6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

Minuman tradisional asal Indonesia ternyata memilki rasa nikmat serta sangat menyegarkan loh. Penasaran mengenai pilihan-pilihannya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

Indonesia memang kaya akan budaya serta keindahan alamnya. Namun tak berhenti sampai di situ saja, karena bila membicarakan mengenai kuliner, Indonesia juga memiliki beragam pilihannya. Termasuk minuman tradisional, bayangkan saja setiap daerah memiliki cita rasanya tersendiri. Enggak heran apabila lo bisa mencicipi beragam pilihannya ketika lo menghampiri beberapa daerah.

 

Bukan tanpa alasan kuat terdapatnya beragam pilihan minuman tradisional tersebut, karena memang negara ini terdiri dari berbagai kebudayaan, etnis dan suku sebagai latar belakangnya. Bahkan dari beberapa minuman tradisionalnya terdapat sebuah kesegaran ataupun manfaat buat lo loh.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai beberapa pilihan minuman tradisional Indonesia serta asalnya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Tentu bisa menjadi acuan agar ketika lo berkunjung ke sebuah daerah mendapatkan ide untuk mencicipi pilihan minumannya.

 

Macam-Macam Minuman Tradisional Indonesia – Bajigur

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat! Credit: jajananpasarnusantara.blogspot.com

 

Bajigur pun menjadi minuman tradisional Indonesia yang pertama kali muncul di benak banyak orang apabila ingin menikmati minuman di tengah dinginnya cuaca malam. Karena memang minuman ini memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh.

 

Bajigur sendiri merupakan minuman yang berbahan dasar gula aren dan santan, biasanya juga ditemukan beberapa bajigur dengan tambahan sedikit bumbu vanili, jahe dan garam. Tentunya untuk menambahkan cita rasa di dalam minuman ini.

 

Minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini biasanya dikonsumsi bersamaan dengan ubi rebung, kacang rebus dan klepon. Ternyata selain menghangatkan tubuh, bajigur juga memiliki khasiat lainnya loh, yaitu mampu meredakan sakit perut dan demam. Sehingga ketika lo sedang berkunjung ke kawasan Jawa Barat, jangan lupa untuk mencicipi minuman satu ini yaa.

 

Macam-Macam Minuman Tradisional Indonesia – Es Cendol

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat! Credit: .kompasiana.com

 

Siapa yang bisa menolak minuman tradisional satu ini? Rasa manis serta terdapat tepung beras di dalamnya pun menjadi daya tarik utamanya. Minuman yang juga berasal dari Jawa Barat ini tepatnya dari Banjarnegara memang sudah menjadi minuman favorit bagi kebanyakan orang Indonesia.

 

Bahkan minuman satu ini sudah bisa lo temukan di mana-mana. Bahkan di Asia Tenggara sendiri cendol memiliki nama dan versi yang berbeda, contohnya di Singapura bernama ‘Lortchrorng’. Es cendol sendiri merupakan es yang dibuat dari tepung beras, es yang diparut, gula merah cair dan santan.

 

Tentunya menjadi pilihan minuman tradisional yang mampu menghilangkan dahaga ketika terik panas datang. Percaya atau tidak, es cendol pernah dipopulerkan lewat lagu “Dawet Ayu Banjarnegara” ciptaan seniman asal Banjarnegara, Bono. Semenjak lagu tersebut, es cendol pun laris di mana-mana.

 

Macam-Macam Minuman Tradisional Indonesia -  Bir Pletok

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat! Credit: resepgulaku.com/

 

Jangan salah sangka terlebih dahulu, bir pletok bukan berarti minuman alkohol yaa. Melainkan sebuah minuman menyegarkan dan manis yang berasal dari kebudayaan Betawi ini tidak memabukkan kok. Karena memang bahan dasarnya berasal dari rempah-rempah.

 

Bir pletok sendiri lahirr saat Indonesia masih di zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, orang-orang Belanda gemar minum-minum sehabis kerja, Tujuannya untuk menghangatkan badan. Oleh karena itu, masyarakat sekitar pun mengadaptasi kebiasaan tersebut. Maka terciptalah minuman ini.

 

Minuman yang berbahan dasar kayu secang, jahe, cabe jawa, pala, cengkeh, kapulaga, daun pandan, sereh, daun jeruk, kayu manis, gula dan lada ini memang memiliki rasa manis. Dari semua bahan tersebut direbus, kemudian disaring. Bir pletok sendiri bisa disajikan dengan es batu atau dalam keadaan hangat.

 

Macam-Macam Minuman Tradisional Indonesia – Wedang Ronde

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat! Credit: jogja.idntimes.com

 

Minuman ini pun sangat terkenal untuk menghangatkan badan, apalagi ketika hujan datang. Wedang ronde sangat populer di Pulau Jawa dan biasanya dijual dengan gerobak. Namun percaya atau tidak, sebenarnya minuman tradisional satu ini awalnya berasal dari Tiongkok, yaitu Tangyuan.

 

Tangyuan yang populer sejak Dinasti Sung ini, memang sudah ada di Indonesia sejak dahulu kala. Seiring waktu pengaruh kebudayaan tersebut meluaslah minuman ini hingga ke negara ini. Bisa dikatakan juga kalau wedang ronde sendiri merupakan modifikasi dari tangyuan.

 

Minuman yang lengkap dengan rempah-rempahnya ini memang paling mudah ditemukan di Pulau Jawa dan sudah menjadi salah satu minuman favorit bagi kebanyakan orang Indonesia untuk menghangatkan badan.

 

Macam-Macam Minuman Tradisional Indonesia – Lahang

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat! Credit:/lisapurnamasari.blogspot.com

 

Ternyata Indonesia juga memiliki minuman isotonik loh, namanya Lahang. Minuman yang terbuat dari cairan manis dari tebu, bit, sorgum, maple atau getah tandan dari aren, kelapa, kurma dan lainnya ini memang sangat nikmat serta bisa menggantikan cairan tubuh, karbohidrat dan elektrolit tubuh.

 

Minuman yang sangat populer di masyarakat Sunda ini memang memiliki proses unik, Karena mengolahnya bukan hal mudah. Harus melewati beberapa tahapan, pertama-tama cairan harus dikumpulkan dengan cara disadap bunga jantan dari pohon yang akan digunakan sebagai bahan baku lahang.

 

Setelah terkumpul dan disimpan di dalam bambu, lahang pun siap untuk dikonsumsi. Memang minuman tradisional satu ini memiliki banyak penggemarnya karena menyegarkan serta memiliki rasa nikmat. Apalagi kalau lo meminumnya ketika cuaca sedang panas-panasnya.

 

Macam-Macam Minuman Tradisional Indonesia – Es Matoa

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat!

6 Minuman Tradisional Asal Indonesia yang Menyegarkan dan Tentunya Nikmat! Credit: travelingyuk.com

 

Ketika lo memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk mencicipi Es Matoa yaa, karena ini merupakn minuman khas Papua. Tentu memiliki cita rasa yang khas, minuman ini merupakan perpaduan buah Matoa dengan campuran bahan lainnya seperti kolang-kaling dengan rempah pilihan khas Papua.

 

Perpaduan isi di alam es ini mampu menciptakan cita rasa asam dan manis yang menyegarkan. Untuk proses pembuatannya sendiri, buang terlebih dahulu biji buah matoanya. Tentu bisa menjadi pilihan minuman yang tepat untuk menyegarkan ketika cuaca panas menyerang.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar minuman-minuman tradisional Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu pilihan lo ketika berkunjung ke tempat-tempat asalnya yaa. Teruslah eksplorasi ragam kuliner di Indonesia dan jangan lupa untuk melestarikannya.

 

Source: /bacaterus.com

 

 

Featured Image: travelingyuk.com

 

 

Trending Beginner foodventure

8 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Seger banget
Ricko Pratama Putra
Kusuka semuanya
Laudu
Pas dngan cuaca saat in
ditra nugraha
suka wedang ronde
Kristian Mustafa
Jadi langsung dahaga melihatnya.
Yudha Pratama
nice info bro
Agus Sungkawa
Es Matoa bikin ngiler
Peni heryawan
Pelepas dahaga seger