Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan!

Vihara Seribu Wajah menjadi bukti keberagaman budaya di Indonesia, terletak di Pulau Bintan lo bisa menemukan beragam keunikan di sana!

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan!

Ternyata ketika lo berkunjung ke Bintan bukan hanya bentangan pantai ini eksotis beserta dengan resor mewahnya saja, karena pulau yang masuk ke dalam kawasan Kepulauan Riau ini juga memiliki beberapa pilihan destinasi wisata nan menarik loh, salah satunya ialah Vihara Patung Seribu Wajah.

 

Bisa dikatakan juga kalau Pulau Bintan merupakan pintu gerbang kedua selain Batam bagi siapapun yang ingin masuk ke Indonesia dari Selat Singapura. Tak hean apabila lo berkunjung ke Bintan akan menemukan banyak wisatawan atau pelancong dari Singapura atau Malaysia.

 

 

Seperti apa yang sudah dikatakan di atas kalau Pulau Bintan bukan hanya terdapat kawasan wisata alamnya, karena lo bisa memuaskan hasrat lo untuk berwisata religi juga loh. Bahkan beberapa pilihan destinasinya pun sangatlah indah bahkan bisa memberikan sebuah penglaman yang sulit untuk lo lupakan.

 

Pulau Bintan ternyata juga menjadi salah satu pusat peribadatan Buddha di kawasan Asia Tenggara loh, tak heran apabila terdapat Vihara Patung Seribu Wajah di sana. Nah, buat lo yang ingin traveling namun masih bingung destinasinya mau ke mana, ini bisa menjadi salah satu pilihan lo loh.

 

Daya Tarik dari Vihara Seribu Wajah – Deretan Karakter Manusia

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan!

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan! Credit: backpackerjakarta.com

 

Berkunjung ke Pulau Bintan, memang Vihara Seribu Wajah menjadi salah tempat yang wajib untuk lo kunjungi, karena di sana tedapat sebuah bangunan megah dengan arsitektur unik beserta dengan patungnya yang memang menjadi daya tarik utamanya.

 

Yaap, betul di kawasan vihara ini lo bisa melihat semua karakter manusia melalui deretan patung yang berbaris. Watak baik dan buruknya manusia dapat tercermin dari air muka dan gestur yang memang diukir di wajah patung.

 

Contoh-contoh karakter manusia yang bisa lo lihat ketika berkunjung ke vihara ini antara lain ialah kejujuran, kebaikan, sifat jenaka, hingga sifat butuk sekalipun tidak terlepas dari sosok manusia. Bisa digaris bawahi juga kalau lo benar-benar mampu mengintropeksi diri lo ketika berkunjung ke sana.

 

Daya Tarik dari Vihara Seribu Wajah – Bernama Asli Ksitigarbha Bodhisattva

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan!

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan! Credit: backpackerjakarta.com

 

Vihara Seribu Wajah sendiri ternyata hanya nama sebutan untuk vihara ini, karena memang nama aslinya sendiri sedikit sudah untuk diucapkan. Ksitigarbha Bodhisattva merupakan nama asli dari tempat suci ini.

 

Namun karena memang terdapat beragam pilihan patung di dalamnya, tak heran apabila nama Vihara Seribu Wajah pun muncul. Sebenarnya tidak terdapat benar-benar 1.000 patung di dalamnya, karena hanya terdapat sekitar 500-an patung.

 

Hingga hari ini, Vihara Seribu Wajah sendiri menjelma menjadi ikon wisata di Tanjung Pinang, Bintan. Tak heran apabila banyak dari wisatawan ataupun pelancong yang ingin untuk melihat secara langsung keindahan serta daya tarik dari destinasi wisata nan indah ini.

 

Daya Tarik dari Vihara Seribu Wajah – Berjarak 13 km dari Kota Tanjung Pinang

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan!

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan! Credit: travelingyuk.com

 

Vihara ini selain memiliki daya tarik yang unik, ternyata letaknya juga tak begitu jauh dari pusat kota, lebih tepatnya sekitar 13 km dari Kota Tanjung Pinang. Perlu diketahui juga kalau pada awal mulanya vihara ini hanya menjadi tempat beribadah umat Buddha.

 

Nah, akhir-akhir ini kawasan ini pun dijadikan tempat untuk para wisatawan bisa melihat keindahannya. Vihara Patung Seribu Wajah dibangun di atas bukit tandus di Jl. Asia Afrika. Vihara ini memiliki lahan cukup luas serta memiliki gaya arsitektur Tiongkok.

 

Gaya arsitekturnya sendiri pun menjadi nilai lebih dari vihara ini, apalagi dengan tambahan patung-patung yang berjejer di sana. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan atau pelancong memiliki tekad kuat untuk melihat keindahannya secara langsung.

 

Daya Tarik dari Vihara Seribu Wajah – Arsitektur Bergaya Tiongkok

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan!

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan! Credit: piknikdong.com

 

Vihara Seribu Wajah sendiri memang memiliki arsitektur yang sangat menarik dan bergaya Tiongkok. Di bagian depan, para pengunjung disambut sebuah gapura cukup tinggi dan patung Buddha setinggi kurang lebih 5 meter.

 

Lalu ketika lo ingin masuk ke bagian vihara, lo harus melalui lorong yang langsung berhadapan dengan sederetan patung para biksu dalam berbagai rupa dan watak. Kalau diperhatikan dengan seksama, rupa dari patung-patung tersebut seolah memiliki cerita tersendiri loh.

 

Patung-patungnya pun memilki ekspresi air muka bahagia, sedih, marah hingga rupa yang jenaka. Konon katanya, patung-patung tersebut ialah patung para biksu dan ada beberapa yang menyebutkan kalau patung tersebut merupakan orang suci atau arahat yang benar-benar hidup di zaman dahulu.

 

Daya Tarik dari Vihara Seribu Wajah – Material Utama Berasal dari Tiongkok

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan!

Menelusuri Indahnya Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan yang Menakjubkan! Credit: twitter.com

 

Selain memiliki gaya arsitektur Tiongkok, ternyata vihara ini juga menggunakan material utama yang berasal dari Tiongkok juga loh. Tak heran apabila lo bisa melihat budaya negeri di mana panda hidup ini sangat kental di Vihara Seribu Wajah.

 

Sebagian besar batu-batu yang menjadi material utamanya memang langsung didatangkan dari Tiongkok, khususnya patung seribu wajah yang seolah mengajak berkomunikasi para pengunjung. Selain itu patung-patungnya juga merupakan hasil tangan seniman asal Tiongkok.

 

Megah serta mirip dengan vihara Shaolin menjadi penggambaran yang tepat untuk vihara satu ini belum lagi dengan tekstur patungnya yang berkelas. Sehingga lo tak perlu lagi ragu untuk mengujungi tempat wisata ini sebagai destinasi traveling lo berikutnya.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Vihara Seribu Wajah di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan ataupun acuan lo. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi beragam keindahan di Indonesia, karena memang negara ini memang kaya serta indah!

 

Source: kumparan.com

 

 

Featured Image: foati.com
Urban Places Beginner solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Vihara Seribu Wajah KEREN BANGET
Mantep Gan....
Keren Patung nya
Nice Infonya
sangar lur
Nice info
gaskesana
keren banget asli
tq info ya
informasi seputar Vihara Seribu Wajah yg sangat lengkap