5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour!

Cidera memang sebuah momok menakutkan di parkour, namun lo enggak perlu banyak khawatir. Simak saja beberapa informasinya di bawah ini agar lo bisa terhindar dari hal tersebut!

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour!

Terkadang ketika lo melakukan sebuah aktivitas ekstrem, tentunya cidera menjadi momok yang cukup menakutkan. Sama halnya dengan parkour, aktivitas ini pun memiliki resiko tinggi bagu para pemainnya untuk mengalami cidera. Namun tenang saja kalau lo tahu bagaimana cara agar mengurangi resiko tersebut, maka lo tetap bisa menjalaninya tanpa harus terlalu khawatir mengenai cidera.

 

Memang untuk mempelajari parkour sendiri bukanlah hal yang mudah serta akan memakan waktu cukup lama, tak heran hingga hari ini belum ada yang memberikan sebuah pernyataan kalau parkour sendiri merupakan aktivitas mudah. Banyak kok cara untuk lo bisa menguasai beberapa trik di dalam parkour. Bisa ototidak atau lo belajar dengan ahlinya.

 

 

Kembali membicarakan cara agar lo jauh dari cidera, di dalam artikel ini akan membahas mengenai tips-tips seputar hal tersebut. Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa, yang terpentingi ialah untuk jangan cepat menyerah ketika lo masih dalam proses penyempurnaan.

 

Tips Mengurangi Risiko Cidera dalam Parkour – Belajar dengan Ahlinya

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour!

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour! Credit: /jump.pk

 

Semakin lo mendalami aktivitas ekstrem ini tentunya ada banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi terhadap diri lo. Kalau lo melakukannya ototidak, kekurangannya ialah ada banyaknya informasi yang belum tentu bisa lo dapatkan, walaupun sudah banyak akses di dunia maya.

 

Belajar dengan ahlinya pun bisa menjadi sebuah solusi agar lo bisa mengurangi resiko cidera. Lo enggak perlu instruktur atau masuk ke dalam kursus parkour. Karena lo bisa kok mencari komunitas yang memang merupakan pecinta dari aktivitas ini.

 

Pasti di dalam komunitas tersebut terdapat orang-orang yang sudah ahli, perhatikan saja bagaimana cara mereka melakukan gerakan dasar parkour seperti vaulting, cat leap, backflip hingga gerakan atau trik yang jauh lebih susah. Keuntungan yang bisa lo dapatkan ketika belajar dengan ahlinya ialah lo bisa mengetahui beberapa teori, sehingga latihan lo enggak bakal asal-asalan.

 

Tips Mengurangi Risiko Cidera dalam Parkour – Mengukur Diri Sendiri

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour!

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour! Credit: britannica.com

 

Selain lo belajar dengan ahlinya, cara lainnya agar lo bisa mengurangi risiko cidera dalam parkour ialah lo mampu untuk mengukur batas kemampuan diri lo. Ingat setiap orang memiliki batas ukur yang berbeda-beda loh, sehingga jangan sampai lo terlalu memaksakan diri lo.

 

Pada dasarnya parkour sendiri merupakan aktivitas yang mengharuskan para pemainnya untuk melakukan gerakan melewati halangan dan rintangan. Sehingga keberanian lo untuk menaklukannya pun menjadi sebuah pertanyaan.

 

Perlu untuk digaris bawahi, kalau belajar dari ahlinya penting agar lo bisa lebih cepat untuk menguasai gerakan-gerakan, namun untuk lo maju ke level berikutnya tentunya hanya diperlukan keberanian serta kemampuan diri lo. Sehingga selalu ukur kemampuan diri, kalau lo belu siap untuk melakukan gerakan tertentu atau menaklukan rintangan tertentu, maka sangat disarankan untuk tidak melakukannya.

 

Tips Mengurangi Risiko Cidera dalam Parkour – Belajar dari Orang yang Pernah Cidera

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour!

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour! Credit: roanoke.com

 

Yaap, belajar dengan ahlinnya saja tidaklah cukup loh bro. Karena ada proses lainnya yang patut untuk lo ketahui agar bisa mengurangi risiko ini. Pada intinya lo harus mengamtai orang lain. Proses mengamati orang lain kemudian bisa lo tiru.

 

Ingat jangan hanya fokus terhadap bagaimana cara melakukan gerakan parkour saja, namun lo juga harus mengamati bagaimana cidera itu sendiri bisa dialami oleh orang yang sedang melakukan aksinya di dalam aktivitas ekstrem ini. Dengan begitu, sangat diharapkan lo tidak perlu melakukan beberapa kesalahan yang sudah dilakuakn oleh orang tersebut.

 

Tips Mengurangi Risiko Cidera dalam Parkour – Memahami Area

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour!

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour! Credit: thecourier.co.uk/

 

Cara berikutnya ini juga merupakan hal penting yang patut untuk lo ketahui ketika melakukan beberapa gerakan parkour. Karena setiap area yang akan menjadi tempat bermain lo, tentunya memiliki kesulitannya masing-masing, sehingga tak ada salahnya untuk memahami area tersebut atau melakukan riset terlebih dahulu.

 

Parkour sendiri memang merupakan aktivitas yang tidak memiliki batasan, sehingga lo bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun. Sehingga jangan pernah ngasal untuk melakukan trik di tempat yang belum lo pahami yaa, karena akan berakibat sangat fatal.

 

Seperti apa yang sudah disebutkan kalau setiap area itu memiliki rintangannya masing-masing, sehingga agar lo terhindar dari cidera, sangat disarankan untuk besabar dan memahami area yaa. Tentu dengan begitu lo bisa menghilangkan resiko tinggi tersebut.

 

Tips Mengurangi Risiko Cidera dalam Parkour – Pemanasan

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour!

5 Tips Ampuh Agar Lo Bisa Terhindar dari Cidera Ketika Sedang Parkour! Credit:/medium.com/

 

Seperti pada aktivitas ekstrem atau olahraga lainnya, tentunya pemanasan merupakan hal terpenting untuk dilakukan sebelum lo benar-benar bisa mengeluarkan trik-trik. Khususnya di parkour keseluruhan pergerakannya membutuhkan kekuatan badan, terutama kaki dan badan.

 

Sehingga sangat disarankan untuk lo melakukan pemanasan atau warming up terlebih dahulu. Tentu bermanfaat agar lo bisa terhinda dari beberapa cidera yang bisa menimpa kelak. Ada beberapa pilihan gerakan yang bisa lo lakukan ketika pemanasan.

 

Gerakan-gerakan tersebut antara lainnya ialah scout jump, lari kecil dan gerakan lainnya yang memungkinkan otot kaki dan tangan lo sudah siap untuk melakukan aktivitas ekstrem ini. Bisa terbayangkan apabila lo terkena cidera karena lupa pemanasan, tentu itu merupakan hal yang sebenarnya bisa diatasi bukan?

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tips untuk mengurangi risiko cidera dalam parkour? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo agar bisa terhindar dari cidera ketika lo melakukan parkour, memang aktivitas ini sulit untuk dilakukan. Namun ketika lo memiliki tekad serta mental yang kuat pasti lambat laun lo akan menguasainya!

 

Source: .parkourindonesia.web.id

 

 

Featured Image: .britannica.com

 

Tips Beginner Extreme

9 COMMENTS

SHARE
tq info ya
LATIHAN RUTIN DAN HATI-HATI
Perlu ketahanan pisik yg kuat
Nice info
bisanya markurin motor
harus bisa nahan ego
Perlu di perhatikan biar ga fatal
Nice info
Mantapppp