5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler

Selain mengunjungi spot wisata, aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan traveler di Labuan Bajo adalah berbelanja oleh-oleh. Lo bisa menghilangkan penat dengan berburu oleh-oleh khas kota ini, mulai dari kuliner hingga kain. Apa saja oleh-oleh unik yang bisa dijumpai wisatawan di Labuan Bajo? Sila cek tulisan di bawah bro!

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler

Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan alam menakjubkan. Salah satu contohnya adalah Labuan Bajo yang berada di ujuang barat Pulau Flores. Pemandangan kota ini seringkali memikat perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain mengunjungi spot wisata, aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan traveler di Labuan Bajo adalah berbelanja oleh-oleh. Lo bisa menghilangkan penat dengan berburu oleh-oleh khas kota ini, mulai dari kuliner hingga kain. Membeli oleh-oleh di sini tentu akan membuat momen liburan lo terasa komplit.

Apa saja oleh-oleh unik yang bisa ditemukan traveler di Labuan Bajo? Benarkah semuanya istimewa? Berikut adalah lima oleh-oleh menarik khas Labuan Bajo yang patut lo beli. Silakan dicek ya bro!  

1. Kopi Manggarai

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler. Photo Credit: astahub.com  

Labuan Bajo menyimpan banyak oleh-oleh unik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja oleh wisatawan. Salah satu contohnya adalah Kopi Manggarai atau Kopi Flores. Minuman ini menawarkan cita rasa unik yang siap membuat lo terpikat.

Kopi Manggarai cukup terkenal di kalangan masyarakat Labuan Bajo. Banyak orang tergila-gila terhadap rasanya yang mantap. Kopi ini sangat cocok dicoba wisatawan sebelum memulai aktivitas liburan. Usai meneguknya, lo bakal merasa lebih bersemangat sehingga siap berkelana ke aneka spot wisata.

Selain itu, wisatawan tentu bisa menjadikan kopi ini sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga di rumah. Kenikmatan Kopi Manggarai bakal membuat mata lo kembali terasa segar sehingga siap menghadapi padatnya aktivitas harian. Jangan lupa menyempatkan waktu untuk membelinya ya bro!

2. Jintan

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler. Photo Credit: bukalapak.com 

Apabila diperhatikan sekilas, tampilan makanan ini mirip seperti kue kering. Kue Jintan kabarnya terbuat dari bahan-bahan berupa adonan tepung, mentega, gula pasir, jintan, dan telur. Masyarakat Labuan Bajo biasanya menyantap makanan ringan ini di waktu santai.

Jajanan ini sebenarnya berasal dari penduduk suku Bugis. Kemudian, seiring berjalannya waktu, kue jintan kian populer hingga akhirnya diminati masyarakat Labuan Bajo. Daya tarik jajanan ini terletak pada teksturnya yang renyah serta rasanya yang manis.

Traveler bisa menemukan kue jintan secara mudah di Labuan Bajo. Alasannya tidak lain karena kue ini banyak dijual di banyak toko oleh-oleh setempat. Sekali mencobanya, lo bakal tergoda untuk mencicipinya berkali-kali. Sisihkan uang liburan lo untuk membeli makanan ini ya bro!

3. Kain Songke

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler. Photo Credit: okezone.com 

Traveler tidak hanya bisa menemukan oleh-oleh berupa makanan saja di Labuan Bajo.  Lo juga dapat mengalokasikan dana liburan untuk membeli benda khas daerah ini, misalnya seperti kain Songke. Keistimewaan kain ini nampak pada motif detailnya yang begitu menawan dan memikat mata.

Kain Songke tentu pas dijadikan oleh-oleh usai berlibur dari Labuan Bajo. Traveler bakal dibuat takjub dengan warna-warni kain ini yang mengagumkam. Selain itu, desain kain Songke juga cukup menarik perhatian karena menyimbolkan adat penduduk lokal. Kain ini tentu bisa digunakan untuk menunjang penampilan.

Proses penciptaan kain Songke kabarnya menghabiskan waktu relatif lama. Dibutuhkan ketelitian ekstra untuk membuatnya terlihat indah dan cantik. Oleh sebab itu, kain ini biasanya dijual dengan harga lumayan mahal. Keindahan kain Songke tentu akan mengingatkan traveler serunya momen liburan di Labuan Bajo. Patut dibeli deh bro!

4. Kompiang

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler. Photo Credit: kisahkitaindonesia.blogspot.com 

Kuliner lezat satu ini biasanya dinikmati masyarakat Labuan Bajo pada waktu pagi hari. Kompiang merupakan roti yang berasal dari gandum dengan tambahan wijen. Lo bisa menemukan kuliner ini di berbagai pusat oleh-oleh milik penduduk lokal.

Makanan ini paling pas disantap bersama secangkir kopi. Traveler tentu bisa menikmati kompiang sembari memandang keindahan alam Labuan Bajo. Dengan begitu, momen liburan lo di Labuan Bajo bakal menjadi kenangan tak terlupakan. Menakjubkan sekali, bukan?

Salah satu toko yang menjual kompiang adalah Toko Roti Theresa. Di sana, pengunjung dapat memilih berbagai kompiang sesuai selera. Daerah lainnya yang bisa dikunjungi traveler untuk menemukan kompiang adalah jalan Wae Mata. Jangan lupa singgah untuk membeli kompiang ya bro!

5. Ikan Cara

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler

5 Oleh-oleh Unik Khas Labuan Bajo yang Patut Dibeli Traveler. Photo Credit: perantau16.blogspot.com 

Menu khas Labuan Bajo lainnya yang tak boleh dilewatkan traveler adalah ikan cara. Penjual biasanya menjajakan ikan ini dalam bentuk kering. Alasannya karena ikan cara sudah melewati proses pengasinan terlebih dahulu. Traveler dianjurkan tak lupa mencoba kelezatan ikan ini selama liburan di Labuan Bajo.

Ukuran ikan ini memang terbilang kecil. Meski begitu, rasanya sangatlah gurih dan nikmat. Traveler baiknya mencicipi ikan berukuran pipih ini dengan nasi dan sambal. Perpaduan ketiganya dijamin bakal membuat lo merasa ketagihan.

Traveler bisa menggunakan sejumlah cara untuk membeli ikan ini dengan harga murah. Salah satunya dengan mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) lokal. Harga ikan yang dijual di sana tentu lebih murah dari banyak tempat. Ikan cara juga pas dibawa pulang sebagai oleh-oleh usai liburan dari Labuan Bajo.

Demikian 5 jenis oleh-oleh khas Labuan Bajo yang tak boleh dilewatkan traveler. Kelima oleh-oleh di atas tentu pas diberikan kepada orang-orang terkasih usai puas berlibur. Jangan lupa menyempatkan waktu untuk membelinya ketika liburan ya bro. Selamat menikmati momen traveling lo ya bro!   `

Source: suara.com

Feature Image - astahub.com   

Trending Beginner foodventure nusa tenggara timur

13 COMMENTS

SHARE
OLEH-OLEH KHAS
Nice info
Menarik sekali
Mantapppp
Nice info
tq info ya
Nice info
penasaran ma kopinya... bisa kirim gak? dikiiiiiiit aj heheheh
Penasaran pengen nyoba ikan cara nya.
Kompiang plus kopi mantap ni