Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan!

Bali ternyata memiliki beragam pilihan museum yang patut untuk lo kunjungi karena terdapat berbagai keunikannya. Enggak percaya? Langsung simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan!

Selain menikmati keindahan alamnya, ketika lo berkunjung ke Bali lo juga bisa kok mendatangi beberapa pilihan museum yang tentunya akan memberikan baik itu informasi seputar Pulau Dewata ataupun karya-karya seni nan memukau. Bali memang merupakan kawasan wisata yang tak perlu lagi diragukan, tak heran apabila setiap tahunnya banyak dari para pelancong dari berbagai sudut dunia senang untuk datang ke sana.

 

Lo juga bisa melihat banyak koleksi-koleksi unik dan menarik dari beberapa pilihan museumnya di Bali. Bahkan lo juga bisa merasakan suasana yang sangat berbeda dan belum tentu bisa lo dapatkan di lain tempat. Entah kenapa setiap kali ke Bali pasti langsung terasa dari udara serta kebudayaan dari pulau ini kalau memang lo sedang berada di Bali. Hal tersebut pun juga sangat melekat pada pilihan museum-museum yang ada.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan museum yang ada di Pulau Bali, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi panduan agar lo tidak kebingungan ketika ingin mendapatkan pengalaman melihat aneka kolek unik yaa.

 

Pilihan Museum di Bali yang Menarik – Bali Shell Museum (Museum Kerang)

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan!

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan! Credit: travel.detik.com

 

Tak perlu dipungkiri lagi kalau Bali memang memiliki keindahan alam bawah laut yang memukau, mulai dari penyelam hingga peselancar dunia pun sudah mengakui keunggulan dari pulau ini. Tak heran apabila terdapat Bali Shell Museum bukan? Yaap, lo bisa melihat banyak pilihan kerang di dalam museum ini.

 

Museum yang beralamat di Jl. Sunset Boulevard, Kuta ini memang menyimpan banyak sekali pilihan fosil kerang berusia ratusan tahun. Yaap, bisa dibayangkan enggak sih keindahan koleksi-koleksi yang ada di dalam museum ini. Bahkan ini merupakan satu-satunya museum kerang yang ada di Indonesia.

 

Dengan luas wilayah sekitar 1.500 m2, museum ini terbagi menjadi tiga lantai. Pada lantai pertama terdpat lampu, pajangan dinding, sampai pernak-pernik yang ditata apik dari bahan dasar kerang. Pada lantai kedua, ada koleksi kerang dalam berbagai ukuran dan umur. Uniknya lagi, kerang-kerang yang ada di museum ini bukan hanya berasal dari Indonesia loh, bahkan dari seluruh dunia.

 

Fosil yang paling terkenal di dalam museum ini ialah fosil Orthoceras, sebuah kerang panjang berbentuk pipih. Umurnya diperkirakan 395 tahun! Untuk di lantai ketiga terdapat museum biota laut yang berisi fosil aneka jenis bulu babi, hiu, bintang dan lain-lain.

 

Pilihan Museum di Bali yang Menarik – Museum Puri Lukisan

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan!

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan! Credit: traverse.id/

 

Kalau lo mau melihat beberapa pilihan karya seni dari para seniman asli Bali, ini bisa menjadi museum yang tepat buat. Museum Puri Lukisan yang terletak di Jl Raya Ubud, Ubud ini dijamin akan membuat lo terkesan atas keindahan serta keunikan dari karya-karya yang ada.

 

Museum yang memiliki 3 bangunan ini memang terkenal dengan kolek karya dari seniman terkenal Bali seperti Ida Bagus Nyana, Ida Bagus Gelgel, I Gusti Nyoman Lempad, Anak Agung Gde Sobrat dan I Gusti Made Deblog. Bukan hanya lukisan saja yang bisa lo lihat di dalam museum ini, lo juga menikmati keindahan dari seni pahat loh.

 

Ketika lo masuk ke dalam kawasan museum ini, suasana Bali pun sangat kental. Ornamen-ornamen khas Bali menghiasi setiap ruangan. Lukisan para penari Bali yang cantik hingga pahatan-pahatan dewa pun bisa lo temukan di sana.

 

Belum lagi dengan alunan musik khas Bali selalu menyelimuti lo ketika berada di dalam museum ini. Museum ini juga memiliki taman hijau yang asri. Sehingga bisa dikatakan pula kalau karya-karya seniman yang menawan dibalut dengan suasana harmonis.

 

Pilihan Museum di Bali yang Menarik – Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan!

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan! Credit: akar-media.com

 

Museum yang letaknya tak jauh dari Ubud ini memang terkenal dengan koleksi topeng serta boneka tradisional dari dalam maupun luar negeri dengan keindahan pernak-perniknya. Bayangkan saja lo bisa melihat 1.200 topeng dan 4.700 boneka.

 

Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma sendiri pertama kali dibangun pada tahun 2006 serta memiliki luas wilayah sekitar 1 hektar. Tentunya lo bisa mengenal banyak mengenai kebudayaan topeng dan boneka jauh lebih dekat. Selain dari Indonesia, ribuan koleksi di dalamnya juga berasal dari Afrika, Jepang, Tiongkok, Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja dan masih banyak lagi.

 

Museum ini juga terdiri dari empat ruang pameran, lapangan terbuka, sebuah taman topis Bali dan pangguna. Bukan hanya memamerkan koleksi ribuan topeng dan boneka, museum ini juga sering digunakan untuk acara-acara bertemakan kebudayaan.

 

Pilihan Museum di Bali yang Menarik – Museum Bali Denpasar

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan!

Bukan Hanya Keindahan Alamnya Saja, Bali Juga Memiliki 4 Pilihan Museum yang Penuh dengan Kejutan! Credit: piknikman.com

 

Buat lo yang ingin mengetahui mengenai peradaban manusia khususnya di Bali, ini bisa menjadi museum yang tepat untuk lo kunjungi. Karena lo bisa mendapatkan berbagai informasi seputar hal tersebut. Museum yang dikelola oleh pemprov provinsi Bali ini memang tak kalah menariknya dengan museum lainnya di pulau ini.

 

Museum Bali di Jalan Mayor Wisnu, Denpasar, Bali ini menyguhkan beragam koleksi seni dengan nilai sejarah tinggi dari kebudayaan Bali. Museum ini pun juga sering digunakan untuk sesi foto. Sehingga jangan lupa untuk membawa kamera lo yaa dan yang terpenting selalu hormati setiap peraturannya yaa.

 

Koleksi di dalam museum ini terdiri dari koleksi etnografika seperti peralatan yang digunakan pada zaman pra sejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat, perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali dari zaman ke zaman.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar pilihan museum yang ada di Bali? Semoga lo bisa mengunjungi beberapa diantaranya yaa, karena memang pulau ini akan sangat sayang sekali apabila lo benar-benar tidak mengeksplorasinya. Semangat selalu!

 

Source: anekawisata.com

 

 

Featured Image: warjulian.com
Urban Places Beginner bali

5 COMMENTS

SHARE
Museu kerang lain dari yg lain
sipp gan
Imformasi yg bermanfaat
keren juga Bali
Nice info