6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

Menara ini termasuk salah satu destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan di Lampung. Apa saja hal-hal unik seputar Menara Siger yang layak diketahui traveler? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro! 

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

Pemandangan laut cantik bisa dilihat traveler yang menempuh perjalanan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni. Sesaat sebelum kapal tiba di pelabuhan tujuan, lo bisa mengamati Menara Siger yang menjadi ikon pariwisata khas Provinsi Lampung. Kemunculan menara ini menjadi penanda bahwa traveler bakal sampai ke Pulau Sumatera dalam waktu dekat. 

Menara ini termasuk salah satu destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan di Lampung. Apa saja hal-hal unik seputar Menara Siger yang layak diketahui traveler? Benarkah menara berwarna kuning merah ini memiliki banyak keistimewaan? Berikut adalah 5 fakta unik seputar Menara Siger. Silakan disimak ya bro!

1. Dirancang Khusus dari Bahan Anti Gempa

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung. Photo Credit: wawai.id

Orang yang memprakarsai pembangunan Menara Siger adalah Gubernur Lampung Sjachroedin ZP. Beliau tidak membangun menara ini sendirian. Untuk mencapai hasil maksimal, proses pembuatan Menara Siger juga melibatkan ide cemerlang dari arsitek Ir Anshori Djausal MT.

Menara ini kabarnya dibuat dengan teknik pembangunan sistem ferrocement. Hal tersebut dimaksudkan agar Menara Siger tetap kokoh di segala macam kondisi ekstrem. Contohnya seperti saat terkena terpaan angin kencang atau guncangan gempa.

Selain itu, bagian Mahkota Siger kabarnya dikembangkan dengan bahan khusus. Tujuannya tidak lain untuk meminimalisir beban yang ditahan. Jadi area mahkota tidak dibangun dengan bahan semen curah cor, melainkan jaringan kawat mirip jaring laba-laba. Harapannya agar bagian ini tetap kuat sebagai struktur bangunan.

2. Bangunan yang Menyimpan Banyak Makna

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung. Photo Credit: renamurtiviananew.blogspot.com

Bentuk bangunan ini memang sengaja didesain menyerupai mahkota adat pengantin wanita di Lampung bernama siger. Di daerah Sumatera Barat, mahkota tersebut memiliki sebutan suntiang. Menara Siger juga kerap mencuri perhatian pengunjung lewat warna kuning dan merahnya yang begitu dominan.

Tanduk atau pucuk kecil yang dimiliki mahkota siger adalah tujuh buah. Berdasarkan cerita yang diyakini masyarakat Lampung, jumlah tanduk tersebut merujuk pada jumlah gunung yang menjadi tempat kelahiran para leluhur. Warga setempat percaya bahwa tempat tersebut menjadi lokasi kemunculan beberapa kelompok masyarakat.

Sejumlah pihak juga meyakini kemunculan mahkota siger berkaitan dengan Balaputra Dewa. Ia dipercaya merancang miniatur Borobudur berupa siger untuk istrinya yang juga merupakan putri Samaratungga, yakni Pramodya Wardhani. Kisah yang unik ya?

3. Tinggi Bangunan Mencapai 32 Meter

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung. Photo Credit: monitor.co.id

Keunikan Menara Siger juga terletak pada ukuran dan lokasinya yang relatif tingi. Bangunan setinggi 31 meter ini diketahui berdiri di atas Bukit Gamping. Nah, tinggi bukit tersebut kabarnya mencapai 110 meter di atas permukaan laut. Wih, tinggi juga ya?

Ukuran bangunannya yang cukup tinggi serta lokasinya yang bertempat di daerah tinggi membuat Menara Siger mudah dilihat dari tempat jauh. Traveler bahkan bisa mengamati menara ini secara jelas dari Pelabuhan Bakauheni. Mantap banget, ‘kan? Segera atur waktu liburan ke sini deh!

4. Spot Wisata Terdekat dari Lampung

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung. Photo Credit: Jaka Thariq

Menara ini pas dikunjungi  traveler yang mempunyai waktu liburan singkat. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang tidak begitu jauh dari Pelabuhan Bakauheni. Saat mendatangi tempat ini, lo tentu bisa memaksimalkan waktu liburan secara puas tanpa beban. Asyik sekali, bukan?

Ada banyak cara untuk bisa sampai ke Menara Siger, mulai dari berjalan kaki hingga naik ojek. Durasi perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni ke Menara Siger biasanya memakan waktu setengah jam dengan berjalan kaki. Dekat sekali, bukan? Oleh sebab itu, jangan lupa luangkan waktu ke Menara Siger ya bro!

5. Sajikan Pemandangan Indah

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung. Photo Credit: panoramio.com

Sudah bukan rahasia lagi jika menara ini menyajikan pemandangan elok yang sangat memikat mata. Di Menara Siger, traveler bisa mengamati gugusan kepulauan serta kapal-kapal secara puas. Hal ini tentu bakal membuat lo merasa betah berlama-lama di sana.

Sembari menikmati pemandangan indah, wisatawan juga akan dibuai segarnya angin sepoi-sepoi. Penat dan suntuk lo bakal hilang secara perlahan usai terkena hembusan angin segar di Menara Siger. Suasasanya sangat mendukung untuk menenangkan pikiran. Silakan coba sendiri ya bro!

6. Kehadiran Tugu Nol Kilometer

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung

6 Fakta Unik Seputar Menara Siger, Simbol Pariwisata Lampung. Photo Credit: kompas.com

Hal menarik lainnya yang bakal dijumpai traveler di Menara Siger adalah tugu nol kilometer Sumatera. Lo dapat menemukan bangunan ini usai menuruni tangga Menara Siger. Tugu nol kilometer Sumatera tentu bisa menjadi objek foto menarik bagi wisatawan penggemar fotografi.

Saat mengunjungi tugu nol kilometer Sumatera, traveler bisa menggali beragam informasi menarik tentang jarak. Salah satunya seperti jarak perjalanan dari Bakauheni ke Banda Aceh yang mencapai 2.652 kilometer. Mengunjungi tugu ini tentu akan membuat petualangan lo di Lampung terasa kian komplit. Jangan lupa mengabadikan keindahan menara ini dengan kamera DLSR atau ponsel ya bro!

Demikian 6 fakta unik seputar Menara Siger di Lampung. Semoga informasi di atas menambah wawasan serta membuat lo tertarik untuk mendatangi tempat ini secara langsung. Hari-hari liburan lo di Lampung tentu bakal menjadi lebih berwarna usai mendatangi menara ini. Selamat liburan ya bro!

Source: kompas.com

Feature Image - abdullahhatta.wordpress.com

Wilderness Beginner sumatera solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
baru tau saya
Nice info
otw lampung
beneran unik ya
Mantap info bagus
Nice informasi gaes
Arsitek Bangunannya keren.
tq info ya
mantap.....
Great post.