Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Ini Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya?

Jakarta Mystical Tour jadi salah satu bentuk berkembangnya tren traveling di tahun 2019 ini. Penasaran dengan konsep tur horor yang satu ini? Sila simak bahasannya di bawah ini ya!

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Ini Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya?

 

Entah hanya karena menyambut perayaan Halloween, atau memang sudah menjadi tren traveling yang unik – beberapa waktu lalu, khususnya di Jakarta, dihebohkan dengan munculnya ajakan untuk wisata horror.

 

Mungkin sebagian millennial yang membaca paragraf di atas langsung mengeryitkan dahi, tapi hal ini benar adanya. Butuh nyali yang besar untuk menghadapi kemungkinan bertemu hantu, wisata horror ini malah dapat sambutan yang baik.

 

 

Masih belum bisa divalidasi terkait hanya membuat sensasi atau memang menghadirkan gaya traveling atau wisata yang baru dan segar – tapi wisata horror ini membuka peluang bisnis dan pundi-pundi rezeki tersendiri.

 

Secara konsep, cukup sederhana. Satu grup yang berisi kurang lebih sampai 50 orang, dikumpulkan lalu diajak jalan-jalan malam mengunjungi berbagai spot yang disinyalir jadi sarang koloni hantu. Tapi, jika ditelisik lebih dalam, wisata horror ini bukan menantang mereka yang tak kasat mata, lho.

 

Eits, makin penasaran ya sebenarnya bagaimana sih wisata horror ini? Apakah hanya mengisi konten-konten segar untuk mengikuti tren Halloween, atau memang benar jadi gaya wisata atau tren traveling yang baru? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan di bawah ini ya bro.

 

Wisata Horror: Jakarta Mystical Tour

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Ini Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya?

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Jadi Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya? credit: thejakartapost.com

Jakarta Mystical Tour adalah nama dari ide yang digagas oleh dua orang sahabat yaitu Ferly Firdausi dan Ananda Satria. Entah mereka adalah adrenaline junkie – atau tidak, yang jelas ide serta konsep dan terapannya menjadi kebutuhan untuk mereka yang penasaran dengan hantu.

 

Mereka berdua dari agensi wisata yang bernama Biang Overlander. Nah, JMT – Jakarta Mystical Tour ini adalah program jalan-jalan mereka yang baru. Sebenarnya JMT ini tidak seperti yang dipikirkan atau ditebak kebanyakan orang: jalan-jalan uji nyali.

 

Menurut mereka, kalau dibilang menjadi ajang untuk uji nyali, atau mengukur keberanian seseorang dengan program ini – sebenarnya tidak juga. Karena menurut Ferly dan Ananda, JMT ada karena keinginan untuk membuat sesuatu yang berbeda dari bentuk tur lainnya.

 

Lagipula, yang mereka angkat bukan ‘horor yang ketemu hantu’ begitu. Mereka membuat tur ini karena tertarik untuk mengetahui urban legend atau kisah tertentu dibalik tempat-tempat yang sudah ditinggalkan dibilangan Kota Jakarta ini.

 

Menurut mereka juga – mereka percaya dengan keberadaan dunia lain beserta mahluk-mahluk yang tak kasat mata. Namun, mereka ingin memberitahukan banyak orang kalau ‘spot’ tersebut ternyata mempunyai cerita sejarah yang memang cukup berbeda daripada spot lainnya.

 

Untuk unsur mistis di dalam Jakarta Mystical Tour, buat mereka ini adalah bonus. Bonus untuk menarik perhatian masyarakat. Bahkan, saat program tour ini pertama kali digelar – antusias mereka yang muda, baik laki-laki atau perempuan, sangat tinggi.

 

Dari yang tadinya dibatasi hanya untuk 12 orang saja – membludak sampai 160 orang. Bahkan, panitia tur tersebut akhirnya membagi jumlah tersebut ke tiga kloter.

 

Wisata Horror: 10 Destinasi di JMT

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Ini Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya?

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Jadi Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya? credit: otosia.com

Lalu, ke mana sajakah JMT akan membawa lo menikmati pompaan adrenaline karena mengetahui berbagai urban legend yang menguras nyali?

 

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Ini Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya?

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Jadi Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya? credit: idntimes.com

 

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Ini Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya?

Wisata Horor Jadi Tren di Jakarta: Jadi Gaya Traveling Baru yang Banyak Peminatnya? credit: grid.id

Perjalanan lo yang akan meniti waktu dari jam 8 malam sampai subuh – akan dimulai dari Terowongan Kasablanka, Taman Langsat, Rumah Kentang Prapanca, TPU Jeruk Purut, Rel Kereta Bintaro, Museum Taman Prasasti, Toko Merah, Museum Fatahillah, Jembatan Ancol dan sampai ke Menara Saidah.

 

Dari berbagai destinasi – apakah JMT akan menjamin diri lo melihat mereka yang tak kasat mata? Tidak juga bro – hal ini terkait dengan tujuan utama JMT. Menurut para penggagas, JMT bertujuan untuk mengembalikan sejarah, sosial dan budaya, dari mengetahui cerita dibalik tempat-tempat tersebut.

 

Jika memang horror, itu adalah bonus. Tapi jika memang lo nanti akan benar-benar melihat hantu, itu berarti super bonus.

 

Wisata Horror: Rp 350 Ribu

Buat lo yang akhirnya jadi penasaran untuk mengikuti JMT – lo butuh kurang lebih Rp 350 ribu saja untuk mengikuti tur yang berbeda daripada yang lainnya. Harga tersebut sepadan dengan berbagai fasilitas yang akan lo dapat.

 

Termasuk cemilan dan minuman. Lo tidak akan dibiarkan dehidrasi saat berkunjung ke spot-spot mistik di Kota Jakarta, bro. Apalagi cemilan, mungkin – nanti ada hantu yang akan minta cemilannya? Entah, tapi bisa jadi!

 

Ada satu hal lagi yang mesti diketahui oleh lo semua nih – berdasarkan pernyataan Ferly dan Ananda, di dalam JMT, tidak ada unsur horror yang berlebihan. Bahkan, untuk menjaga kualitas perjalanan, mereka selalu mengantongi izin yang legal sehingga tetap aman dan terkendali.

***

 

 

Nah, walaupun begitu, apakah lo sudah mulai deg-degan untuk mencoba ikut tur yang satu ini bro? Buat lo para adrenaline junkie sila coba pompa adrenalin lo dengan cara yang berbeda yaitu ikut Jakarta Mystical Tour ini ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – hipwee.com

Urban Action Extreme solo traveling solo backpacker

12 COMMENTS

SHARE
Wisata yang memacu adrenaline nih hehehehe
wisata yang butuh nyali
nice info gan
Waah boleh dicoba nih, menantang astral
Seremmmm
Nice info
Nice info
Nice info
Menara saidah yang viral itu
Para setan dan hantu di Indonesia sudah gak ada harganya..????