Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras!

Kuliner Sumba memang kebanyakan terbuat dari beras dan jagung, namun masih ada yang lain loh. Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras!

Sumba memang terkenal sebagai salah satu kawasan di Indonesia dengan keindahan alamnya nan memukau, namun apakah lo sudah tahu kalau kulinernya juga tak kalah menariknya? Yaap, kurang rasanya apabila lo menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Sumba namun tidak mencicipi beberapa pilihan kulinernya, hampir semuanya memiliki cita rasa yang nikmat.

 

Sangat aneh sekali apabila hingga hari ini masih banyak dari wisatawan atau pelancong yang tidak peka terhadap pilihan kuliner di Sumba. Padahal bisa mendatangkan sebuah pengalaman tak terlupakan loh, bahkan bisa membuat lo kangen untuk kembali lagi hanya untuk mencicipinya lagi.

 

 

Bisa dikatakan juga kalau pilihan kuliner-kulinernya cukup unik, serta lumayan sulit untuk ditemukan kesamaannya dengan pilihan kuliner lainnya di Indonesia. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan kuliner khas Sumba yang patut untuk lo cicipi ketika berada di sana, simak saja beberapa informasinya di bawah ini.

 

Rekomendasi Kuliner Khas Sumba yang Nikmat – Rumpu Rampe

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras!

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras! Credit: .abangnji.com

 

Ketika lo pertama kali mendengar nama dari kuliner satu ini akan terdengar sedikit aneh bukan? Karena namanya pun sangat jarang sekali atau kurang familiar di kuping banyak orang. Ini merupakan kuliner dengan bahan-bahan sayuran, sehingga buat lo para pecinta sayuran ini merupakan pilihan tepat.

 

Rumpu Rampe merupakan sayuran yang diolah dengan menumis bunga pepaya, daun pepaya, daun singkong dan jantung pisang. Biasanya kalau lo mendengar ada campuran daun pepaya rasa pahit akan mendominasi bukan? Namun beda halnya dengan kuliner satu ini.

 

Lo tidak akan merasa pahit, karena sayuran terlebih dahulu dinetralisir dengan menggunakan air garam selama beberapa menit. Biasanya untuk menambah rasa gurih Rumpu Rampe sendiri akan ditambahkan teri asin atau udang rebon. Menarik bukan untuk menjadi menu santapan lo ketika berada di Sumba?

 

Rekomendasi Kuliner Khas Sumba yang Nikmat – Nasi Jagung

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras!

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras! Credit: masakandapurku.com

 

Siapa bilang nasi tidak bisa dicampur dengan jagung? Karena hal tersebut bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke Sumba. Bisa dikatakan pula ini merupakan kuliner khas Sumba yang perlu untuk lo cicipi, namun perlu untuk lo ketahui juga bukan berarti kuliner ini sepenuhnya terbuat dari jagung.

 

Yaap, nasi jagung khas Sumba sendiri memiliki campuran dari berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah. Untuk pembuatannya sendiri dimulai dari jagung yang digiling dan kemudian dimasak bersamaan dengan nasi putih dan kacang-kacangan.

 

Hampir sama dengan olahan kuliner berbahan nasi lainnya, nasi jagung ini sendiri juga sering menjadi teman untuk menikmati lauk ayam dan juga sayuran. Sehingga jangan heran apabila lo berada di Sumba akan disajikan dengan nasi jagung yaa.

 

Rekomendasi Kuliner Khas Sumba yang Nikmat – Kaparak

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras!

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras! Credit: merahputih.com/

 

Kuliner khas Sumba memang banyak menggunakan jagung, sehingga pilihan kuliner satu ini juga memiliki bahan utama jagung loh. Kaparak sendiri juga merupakan pilihan favorit bagi warga Sumba karena kenikmatannya serta sering menjadi teman ngopi.

 

Kaparak terbuat dari tepung jagung yang dicampur dengan kelapa parut dan gula pasir putih secukupnya. Campuran tersebut kemudian disangrai hingga tampak kekuning-kuningan. Yaap, bisa dikatakan pula kalau Kaparak merupakan cemilan yang nikmat.

 

Bahkan sering juga dijadikan makanan saat sarapan, makan siang maupun makan malam. Percaya atau tidak, Kaparak juga memiliki kandungan karbohidrat, protein dan lemak yang tinggi. Penasaran? Langsung saja mencicipinya ketika berada di Sumba.

 

Rekomendasi Kuliner Khas Sumba yang Nikmat – Ka’pu Pantunnu

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras!

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras! Credit: gotravelly.com

 

Berikutnya merupakan kuliner khas Sumba yang memiliki nama cukup aneh atau tidak familiar bahkan susah untuk dikatakan. Walaupun begitu, rasa dari kuliner satu ini tak perlu untuk lo ragukan loh. Percaya atau tidak ini merupakan kunlier yang memiliki bahan dasar jantung pisang.

 

Yaap, proses pembuatannya dimulai dari jantung pisang yang dibakar kemudian dipotong-potong menjadi bentuk yang lebih kecil. Tak heran apabila lo bisa menemukan tekstur yang cukup unik dari kuliner sastu ini, pokoknya jangan sampai terlewatkan untuk mencicipinya bro.

 

Nah, selanjutnya potongan kecil tersebut dicampur dengan parutan kelapa panggang serta daun kemangi. Kuliner ini sangat cocok untuk disantap bersama dengan nasi jagung atau nasi putih sekalipun. Lo bisa menemukan cita rasa khas Sumba di kuliner satu ini.

 

Rekomendasi Kuliner Khas Sumba yang Nikmat – Manggulu

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras!

Mengenal Kuliner Khas Sumba yang Sebagian Besar Terbuat dari Jagung dan Beras! Credit: idntimes.com

 

Kalau lo ingin menikmati kue tradisional khas dari Sumba ini merupakan pilihan tepat, karena lo bisa menemukan rasa asam dan manis dalam satu hidangan. Bukan hanya itu saja, namun untuk menemukannya pun juga cukup mudah kok.

 

Yaap, seperti apa yang sudah diketahui kalau kuliner ini memiliki cita rasa yang asam dan manis tentunya karena terbuat dari pisang, gula merah dan kacang tanah. Sehingga lo juga bisa menemukan rasa gurih yang memang tidak terlalu mendominasi di dalam setiap gigitannya.

 

Proses pembuatannya juga tak sulit namun akan memakan waktu cukup lama, pisangnya sendiri akan dijemur selaama tiga hari lalu kemudian ditumbuk bersama dengan gula merah dan kacang tanah yang telah disangrai hingga rata.

 

Setelah tercampur, bentuk adonan menjadi memanjang dan bungkus daun pisang ataupun daun lontar. Yaap, dari kuliner ini lo juga bisa melihat sebuah makanan yang masih memiliki bentuk sangat tradisional, sehingga jangan sampai terlewatkan untuk mencicipinya yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kulier khas Sumba di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo agar lo tidak kebingungan ketika ingin makan di Sumba dan tentunya agar lo bisa mendapatkan makanan yang nikmat dan khas!

 

Source: idntimes.com

 

 

Featured Image: sumbaiconicisland.org
Trending Beginner foodventure

15 COMMENTS

SHARE
Rumpu Rampe + Ka’pu Pantunnu wueeenak buanget
Mantappp
Nice info
Nasi jagung menu wajib
tq info ya
Jadi penasaran pingin nyobanya.
Kuliner maknyus
pingin mie ayam
Manggulu kyanya enak ni
mau dong