, sejumlah pedagang biasanya menambahkan jus ini dengan aneka bahan seperti madu, susu, telur ayam kampung, dan lain-lain. Hal tersebut membuat minuman ini kaya akan rasa. Salah satu khasiat jus pinang muda adalah mengembalikan stamina tubuh khususnya bagi kaum pria.

Mencoba jus pinang muda tentu akan menjadi salah satu kenangan indah selama liburan di Sumbar. Banyak orang terpikat dengan cita rasanya yang begitu istimewa. Sekali mencoba jus ini, lo bakal terus merindukan rasanya yang unik. Jangan lupa menjajalnya ya bro!

3. Teh Talua

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler. Photo Credit: misteraladin.com

Kelezatan minuman ini sudah terkenal luas ke berbagai pelosok nusantara. Teh Talua merupakan minuman khas Minang yang tak boleh dilewatkan para traveler. Lo tidak bisa menemukan minuman serupa yang mampu menandingi kenikmatan teh ini di daerah Indonesia manapun.

Teh Talua menghadirkan rasa unik karena dibuat menggunakan bahan telur dan teh. Jenis telur yang biasa dipakai untuk membuat teh ini adalah telur ayam kampung atau telur bebek. Lo bakal terbuai dengan kenikmatan minuman ini yang tercipta berkat perpaduan sempurna daun teh, gula, serta telur.

Waktu terbaik untuk mencicipi teh talua adalah malam hari atau saat cuaca sedang dingin. Minuman ini cukup ampuh menghilangkan rasa letih usai beraktivitas seharian. Traveler bisa menjumpai teh talua di banyak kedai makanan yang tersebar di daerah Sumatra Barat. Wajib dicoba deh!

4. Es Tebak

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler. Photo Credit: twitter.com/minangkabauku

Minuman dengan nama unik ini juga pantang dilewatkan traveler yang tengah liburan di Sumatra Barat. Jika diperhatikan sekilas, rupa es tebak terlihat mirip dengan es campur. Bahan dasar pembuatan minuman ini adalah olahan tepung beras ketan dan tepung sagu. Keduanya nanti dimasak terlebih dahulu bersama air garam dan kapur sirih.

Adonan yang sudah matang selanjutnya dibuat dalam bentuk kecil seperti cendol. Bahan lainnya yang turut dicampur dalam pembuatan es tebak adalah susu kental manis, sirup merah, dan es batu serut. Minuman ini paling pas dinikmati pada waktu siang hari.

Usai meminum es tebak, traveler bakal merasa lebih segar sehingga siap melanjutkan aktivitas liburan dengan bersemangat. Rasanya yang dingin juga bakal membuat kepala lo terasa segar dan plong. Momen liburan pun terasa lebih berwarna berkat kehadiran minuman ini.

5. Aia Aka

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler

5 Minuman Enak Khas Sumatra Barat, Siap Bikin Segar Traveler. Photo Credit: instagram.com/tehtalua

Asal-usul nama minuman ini terinspirasi dari rupanya yang mirip dengan cendol. Salah satu perbedaan Aia Aka dengan cendol terletak pada bahannya yang terbuat dari perasan daun cincau. Untuk menyajikan minuman ini, lo harus mencampurnya dengan air santan terlebih dahulu.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati Aia Aka dengan tambahan air jeruk nipis. Perpaduan ini tentu bakal membuat minuman menjadi lebih berkhasiat. Masyarakat Sumbar biasanya meneguk Aia Aka saat cuaca sedang panas.

Aia Aka pas dijajal traveller yang ingin meredakan haus sekaligus mengembalikan rasa segar. Minuman ini juga menawarkan cita rasa unik yang siap memanjakan lidah. Oleh sebab itu, jangan buang kesempatan mencicipi Aia Aka jika tengah berlibur di Sumbar ya bro!

Demikian 5 minuman enak khas Sumatra Barat yang wajib dijajal traveler. Masing-masing minuman memiliki cita rasa istimewa yang tak akan lo jjumpai di tempat manapun. Semoga informasi di atas menggugah rasa ingin tahu lo untuk segera menjajal kelima minuman khas Sumbar ini. Selamat liburan!

Source: detik.com

Feature Image - kamerabudaya.com

Trending Beginner foodventure

8 COMMENTS

SHARE
seger banget kayaknya
Bikin pengen minum
Jus Pinang Muda bikin penasaran bro.
Mantap maknyus
Aika Aka bikin adem
Mantappp
Nice info
Mantap min