Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya!

Tidak hanya Pulau Komodo atau Sumba saja yang bisa lo datangi kalau sedang berada di NTT. The Freezing City Kota Soe mempunyai berbagai spot seru untuk dieksplorasi, lho. Tidak percaya atau penasaran? Sila simak bahasannya di bawah ini ya!

Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya!

 

Eksplorasi ke Nusa Tenggara Timur tidak hanya terbatas sampai Pulau Komodo dan sekitarnya, bro. Masih banyak destinasi yang bisa didatangi di sana dan sepadan dengan ongkos travelingnya. Eits, tidak percaya?

 

Sudah dimengerti kalau Pulau Komodo adalah salah satu potongan surga yang ada di Indonesia. Namun, hal tersebut tidak membuat kalau lo ke Nusa Tenggara Timur, mesti selalu ke Pulau Komodo saja, lho. Kenapa begitu? Karena ada Soe.

 

 

Soe adalah ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kota yang satu ini cukup spesial. Pasalnya, kota ini dijuluki oleh the freezing city. Jelas kota ini mempunyai suhu yang lebih rendah daripada kota lainnya di Pulau Timor.

 

Kalau tempat lo untuk mendinginkan tubuh serta pikiran hanya sampai di Bandung dan sekitarnya, sepertinya sekarang mesti lo ubah karena lo bisa juga mengunjungi Kota Soe. Bentangan alamnya yang luar biasa, membuat Soe tidak luput jadi persinggahan banyak petualang.

 

Tidak jauh dari Kota Kupang, Soe – kota yang mempunyai ketinggian kurang lebih 729 mdpl, menawarkan berbagai keindahan alam yang luar biasa. Nah, kalau lo makin penasaran, di Kota Soe setidaknya terdapat lima titik yang direkomendasikan untuk lo datangi.

 

Eits, makin penasaran ya terkait Kota Soe the freezing city ini? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Kota Soe The Freezing City: Desa Fatu’ulan

Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya!

Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya! credit: travelingyuk.com

Desa yang bisa membuat lo merasa seperti negeri di atas awan di sekitaran Kota Soe adalah Desa Fatu’ulan. Berlokasi di Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa bro.

 

Berkontur perbukitan hijau dengan hutan yang masih cukup lebat – terkadang desa yang satu ini kerap di selimuti kabut tebal dengan suhu yang cukup rendah. Buat lo yang mau menikmati dinginnya sekitaran Kota Soe, sila trekking di Desa Fatu’ulan ya.

 

Oh iya, kalau sekitaran Desa Fatu’ulan masih kurang membuat lo puas atau membuat lo cepat bosan, tenang bro, dari salah satu bukit di sana – lo bisa juga menikmati keindahan Pantai Kolbano yang eksotis. Paket lengkap deh kalau ke sini!

 

Kota Soe The Freezing City: Desa Noinbila

Desa Noinbila memang tidak seperti Desa Fatu’ulan yang mempunyai kontur perbukitan hijau serta hutan lebat yang diselimuti kabut. Tapi Desa Noinbilla mempunyai ciri khas tersendiri yang berhasil membuat banyak traveler atau petualang terhipnotis di sini.

 

Desa Noinbilla, dengan suhu dinginnya mempunyai padang bunga lavender yang cukup luas! Saat tengah mekar, Desa Noinbilla bisa dikatakan didominasi warna ungu khas bunga lavender tersebut. Dengan keindahan alam seperti ini, tidak heran banyak petualang yang mampir ke desa ini.

 

Kapan kira-kira bisa melihat kesempurnaan mekarnya bunga lavender di Desa Noinbilla? Ditelisik lebih dalam, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Desa Noinbilla adalah di rentang waktu bulan Juni sampai Agustus!

 

Kota Soe The Freezing City: Bukit Fatukopa

Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya!

Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya! credit: jungleghost.org

Selain dua destinasi atau dua spot petualangan yang sudah disebutkan di atas – Kota Soe masih punya destinasi lain yang tidak kalah eksotis, nih. Destinasi ketiga adalah Bukit Fatukopa. Unik ya namanya. Usut punya usut, nama ini berasal dari bahasa Dawan yang berarti batu kapal.

 

Mengapa diberi nama seperti itu? Pasalnya, di sana terdapat bukit batu yang mirip seperti kapal terbalik. Bahkan orang-orang di sana mengganggap bukit tersebut adalah bahtera seorang nabi yang karam.

 

Namun, terlepas dari cerita legendanya – Bukit Fatukopa cukup eksotis dan masih sangat alami dan asri karena jarang terjamah juga. Buat lo yang akan ke sana – bukit ini berlokasi di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten TTS yang berjarak 55 kilometer ke arah timur dari Kota Soe.

 

Kota Soe The Freezing City: Perbukitan Fatu Nausus

Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya!

Soe 'Kota Dingin' di NTT: 5 Destinasi Ini Cocok Buat Nikmati Rasa Dinginnya! credit: phinemo.com

Buat lo yang suka rock climbing – salah satu destinasi dekat dengan Kota Soe yang cocok buat lo adalah Perbukitan Fatu Nausus. Di sana, lo bisa melihat formasi bebatuan karst yang berdiri menjulang tinggi. Cocok buat lo yang mau coba ketrampilan rock climbing.

 

Bekas penambangan batu marmer – spot yang satu ini cukup dingin lho bro. Jangan lupa untuk membawa jaket hangat agar tidak kedinginan begitu di sana. Oh iya, spot yang satu ini berlokasi di daerah Kapan, ibu kota Kecamatan Mollo Utara, NTT.

 

Kota Soe The Freezing City: Taman Rekreasi Bu’at

Buat melengkapi eksplorasi lo di Kota Soe The Freezing City – lo bisa mengunjungi taman rekreasi Bu’at. Berada di Hutan Lindung Bu’at – buat lo yang mau bersantai dengan menikmati udara sejuk dan dingin bernuansa hutan, taman rekreasi ini cukup cocok bro.

 

Tidak jauh dari Kota Soe, hanya 4 kilometer saja kurang lebih – lo bisa juga menginap di sana karena sudah ada vila juga yang disewakan!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kota Soe – apakah spot ini sudah masuk ke dalam daftar petualangan lo? Kalau iya, langsung saja siapkan waktu kosong untuk datang ke sana ya!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – idntimes.com

Wilderness Beginner pantai nusa tenggara timur solo traveling solo backpacker

9 COMMENTS

SHARE
Pemandangan alam NTT yang menakjubkan
Wah menakjubkan
sungguh sangat menakjubkan tempat ini
tq info ya
Nice info
nice info gan
Sangat mengagumkan
Mantap nice info
Sangat mantap