Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya!

Penukaran uang memang sering menjadi beban pikiran, kira-kira kapan waktu paling tepat serta tempatnya di mana pun sering menjadi pertanyaan. Daripada lo bingung, simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya!

Bepergian ke luar negeri memang merupakan hal yang menyenangkan, karena lo bisa mendapatkan sebuah pengalaman baru serta juga bisa mempelajari budaya destinasi lo. Tak heran apabila banyak orang yang ingin sekali untuk pergi ke luar negeri. Namun ada satu hal yang patut menjadi perhatian, yaitu money changer. Yaap, lo benar-benar harus tahu bagaimana cara untuk menukar mata uang.

 

Tidak bisa dipungkiri juga kalau tempat money changer itu sendiri banyak yang ‘nakal’, seperti apa yang terjadi di Bali belum lama ini membuktikan kalau kasus penipuan masih sangat marak untuk bidang satu ini. Nah, daripada lo terkena hal-hal yang tidak lo inginkan, ada nih beberapa cara agar lo bisa menghindar dari hal tersebut.

 

 

Karena memang para pelaku kejahatan ini benar-benar mengincar turis-turis asing yang belum pernah ke negaranya dan cara atau modus para pelakunya pun sangat halus. Bahkan tidak sedikit orang sudah menjadi korbannya. Tentunya lo enggak mau dong menjadi korban berikutnya? Apalagi sedang liburan ke negara orang, bukannya senang-senang, malah apes yang lo dapatkan.

 

Menghadapi Money Changer Ketika Liburan – Jangan Tergiur Rate Murah

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya!

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya! Credit: godsavethepoints.com

 

Nilai tukar Rupiah memang memiliki perbedaan yang lumayan besar, terutama untuk mata uang Dollar atau Euro. Oleh sebab itu, banyak pelaku-pelaku atau oknum yang sering memainkan trik satu ini, yaitu dengan memberikan rate paling murah.

 

Jangan pernah tergiur deh bro, karena lo akan mendapatkan banyak risiko menanti apabila lo nekat untuk menukarkan uang dengan rate terlalu murah bila dibandingkan dengan harga normal. Belum ada pertanggung jawaban mengenai hal itu sampai hari ini.

 

Banyak kasus terungkap, bisa jadi uang yang lo tukarkan merupakan uang palsu atau uang rusak, sehingga tidak bisa digunakan di negara tujuan. Sehingga lo harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai harga tukar normal mata uang yang ingin ditukar agar tidak terkecoh.

 

Menghadapi Money Changer Ketika Liburan – Authorized Money Changer

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya!

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya! Credit: .compareremit.com

 

Memang money changer itu ada di mana-mana dan mudah sekali ditemukan. Bayangkan saja, lo bisa menemukannya di pinggir jalan, pusat perbelanjaan hingga bandara. Selain itu, juga terdapat banyak toko yang memberikan harga terbaik, tentunya akan membuat lo semakin bingung mau memilih yang mana.

 

Selain lo harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai nilai tukar mata uang, lo juga patut untuk memperhatikan toko atau tempat yang akan lo tuju loh. Tentunya hal ini bertujuan untuk menghindar dari kejadian-kejadian negatif.

 

Agar lebih aman, pastikan lo hanya menukar uang di Authorized Money Changer. Karena tempat penukaran tersebut telah memiliki izin, aman dari kemungkinan pemberian uang palsu dan juga memiliki nilai tukar yang lebih kompetitif.

 

Kalau untuk di Indonesia sendiri untuk membedakan toko mana yang punya izin atau tidak, bisa dilihat dari stiker PVA Berizin atau Pedagang Valuta Asing Berizin yang memang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Sehingga lo harus benar-benar selalu berhati-hati yaa.

 

Menghadapi Money Changer Ketika Liburan – Hitung Jumlah Uang yang Akan Dibawa

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya!

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya! Credit: bravotv.com

 

Selain dari mencari tahu di mana tempat penukaran uang yang aman, lo juga harus memastikan berapa jumlah uang yang akan dibawa. Karena merupakan hal penting untuk lo ketauhi untuk selalu membawa uang dalam jumlah yang cukup, mengingat akan bepergian jauh ke luar negeri.

 

Artinya, lo tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang berlebihan, namun tidak juga terlalu pas-pasan. Sehingga lo harus benar-benar melakukan perhitungan secara matang mengenai uang lo loh. Contohnya, hitung kebutuhan selama perjalanan tersebut, mulai dari makan, transportasi, hingga dana tak terduga.

 

Tentunya dengan begitu lo akan terhindar dari beberapa kejadian yang tidak lo inginkan. Karena uang itu sendiri merupakan hal yang sensitif, sehingga lo tidak akan pernah tahu bilamana ada orang yang ingin berbuat jahat kepada lo.

 

Menghadapi Money Changer Ketika Liburan – Stok USD maupun Euro

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya!

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya! Credit: /30rates.com

 

Setelah sudah menghitung berapa jumlah uang yang sekiranya akan lo bawa, ada cara lain yang bisa menjadi cara agar lo tidak mudah tertipu ataupun tertipu. Yaitu dengan menyediakan stok USD ataupun Euro, karena memang mata uang tersebut lebih stabil dan diterima universal.

 

Caranya cukup mudah kok untuk mendapatkan stok mata uang tersebut, lo tinggal tukar Rupiah ke USD atau Euro, lalu baru ditukar ke mata uang negara tujuan setelah tiba di destinasi liburan lo. Entah itu di bandara, hotel tempat menginap, atau money changer setempat untuk mendapatkan nilai tukar yang lebih baik.

 

Percaya atau tidak, lo akan mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan langsung menukarkan Rupiah ke mata uangat tersebut. Semakin sulit mata uang tertentu ditemukan di Indonesia, maka semakin tinggi pula nilai tukar yang diberikan daripada yang seharusnya. Sehingga lo bisa mendapatkan keuntungan lebih loh bro.

 

Menghadapi Money Changer Ketika Liburan – Cermati Waktu Penukaran

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya!

Money Changer Menjadi Beban Pikiran Ketika Liburan? Enggak Usah Bingung, Nih Ada Solusinya! Credit: klikpajak.id

 

Coba untuk tukarkan uang lo di saat yang tepat, di mana kurs masih cukup stabil. Menukarkan uang di awal pekan, bisa menjadi sebuah pertimbangan, apalagi ketika pagi hari. Karena di waktu tersebut kurs cenderung lebih stabil.

 

Lo juga menukarkan uang beberapa hari sebelum keberangkatan, apalagi ketika sedang musim liburan, karena kurs pun juga akan meningkat. Hindari untuk melakukan penukaran dengan terburu-buru, terutama ketika lo telah berada di dalam bandara, sebab nilai tukar di bandara akan jauh lebih rendah daripada tempat penukaran lainnya.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar money changer di atas? Tentunya ada beberapa cara yang patut untuk lo perhatikan. Paling penting ialah jangan terlalu terburu-buru dan jangan lupa melihat kondisi kurs yang ada yaa!

 

Featured Image: chartattack.com

 

In Depth Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Cari yg terpercaya
Solusi terbaik
Nice info
Nice info
Mantap lh
Nice info
lebih baik prepare sebelumnya
tq info ya
Nice info
nice info gan