5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis

Apa saja bukit menawan yang bisa dijumpai wisatawan di daerah Sumba? Lalu, apa saja keistimewaan bukit-bukit tersebut? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis

Salah satu daerah di Indonesia yang menyuguhkan pemandangan alam cantik nan asri adalah Sumba. Wilayah asal Nusa Tenggara Timur ini menyimpan banyak destinasi wisata bukit yang mengagumkan. Berkat hal tersebut, Sumba dijuluki sebagai “Negeri Seribu Bukit”.

Apa saja bukit menawan yang bisa dijumpai wisatawan di daerah Sumba? Lalu, apa saja keistimewaan bukit-bukit ini? Berikut adalah 5 bukit cantik yang bisa lo jumpai di Sumba. Silakan disimak ya bro!

1. Bukit Tenau

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis. Photo Credit: travelawesomesite.wordpress.com

Traveler dapat menemukan bukit ini tidak jauh dari kota Wangaipu. Bukit Tenau menyajikan panorama asri berupa hamparan bukit luas berwarna hijau. Keistimewaan bukit juga terletak pada suasananya yang tenang serta udaranya yang sejuk. Hal ini tentu akan memudahkan para pengunjung untuk rileks.

Meski lokasi Bukit Tenau cukup dekat dari pusat kota, tempat ini tak bisa dicapai dengan mudah. Wisatawan hanya bisa mengunjungi bukit ini dengan menaiki kendaraan sepeda motor. Durasi perjalanan dari kota Wangaipu ke Bukit Tenau biasanya memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Hingga kini, belum ada fasilitas angkutan umum yang bisa digunakan wisatawan untuk sampai ke Bukit Tenau.  Tantangan lainnya yang bakal lo hadapi saat menyambangi bukit ini adalah minimnya petunjuk arah dan lokasi. Untuk itu, lo disarankan tak sungkan bertanya kepada warga lokal agar tidak tersasar. Oke, bro?

2. Bukit Persaudaraan Mauliru

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis. Photo Credit: instagram.com/anggahendradjaya

Panorama indah nan eksotis juga bisa dinikmati traveler di Bukit Persaudaraan. Keeelokan bukit ini kabarnya sudah terkenal ke seantero Sumba. Banyak orang terkagum-kagum dengan pemandangannya yang asri dan khas. Traveler berjiwa petualang wajib ke sini deh!

Setibanya di atas Bukit Persaudaraan, mata traveler akan disuguhi pemandangan desa-desa yang menakjubkan. Lo juga bisa menikmati eloknya hamparan sawah yang sulit dijumpai di daerah perkotaan. Pikiran tentu akan menjadi plong usai mengamati pemandangan cantik ini.

Pesona Bukit Persaudaraan tidak berhenti sampai di situ. Tempat ini juga menyajikan pemandangan sawah berwarna hijau yang tetap terlihat cantik di musim kemarau. Kondisi seperti ini tentu takkan lo jumpai ketika menyambangi area bukit sabana. Jadi, sempatkan waktu berkunjung ke Bukit Persaudaraan ya bro!

3. Bukit Wairinding

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis. Photo Credit: instagram.com/dwiriyantoo

Jika tertarik melihat panorama bukit berjajar yang indah serta sabana luas, Bukit Wairinding adalah tempat yang wajib lo tuju. Traveler dapat menjumpai bukit ini di Desa Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur. Bukit Warinding direkomendasikan buat lo yang ingin melupakan sejenak suasana kota.

Keistimewaan Bukit Wairinding juga terletak pada warna sabananya yang dapat berubah tergantung kondisi musim. Jadi, pada musim hujan, lo akan mendapati sabana ini ditumbuhi rerumputan hijau. Sementara itu, sabana ini akan menghadirkan warna kuning-coklat pada musim kemarau. Unik banget ‘kan, bro?

Bukit Wairinding juga dianggap sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat pemandangan sunset. Di sini, lo bisa puas menyelami keindahan senja dengan latar panorama bukit yang ciamik. Pemandangan eksotis ini tentu bakal mengurangi stres lo dalam sekejap.

4. Bukit Tanarara

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis. Photo Credit: instagram.com/iamsant 

Kawasan bukit ini juga menghadirkan pemandangan tak kalah indah dengan tempat lainnya di Sumba. Jika dilihat dari sisi horizontal, Bukit Tanarara mungkin tidak terlihat berbeda dengan bukit-bukit pada umumnya. Perbedaannya baru terlihat pada tekstur bukitnya yang bercorak garis-garis.

Berkat keunikan garis tersebut, Bukit Tanarara sering disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon. Asal-usul garis ini kabarnya bermula dari sebuah karang. Warnanya dapat berubah tergantung keadaan musim, lho. Mantap sekali, bukan?

Traveler bisa menemukan Bukit Tanarara di Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, Sumba. Lokasi bukit ini berjarak kurang lebih sekitar 68 kilometer dari kota Waingapu. Jika hendak menyambangi bukit ini, lo diharuskan berjalan kaki dari kawasan parkir terlebih dahulu.

5. Bukit Mondu

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis

5 Bukit Menawan di Sumba yang Tawarkan Pemandangan Eksotis. Photo Credit: instagram.com/felgra_photography

Sajian alam yang disuguhkan bukit ini juga sangat memanjakan mata. Lo bisa menjumpai Bukit Mondu di kawasan Sumba Timur. Keindahan bukit ini tentu tak boleh dilewatkan traveler pencinta alam.

Sesampainya di atas bukit, traveler akan disambut pemandangan hamparan sabana elok. Lo juga bisa mengamati panorama desa dari atas ketinggian secara puas. Udara sekitar bukit yang begitu segar dijamin akan membebaskan lo dari penat deh.

Demikian 5 bukit di Sumba yang menyuguhkan panorama eksotis. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang berencana ke daerah ini dalam waktu dekat. Keindahan alam bukit-bukit ini tentu akan membuat pikiran dan mata lo menjadi segar. Jangan lupa bekali perjalanan dengan peralatan liburan yang lengkap ya!

Source: tribunnews.com

Feature Image -  makanterusss.com

Wilderness Beginner nusa tenggara timur solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
nice info gan
dephy
hanya sumba yang punya tempat seelok ini
Ricko Pratama Putra
Keren Nic Info
Hari Tristiyanto
keren bgt view nya
Resatya Oktafitullah SAV
Sumba tiada lawan
Agus Sungkawa
Pandangan alam yg benar2 memukau
ditra nugraha
eksotis banget gan
Wafiroel N
Sedap dipandang mata
Panjul nikilos
Emang cocok untuk sebutan seribu bukit, karena berbagai macam jenis bukitnya
Sandi L
Nice infi