Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi!

Trail running memang jadi olahraga ekstrem yang tengah digandrungi banyak kalangan terutama para millennials, nih. Eits, buat lo yang juga akan mencoba cara berlari yang seru dan menantang ini, sila simak bahasan kali ini dulu untuk mengetahui gear apa saja yang lo perlukan!

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi!

 

Trail running sekarang ini sudah jadi gaya hidup sebagian orang yang memang suka dengan olahraga yang dekat dengan alam. Terlebih, mereka yang tinggal diperkotaan menjadikan trail running sebagai penyegaran di akhir pekan.

 

Tidak heran jika beberapa spot alam bebas yang ada di sekitaran Jakarta – jadi langganan para trail runner untuk mengasah kemampuan mereka. Sebut saja seperti kawasan Puncak, tepatnya di Gunung Mas Jawa Barat, atau Gunung Pancar di Sentul – jadi favorit mereka.

 

 

Untuk menekuni trail running – memang ada beberapa kemampuan lebih yang mesti lo kuasai selain kemampuan berlari pada umumnya. Hal ini tentu terkait dengan medan yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan olahraga lari atau jogging di perkotaan saja.

 

Salah satu kemampuan yang mesti dikuasai adalah membaca trek atau medan yang akan dilalui. Biasanya, trek yang akan dilalui akan seperti berkerikil, tanah bebatuan dan tidak heran pastinya ada tanjakan atau turunan tajam.

 

Oleh karena itu, sepatu untuk trail running didesain khusus untuk bisa melewati segala medan yang dijadikan trek untuk berlari tersebut. Nah, selain sepatu – ada beberapa gear lainnya yang mesti lo perhatikan saat ingin mencoba olahraga ekstrem yang satu ini.

 

Penasaran gear apa saja yang mesti lo perhatikan dalam persiapan untuk trail running? Tenang bro, biar trail running lo makin nyaman, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Gear Untuk Trail Running: Botol Minum dan Makanan

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi!

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi! credit: backpacker.com

Lho? Masa berlari di pegunungan atau medan ekstrem lainnya mesti membawa-bawa minuman dan makanan sih? Nah, ini yang terkadang diremehkan oleh mereka yang baru saja mencoba trail running, bro.

 

Perlu lo ketahui kalau trail running adalah olahraga yang ekstrem karena lo akan berlari menembus berbagai medan yang tidak ramah pastinya. Oleh karena itu, stamina dan daya tahan tubuh mesti diperhatikan betul.

 

Makanya, membawa botol minum yang ringan dan kira-kira cukup untuk jarak berlari lo adalah hal yang cukup penting. Air mineral atau isotonik bisa jadi pendorong yang bagus saat lo sudah mulai kehilangan cairan. Bro, jangan sampai dehidrasi saat sedang berlari.

 

Hal ini tentu akan membahayakan tubuh lo jika pada akhirnya lo lemas karena kekurangan cairan. Nah, buat soal makanan, ini bukan seperti makanan yang seperti lo bayangkan ya. Saat trail running – metabolisme tubuh tentu akan lebih cepat.

 

Oleh karena itu, tubuh mesti dapat dorongan lagi untuk menciptakan tenaga lebih. Bagaimana caranya? Asupan makanan penting bro. Tapi, makanan yang dimaksud adalah seperti snack cokelat atau makanan lainnya yang cepat memberikan kalori serta mudah diserap.

 

Gear Untuk Trail Running: Bucket Hat dan Rompi

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi!

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi! credit: gearjunkie.com

Selain baju yang mesti lo kenakan berbahan dry fit – ada beberapa gear tambahan yang mesti menempel di tubuh lo saat trail running nih. Bucket hat serta rompi adalah gear yang direkomendasikan untuk lo.

 

Bucket hat tentu akan berguna sekali untuk menahan panas sinar matahari saat lo berlari. Kemudian, rompi juga akan berguna untuk menahan angin yang akan menerpa tubuh lo selama berlari. Bro, pastikan lo menggunakan rompi atau jaket ya.

 

Berlari di alam bebas cukup riskan untuk diterpa angin yang cukup besar. Oleh karena itu, pastikan lo menggunakan rompi atau jaket ya.

 

Gear Untuk Trail Running: Kacamata Hitam

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi!

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi! credit: hiconsumption.com

Tidak jauh berbeda dengan bucket hat secara fungsi – kacamata hitam atau sunglass bisa membantu lo untuk melihat dengan lebih baik saat sinar matahari terlalu berlebihan untuk mata lo. Ditambah, karena bisa jadi medan yang lo tempuh akan berbatu dan berkerikil, kacamata hitam bisa melindungi mata lo dari terpaan debu di sepanjang trek berlari tersebut.

 

Gear Untuk Trail Running: Lampu Senter

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi!

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi! credit: gearjunkie.com

Jika jarak berlari lo cukup jauh – pastikan lo menggunakan headlamp atau senter yang bisa menempel di kepala. Hal ini tentu akan membantu lo melihat dengan mudah jika langit mulai gelap. Buat lo yang sudah pro, mungkin berlari di malam hari akan bertambah keseruannya.

 

Tapi, buat lo para pemula, sebaiknya hindari hal ini karena berlari di malam hari cukup berbahaya jika yang belum terbiasa.

 

Gear Untuk Trail Running: Peta Digital

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi!

Selain Sepatu Khusus Trail Run, Berikut 5 Gear Lainnya yang Mesti Lo Perhatikan Lagi! credit: runningmagazine.ca

Nah, terkadang gear yang satu ini terlupa dari bawaan lo saat ingin trail running. Untuk menghindari tersesat saat berlari di alam bebas, peta digital mesti lo bawa saat berlari. Terserah dalam bentuk apapun, bro.

 

Baik jadi satu dengan ponsel lo dalam bentuk aplikasi – atau mungkin lo ada peta digital dengan gawai tersendiri – yang pasti, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik peta digital tetap dibawa saat lo berlari.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Apakah sudah cukup jelas dengan deretan gear yang mesti lo bawa atau pakai saat berlari dalam mode trail running? Kalau sudah jelas, jangan lupa diterapkan jika lo akan mencoba trail running ya!

 

Source – gearjunkie.com

Feature Image – bergzeit.nl

Gear Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Informasi yang sangat bermanfat
Nice info
nice info