4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong

Kebiasaan minum kopi warga Belitung melatarbelakangi lahirnya beragam warung kopi di daerah ini. Lo tentu bisa menyambangi warung-warung kopi tersebut untuk melepas penat pada masa liburan. Selain terkenal enak, warung kopi di Belitung juga menjajakan aneka menu dengan harga murah. Apa sajakah itu? Cek jawabannya di bawah ya bro!

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong

Kebanyakan orang mungkin mengenal Belitung sebagai daerah wisata dengan keindahan alam memesona. Di samping itu, daerah ini sebenarnya juga menyimpan kekayaan kuliner yang melimpah. Salah satu minuman yang diminati masyarakat Belitung adalah kopi. Ada yang meminumnya sebelum memulai aktivitas di pagi hari, ada pula yang menikmatinya ketika sedang santai.

Kebiasaan minum kopi warga setempat melatarbelakangi lahirnya beragam warung kopi di Belitung. Lo tentu bisa mengunjungi warung kopi tersebut untuk nongkrong bersama teman ketika liburan. Selain terkenal enak, warung kopi di Belitung juga menjajakan aneka menu dengan harga murah.

Apa saja warung kopi yang tak boleh dilewatkan traveler di Belitung? Berikut adalah empat di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Warung Kopi Atet

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong. Photo Credit: tribunnews.com

Warung kopi pertama yang bisa lo jumpai di Belitung adalah Warung Kopi Atet. Lokasinya terletak di Jalan Sudirman, area Lipat Kajang, Manggar. Di warung ini, lo bisa menikmati kopi khas daerah Manggar yang terkenal memiliki kafein tinggi serta rasa kuat. Kopi varian Robusta ini menghadirkan cita rasa unik sehingga acap kali membuat wisatawan ketagihan.

Sumber kenikmatan kopi ini berasal dari tingkat keasamannya yang terbilang rendah. Meski sudah ditambah susu kental manis atau gula, rasa kopi ini tidak akan menjadi terlalu beda dari aslinya. Warung Kopi Atet kabarnya masih menggunakan desain bangunan lama dengan sedikit perubahan. Bangunan warung ini dikatakan sudah berdiri sejak tahun 1949. Wow!

Proses penyajian kopi di Warung Kopi Atet melibatkan teko tinggi yang bagian atasnya ditambah kain saringan. Teknik seperti ini kabarnya juga digunakan di kedai-kedai Hainan. Lo bisa mengunjungi warung kopi ini dari pukul 08.00 WB hingga 03.00 WIB. Jangan lupa mencicip kenikmatan kopi khas Manggar di sini ya bro!

2. Warung Kopi Ake

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong. Photo Credit: yopiefranz.com 

Lo bisa mengunjungi warung kopi legendaris ini di Kawasan Kafe Senang, Tanjung Pandan. Warung Kopi Ake menyuguhkan nuansa klasik kepada para pengunjung. Hal tersebut nampak dari desain bangunannya yang terkesan sederhana dan lawas serta keberadaan foto-foto lama yang dipasang di area dalam.

Pengelola Warung Kopi Ake juga menyiapkan fasilitas kursi dan meja kayu sederhana untuk para pembeli. Proses pengolahan kopi di sini masih melibatkan alat sederhana, salah satu contohnya seperti teko tembaga antik. Banyak orang terpincut dengan rasa kopinya begitu khas karena dimasak menggunakan kompor arang. Mantap banget deh!

Menu yang bisa lo pesan di sini di antaranya adalah kopi susu, kopi hitam, teh telur, teh tarik, dan lain-lain. Warung Kopi Ake kabarnya sudah diurus oleh tiga generasi sejak tahun 1922. Lo bisa melakukan pemesanan di warung ini mulai dari pukul 05.30 WIB hingga 18.30 WIB. Silakan jajal dan nilai sendiri kopi di sini deh bro!

3. Warung Kopi Janggut

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong. Photo Credit: stewardjohn.com

Salah satu daya tarik Warung Kopi Janggut terletak pada kehadiran acara pertunjukkan musik yang bisa disaksikan pengunjung secara langsung. Mereka yang tampil pada pertunjukkan musik tersebut adalah seniman atau musisi lokal. Minum kopi di sini tentu akan menjadi pengalaman berkesan karena pengunjung ditemani alunan musik lokal yang begitu unik dan enak.

Warung Kopi Janggut bisa lo temukan di Pasar Berehun, Tanjung Pandan. Setibanya di sini, traveler akan disuguhi beragam hal menarik, mulai dari kopi bercita rasa enak, nyanyian merdu, serta pembacaan puisi yang indah. Perpaduan tiga hal tersebut tentu akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di sini.

Tempat ini kabarnya sudah didirikan sejak tahun 1970.  Cukup lama, bukan? Jam operasional Warung Kopi Janggut berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga 24.00 WIB. Warung kopi ini tentu tak boleh dilewatkan wisatawan pencinta kopi yang tengah melancong ke Belitung. Wajib dicoba deh!

4. Warung Kopi Kong Djie

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong

4 Pilihan Warung Kopi Menarik di Belitung, Cocok Jadi Tempat Nongkrong. Photo Credit: ohelterskelter.com

Berdiri sejak tahun 1953, nama warung kopi ini sangat terkenal di daerah Belitung. Warung Kopi Kong Djie menjajakan beragam jenis kopi hitam yang dipadukan dengan susu kental manis. Pengunjung tempat ini bisa memesan kopi dalam keadaan dingin maupun panas.

Salah satu ciri khas kopi di warung ini adalah rasanya yang begitu kuat. Hal tersebut dipengaruhi oleh bahan pembuatannya yang melibatkan kandungan biji Robusta sebanyak 70 persen serta Arabica sebesar 30 persen. Saat ini, Warung Kopi Kong Djie dikabarkan sudah mempunyai beberapa cabang yang berlokasi di luar Belitung. Mantap sekali, ‘kan?

Di warung ini, lo berkesempatan menjajal perpaduan apik antara kopi dan susu yang begitu nikmat. Menu lainnya yang disajikan warung ini adalah kue ketan, pisang goreng, dan jadah. Lokasi Warung Kopi Kong Djie berada di Jalan Serma Abdullah, Tanjung Pandan. Lo bisa bersantai sembari menyeruput kopi di warung ini mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sempatkan waktu untuk mampir ya bro!

Demikian 4 warung kopi menarik yang bisa lo kunjungi di daerah Belitung. Semoga informasi di atas bermanfaat khususnya bagi traveler yang hobi berwisata kuliner saat liburan. Momen liburan lo di Belitung akan terasa komplit usai mengunjungi keempat warung kopi ini. Selamat menjajal kelezatan kopi dari warung-warung di atas ya bro!

Source: tabloidbintang.com

Feature Image -

Wilderness Beginner

7 COMMENTS

SHARE
Nice info
Nice informasi
Ternyata Warkop dari dulu memang ada bro.
coffe everywhere
Nice Info
mantap nih referensinya
Mantap ngopi ngopi