Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi!

Buat lo yang hobi trekking, di Bojonegoro terdapat deretan destinasi wisata keren yang cocok sama hobi eksplorasi lo nih. Eh tidak percaya? Sila simak bahasan kali ini ya!

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi!

 

Trekking adalah salah satu aktivitas outdoor yang cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan. Namun, label sederhana barusan tetap bergantung dengan medan yang akan dilalui sih. Kalau medan yang akan dilalui seperti berbagai destinasi seru yang ada di Bojonegoro ini, sepertinya trekking akan jadi aktivitas luar ruangan yang sangat menarik!

***

 

Ketahanan tubuh, stamina serta pengaturan tenaga adalah salah satu core dalam trekking. Para traveler yang suka trekking, tentunya sudah tahu bagaimana cara mengatur tenaga dan stamina agar jarak yang biasanya jauh saat trekking, bisa dilalui dengan mudah tanpa hambatan.

 

Jarak yang jauh mungkin untuk sebagian traveler tidak begitu mengganggu, tapi medan yang terjal dan tidak begitu bersahabat jelas jadi tantangan tersendiri dalam trekking. Oleh karena itu, trekking pun memerlukan beberapa keahlian khusus agar aktivitas luar ruangan tersebut semakin menarik.

 

Nah, bicara soal tantangan yang melingkupi medan yang terjal serta tidak begitu bersahabat, Kabupaten Bojonegoro mempunyai deretan destinasi yang cocok buat para trekkers yang mencari tantangan. Hal ini terkait dengan kondisi topografi kawasan Bojonegoro ini sendiri.

 

 

Perlu lo ketahui nih bro kalau kondisi topografi Bojonegoro didominasi oleh tanah berbukit yang indah. Perbukitan ini terdapat di bagian utara dan selatan. Di dua kawasan tersebut, terdapat pegunungan kapur yang mengapit daerah pertanian subur dan juga aliran Sungai Bengawan Solo.

 

Berdasarkan kondisi topografi yang seperti itu, Bojonegoro dikenal sebagai salah satu kawasan yang dianugerahi banyak destinasi wisata yang cocok sekali buat mereka yang suka trekking. Buat lo yang suka trekking, tentu penasaran seperti apa sih deretan wisata yang ada di sana.

 

Daripada makin penasaran seperti apa deretan destinasi wisata yang ada di Bojonegoro, sila simak bahasan ini sampai habis dan sila tinggalkan komentar di kolom di bawah nanti kalau lo tertarik untuk eksplorasi dan trekking di sana!

 

Hobi Trekking: Air Terjun Kedung Maor

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi!

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi! credit: nusantaranews.co

Cukup jauh dari pusat Kota Bojonegoro – kurang lebih 40 kilometer ke arah selatan dan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor, lo akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih satu jam saja. Apa sih destinasi wisata ini?

 

Buat lo yang hobi trekking, di Bojonegoro ada Air Terjun Kedung Maor yang sudah cukup populer di sana. Tenang, walau cukup dipelosok – tapi penunjuk arah untuk sampai ke sana sudah cukup jelas sehingga kalau lo trekking ke sana, tidak perlu takut nyasar, bro!

 

Tapi kalau menurut lo mesti ada langkah antisipasinya – sila siapkan saja aplikasi peta digital di dalam gawai lo kalau memang menghindari tersesat. Trek atau medan yang tanah bebatuan kerikil tentu akan jadi tantangan tersendiri buat sampai ke air terjun dengan air kolam sedalam tujuh meter itu.

 

Wah, bisa buat cliff jumping nih bro!

 

Hobi Trekking: Grojogan Pucangarum

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi!

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi! credit: guneman.co - @bhagasdani

Karena aksesnya yang begitu menantang untuk dilalui – Grojogan Pucangarum mempunyai medan yang begitu menarik untuk lo yang hobi trekking. Kontur tanah bebatuan yang menanjak dan menurun terjal tentu jadi tantangan tersendiri.

 

Tapi tidak begitu jauh kok bro. Begitu lo memarkirkan kendaraan, dari tempat parkir – kurang lebih sejauh empat kilometer lo mesti berjalan. Memasuki kawasan hutan, tenang lo tidak akan tersasar karena penunjuk arah di sana cukup jelas!

 

Hobi Trekking: Teksas Wonocolo

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi!

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi! credit: wisatabojonegoro.com

Menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang cukup menarik buat para millennial – ketika lo berada di sana, lo akan jadi tahu bagaimana proses pengeboran minyak secara tradisional, lho. Tapi, usut punya usut, ternyata sumur minyak tersebut sudah tidak aktif karena sudah berumur 250 tahun!

 

Kontur destinasi wisata yang satu ini didominasi oleh perbukitan sehingga buat lo yang suka trekking, tentu medan trek seperti ini jadi kesukaan!

 

Hobi Trekking: Sendang Grogolan

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi!

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi! credit: jurnaba.co

Berlokasi di Desa Ngunut Kecamatan Dander – Sendang Grogolan adalah destinasi berikutnya yang bisa lo tempuh dengan trekking. Apa yang menarik dari destinasi ini? Sendang Grogolan adalah aliran air yang jernih langsung dari sumber mata air alami.

 

Lokasinya yang seperti di tengah hutan, tentu membutuhkan trekking untuk bisa sampai di sana. Tempatnya teduh dan asri – jadi jangan kaget kalau lo sudah sampai di sana lalu jadi betah dan tidak mau pulang ya!

 

Hobi Trekking: Watu Gandul

Kalau destinasi yang satu ini berlokasi di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang. Watu Gandul adalah destinasi yang dimaksud. Apa sih Watu Gandul itu? Watu gandul adalah deretan batu andesit berukuran raksasa yang entah bagaimana tertata rapi dan artsy.

 

Nah, sayangnya akses untuk sampai ke sana cukup ekstrem. Tapi, justru itu yang membuat Watu Gandul cocok sekali buat para pehobi trekking! Selain yang suka trekking, buat yang suka offroad dengan motor trail, juga cocok mencoba keahliannya di sini nih!

 

Hobi Trekking: Bukit Tono

Pengin punya foto dengan tema alam bebas yang begitu fotogenik? Tenang, di Bukit Tono Bojonegoro, keinginan lo itu akan terwujud. Destinasi wisata yang mengedepankan fasilitas yang unik seperti instalasi foto yang fotogenik, Bukit Tono terus berbenah agar makin banyak menarik banyak traveler, khususnya para millennials!

 

Hobi Trekking: Air Terjun Kedung Gupit

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi!

Hobi Trekking? 7 Destinasi di Bojonegoro Ini Cocok Buat Lo yang Senang Eksplorasi! credit: reresepan.com

Bersembunyi dibalik bukit yang berada di antara Desa Krondonan dan Desa Gayam – kurang lebih 50 kilometer dari pusat Kota Bojonegoro – trekking ke air terjun yang satu ini cukup menantang lho bro. dimulai dari Desa Krondonan, kurang lebih hanya satu kilometer saja, lo sudah bisa sampai di sana.

 

Eits, walau sepertinya singkat saja hanya satu kilometer, tapi medannya tidak bisa dianggap remeh juga, lho. Tanjakan serta turunan di sana juga cukup menantang!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari tujuh kawasan destinasi wisata yang ada di Bojonegoro ini, cukup menarik dan menantang buat lo yang hobi trekking, kan? Coba pilih dari tujuh tersebut untuk lo datangi nih bro!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – partner.booking.com

Wilderness Beginner jungle trekking solo traveling solo backpacker

7 COMMENTS

SHARE
Wow keren habiw Bojonegoro ii gaes karenanya dikelikingi bukit kapurnya
Sangat menantang
Nggak bakal bosen untk trakking d bojonegoro
bojonegoro keren sekali
Nice info
Nice info
Mantap bro daerah ini dan tidak jauh dr rumah