BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini!

Sudah pernah mendengar BASE jumping belum? Ini merupakan aktivitas ekstrem yang akan membuat adrenalin lo terpukau, enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini!

Berbicara mengenai aksi extreme tentunya ada banyak sekali cabangnya, bahkan bisa dikatakan pula kalau olahraga ini sudah banyak sekali penggemar. Bukan hanya sekedar skateboarding atau BMX saja, namun hari ini lo sudah bisa menemukan banyak jenisnya yang tentunya sangat menantang dan memacu adrenalin. Salah satunya ialah BASE jumping. Untuk bisa melakukannya, diperlukan keberanian nan tinggi beserta dengan peralatan keamanan yang memumpuni.

 

Bahkan untuk lo bisa melakukan base jumping itu sendiri diperlukannya izin atau sertifikat loh, karena memang sangat berbahaya dan nyawa menjadi taruhannya. Di luar sendiri, BASE jumping sudah cukup terkenal dan sering dilakukan oleh para penikmatnya.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap apa sih sebenarnya BASE jumping itu sendiri serta bagaimana caranya agar lo bisa memainkannya serta apa saja yang dibutuhkan, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga lo terpacu dan ingin untuk mencobainya yaa. Namun, apakah lo memiliki keberanian serta tekad tinggi untuk terjun dari ketinggian?

 

Apa Sih BASE Jumping itu Sebenarnya?

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini!

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini!

Ternyata BASE jumping itu sendiri merupakan sebuah singkatan loh, karena BASE itu sendiri merupakan Building, an Antennae, a Span, or the Earth. Jadi memang aktivitas ini sendiri menyangkup beberapa daerah atau alam itu untuk bisa lompat serta merasakan adrenalin terpacu.

 

Khusus untuk di luar negeri sendiri sudah banyak kawasan atau wilayah yang memang dijadikan tempat untuk melakukannya. Contohnya saja seperti CN Tower, atau lompat dari lembah, bahkan juga pernah dilakukan di tengah kota Toronto, Kanada.

 

Kalau lo melihat orang bermain BASE jumping, lo akan melihat seperti kelelawar terbang. Karena memang ketika seorang melakukan aktvitas ini, mereka akan melompat dari ketinggian lalu tidak langsung melepaskan parasutnya, melainkan melesat cepat bagaikan kelelawar ataupun burung. Oleh sebab itu, olahraga ekstrem satu ini memiliki kesulitan yang tinggi.

 

Singkat Sejarah Mengenai BASE Jumping

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini!

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini! Credit: .nationalgeographic.com

 

Ternyata keberadaan dari BASE jumping itu sendiri sudah lama ada di dunia ini loh, kurang lebih pada tahun 60an dan 70an aktivitas ekstrem ini pertama kali ditemukan, lalu El Capitan menjadi tempat pertama yang tercatat dalam sejarah.

 

Pada tahun itu, terdapat 2 pelompat yang melakukan aksinya, namun sayangnya keduanya terluka setelah sudah melompat dari ketinggian sekitar 15.000 kaki. Lalu pada tahun 1975, telah dilakukan lompatan juga tepat di menara selatan dari the World Trade Center.

 

Carl Boenish disebut-sebut sebagai penemu dari BASE jumping itu sendiri, setelah ia menemukan cara aman untuk menaklukan tingginya El Capitan. Percaya atau tidak, pada dahulunya olahraga ekstrem ini memiliki nama lain yaitu BEST jumping (Bridge, Earth, Span and Tower).

 

Namun Carl Boenish sendiri meninggal pada tahun 1984 karena melakukan lompatan di Norwegia. Hingga hari ini belum ada bukti atau mata-mata yang menyaksikan kejadian miris tersebut. Namun disebut-sebut ia menabrak batu besar.

 

Arti dari Singkatan BASE

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini!

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini! Credit: dangertv.com

 

Seperti apa yang sudah dikatakan di atas kalau BASE itu sendiri merupakan singkatan dari buildings, antennas, spans dan earth ternyata itu bukan hanya sebuah singkatan saja, melainkan memiliki arti yang patut untuk lo ketahui apabila ingin menjadi pemain dari olahraga ekstrem ini.

 

Buildings, berarti sebuah lompatan yang berasal dari gedung atau monument yang tinggi. Lompatan ini pun memiliki kesulitan paling tinggi, karena lo harus berhadapan dengan gedung-gedung tinggi beserta dengan angin sangat kencang. Belum lagi dengan izin yang harus dilalui.

 

Antennas,berarti lompatan yang berasal dari menara yang memiliki antenna. Biasanya para pelompat pun memillih menara paling tinggi yang ada di tempat pelompatan. Biasanya untuk mencari tempat pelompatan ini lebih mudah ketimbang gedung, karena izinnya lebih mudah.

 

Spans, biasanya lompatan ini berasal dari jembatan tinggi dan juga melewati beberapa nagarai ataupun berada di tengah-tengah pegunungan. Lompatan yang paling terkenal dari spans itu sendiri pernah dilakukan di New River Gorge Bridge di Amerika Serikat. Bahkan hari di mana lompatan itu terjadi dijadikan Bridge Day loh.

 

Earth, lompatan ekstrem ini biasanya berasal dari alam. Contohnya pegunungan, bukit, ngarai dan lain sebagainya. Pokoknya memiliki ketinggian yang cukup untuk melakukan aktivitas ekstrem ini. Kawasan yang paling terkenal ialah El Capitan atau dikenal juga dengan Yosemite National Park.

 

Kesulitan yang Dihadapi

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini!

BASE Jumping: 4 Fakta Menarik yang Perlu Lo Ketahui Seputar Aktivitas Ekstrem Ini! Credit: .nationalgeographic.com

 

Melakukan BASE jumping tentunya akan menemukan banyak sekali kesulitan ataupun kendala. Mulai dari teknis hingga secara garis besar. Terdapat dua kesulitan paling besar yang sering dihadapi oleh para pemainnya, yaitu dari rendahnya arena pelompatan hingga perkiraan rute dari lompatannya itu sendiri.

 

Biasanya para pelompat harus membuka parasut mereka pada ketinggian sekitar 2.000 kaki, dengan begitu akan memberikan waktu untuk bernafas sedikit apabila parasut utama tidak terbuka, maka masih memiliki waktu untuk membuka parasut cadangan.

 

Selain itu, para pelompat juga harus selalu memiliki tingkat konsentrasi yang tingi, karena lo akan menempuh kecepatan sekitar 120 mph loh ketika melakukan satu lompatan. Karena lo akan terbang seperti burung menggunakan pakaian yang memang dikhususkan untuk melakukan aktivitas ekstrem ini. Pakaian itu ialah wingsuit.

 

Selain wingsuit, tentunya lo juga harus mempersiapkan alat-alat lainnya untuk menopang keselamatan dan berjalannnya aktivitas ini. Seperti helm, paraust dan tentunya membentuk tim yang siap sedia berkomunikasi dengan pelompat.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar BASE jumping di atas? Apakah lo sudah memiliki keberanian untuk mencobainya? Semangat selalu dan lawanlah rasa takut di dalam diri lo dengan beragam pilihan aktivitas ekstrem termasuk yang satu ini!

 

Source: adventure.howstuffworks.com

 

 

Featured Image: .welt.de

 

Extreme Action Beginner Extreme

14 COMMENTS

SHARE
Mantap infonya
AKTIFITAS Ekstrem
Salah satu jenis olahraga yang xtreme,bukan hanya nyali di uji di sini,perlu pemahaman yg extra lebih
info yang keren
tq info ya
Ga Berani Coba bro,soalnya takut ketinggian.
ngeri ngeri sedap euy
Cakeppp....luar biasa
Ekstreem Sport
Nantappp