Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat!

Indonesia memiliki ragam sate yang nikmat, sehingga akan sangat disayangkan sekali apabila lo tidak mengeksplorasinya. Penasaran mengenai pilihannya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat!

Sate memang menjadi salah sate kuliner favorit bagi kebanyakan orang Indonesia, karena dari rasanya yang manis serta olahan dagingnya menjadi sebuah alasan mengapa kuliner ini memiliki banyak penggemarnya. Namun apakah lo sudah tahu kalau di Indonesia sendiri memiliki beberapa ragam sate khas dari berbagai daerah?

 

Mungkin yang paling banyak dikenal oleh orang ialah sate Madura atau sate Padang, namun bukan hanya dua jenis saja loh bro, masih banyak sate-sate lainnya yang tentunya tak kalah nikmatnya, bahkan jauh lebih nikmat. Untuk membuktikannya, sangat disarankan untuk lo traveling ke tempat asal sate-sate tersebut agar bisa merasakan secara langsung bagaimana cita rasanya.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan ragam sate di Indonesia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga lo bisa mendapatkan wisata kuliner yang berkesan dan tentunya mencicipi ragam sate nikmat tersebut. Uniknya lagi setiap daerah memiliki cita rasa berbeda dan bisa memberikan sebuah pengalaman tak terlupakan.

 

Ragam Pilihan Sate di Indonesia – Sate Ambal

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat!

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat! Credit: /travelingyuk.com

 

Pilihan pertama mengenai ragam sate di Indonesia jatuh kepada Sate Ambal. Yaap, ini merupakan kuliner yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Tentunya memilki rasa nikmat, percampuran antara manis dan gurih.

 

Sate Ambal sendiri terbuat dari daging ayam kampung, sehingga lo benar-benar bisa merasakan bumbunya meresap. Rasanya juga berbeda dengan sate yang menggunakan daging ayam negeri, selain itu kunci utamanya juga berada pada bumbunya.

 

Bumbu yang digunakan bukan bumbu kacang, tapi tempe tumbuk dicampur dengan cabai dan aneka bumbu lainnya. Sebelum dibakar, daging ayam dibalur selama 2 jam sehingga rasanya tiada duanya. Bukan ditemani dengan nasi, sate Ambal dimakan dengan ketupat.

 

Ragam Pilihan Sate di Indonesia – Sate Ponorogo

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat!

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat! Credit: travelingyuk.com

 

Berasal dari Ponorogo, Jawa Timur ini merupakan salah satu sate dengan cita rasa berbeda dan tentunya nikmat. Apalagi menjadi teman makan ketika malam hari, pada saat perut kosong. Belum lagi dengan campuran bahan bumbunya yang menjadi pembeda dengan lainnya.

 

Sate Ponorogo merupakan sate ayam bumbu kacang dengan irisan bawang merah dan cabai rawit serta jeruk nipis. Sehingga lo bisa mendapatkan rasa gurih beserta manis dan asem menjadi satu. Setiap kali lo menggigit dari tusuk satenya, rasanya tak ingin pernah berkurang porsinya.

 

Uniknya setiap tusuknya hanya terdapat satu potong daging ayam yang diiris memanjang, lalu telah melaui proses bacem kemudian dihidangkan dengan lontong. Sehingga ketika lo sedang berada di Ponorogo ini merupakan pilihan kuliner yang tepat untuk lo cicipi.

 

Ragam Pilihan Sate di Indonesia – Sate Tegal/ Sate Batibul

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat!

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat! Credit: food.detik.com

 

Tegal memang sudah terkenal akan satenya, karena memiliki keunikan dan tentunya rasanya pun sangat nikmat. Bahkan tak sedikit orang yang menjadi penggemar sate satu ini, karena memang cita rasanya sangat unik dan sulit untuk ditemukan pada kuliner lainnya.

 

Keunikan dari sate ini ialah dari daging yang digunakan, karena berbahan kambing muda berumur 5 bulan. Biasanya dipanggang satuan kodi dan disajikan dua tusuk sate dengan isian empat potong daging dan lemak. Terkadang juga diganti dengan jeroan kambing.

 

Sate Tegal biasanya disajikan dengan kecap manis yang diencerkan dan dicampur dengan irisan cabai, bawang merah, tomat hijau dan nasi putih yang ditaburi dengan bawang goreng. Tak heran apabila banyak dari wisatawan berkunjung ke Tegal hanya ingin mencicipi kuliner satu ini.

 

Ragam Pilihan Sate di Indonesia – Sate Blora

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat!

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat! Credit: travelingyuk.com

 

Masih berada di kawasan Jawa Tengah terdapat sebuah sate yang tak kalah nikmatnya dengan lainnya, yaitu Sate Blora. Sesuai dengan namanya, memang sate ini berasal dari Blora, Jawa Tengah. Uniknya lagi sate ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

 

Walaupun lebih kecil, namun rasanya sangat nikmat serta mampu membuat siapapun akan memakannya lagi. Sate ini merupakan sate daging dan kulit ayam, serta disajikan di atas daun jati. Sehingga daun tersebut dijadikan piring.

 

Selain menggunakan daun jati sebagai piringnya, sate Blora juga disajikan dengan bumbu kacang, nasi dan juga sup santan berbumbu. Sehingga lo bisa mendapatkan cita rasa yang gurih ketika mencicipi satu suapannya. Tak heran apabila banyak orang yang menggemarinya.

 

Ragam Pilihan Sate di Indonesia – Sate Lilit

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat!

Kuliner Nusantara: 5 Ragam Pilihan Sate dari Berbagai Daerah Ini Memiliki Cita Rasa yang Memikat! Credit: resephariini.com

 

Berasal dari kawasan Bali, kuliner satu ini juga tak kalah nikmatnya bila dibandingkan dengan lainnya. Namun memang tusuk satenya tidak menggunakan kayu melainkan dari batang serai. Jadi kalau lo ke Bali, ini merupakan kuliner yang wajib untuk lo cicipi.

 

Terbuat dari daging cincang sapi, ayam, ikan, babi atau kura-kura, sate lilit memang memiliki cita rasa yang unik serta harum. Nah, daging cincang tersebut dicamput kelapa paurt, santan kental, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Tak heran apabila lo bisa mendapatkan cita rasa yang kaya dalam satu kuliner ini.

 

Adonan ini pun lalu dililit pada batang serai namun terkadang juga menggunakan batang tebu, setelah dililit sate ini dipanggang hingga matang. Yaap, seperti apa yang sudah dikatakan di atas, kalau sate ini memang memiliki rasa yang nikmat serta harum. Karena percampuran bahannya yang banyak membuatnya memiliki wangi yang khas.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar ragam pilihan sate di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin wisata kuliner serta mencicipi berbagai jenis sate. Agar lo lebih peka terhadap pilihan kulliner-kuliner yang ada di Indonesia. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan kuliner di negeri ini!

 

Source: phinemo.com/

 

 

Featured Image: travelerien.com

 

Trending Beginner foodventure

15 COMMENTS

SHARE
CUMA INDONESIA YANG PUNYA SATE
Nice info
Salah satu makanan favorit nih..
.ngiler jadinya
Nice info
tq info ya
Kuliner maknyus
pagi pagi dah bikin laper nih bung mimin
Khas Kuliner Indonesia yang Nikmatnya luar Biasa.
Pengin nyicipin semua