Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam!

Terdapat tradisi unik di Pulau Papua yang masih bisa lo temukan hingga hari ini. Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai tradisi itu, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa!

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam!

Pulau yang terletak di bagian timur Indonesia ini memang memiliki beragam keunikan, mulai dari keindahan alamnya hingga tradisi unik. Banyak hal yang belum pernah lo temukan di dalam hidup, bisa lo dapatkan di sana. Tak heran apabila Pulau Papua juga sering didatangi oleh para pelancong dari dalam dan luar negeri.

 

Memiliki sebutan “mutiara hitam” Papua memang merupakan kawasan dengan ragam budaya yang memang sering tampil di luar Papua. Namun, masih banyak tradisi uniknya belum diketahui oleh banyak orang. Padahal pulau ini menyimpan banyak sekali atau ragam tradisi dan budaya yang patut untuk lo ketahui. Pokoknya lo akan merasakan keberagaman Indonesia ketika berkunjung ke sana.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga lo bisa lebih membuka mata lo mengenai macam-macam tradisi di Indonesia. Sehingga siapkan waktu lo untuk berangkat ke sana! Namun ada baiknya untuk mengetahui beberapa tradisi uniknya yaa!

 

Tradisi Unik di Pulau Papua – Barapen

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam!

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam! Credit: sayanusantara.blogspot.com

 

Pilihan pertama mengenai tradisi unik di Papua, tentunya lo harus mengetahui apa itu Barapen. Karena tradisi ini jarang sekali bisa lo dapatkan di luar kawasan Papua loh. Barapen sendiri merupakan salah satu tradisi tertua di pulau indah ini.

 

Barapen biasanya dilakukan sebagai simbol rasa syukur dan persaudaraan, tetapi hanya berlaku di beberapa daerah tertentu. Tradisi ini juga dilakukan dalam upacara kematian loh. Pada dasarnya, Barapen merupakan tradisi masyarakat Papua yang memasak beberapa jenis makanan seperti ubi, singkong, daging hewan dan sayur-sayuran diatas batu-batu yang sudah dipanaskan. Namun cara memasaknya tidak sembarangan.

 

Tradisi unik ini akan dimulai dengan menyiapkan lubang untuk tempat menyusun kayu bakar dan batu, beserta bahan makanan yang akan dimasak. Setelah itu, batu-batu yang sudah dikumpulkan akan disusun berdasarkan ukuran di atas susunan daun-daun pisang. Ukuran batu yang besar akan diletakkan paling bawah.

 

Setelah itu, di atasnya akan disusun kayu bakar, lalu kayu bakar tersebut akan ditutup dengan batu-batu yang ukurannya lebih kecil. Selanjutnya adalah proses pembakaran untuk memanaskan batu. Setelah itu barulah bahan makanan disusun sedemikian rupa di atas batu dan disantap bersama setelah matang.

 

Tradisi Unik di Pulau Papua – Tradisi Potong Jari

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam!

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam! Credit: .jitunews.com/

 

Berikutnya mengenai tradisi unik di Papua ialah tradisi potong jari, namun hanya bisa lo temukan di suku Dani yang tinggal di wilayah Lembah Baliem, Papua. Bukan tanpa alasan, tradisi ini dilakukan oleh suku Dani sebagai tanda duka yang sangat dalam karena kehilangan salah satu anggota keluarga mereka.

 

Selain itu, tradisi ini juga dilakukan setelah prosesi pemakaman dengan langsung memotong salah satu jari anggota keluarga yang berduka dengan pisau, kapak atau parang. Bukan itu saja, terdapat jug acara lainnya yang biasa dilakukan oleh suku ini.

 

Cara lain yang biasa dilakukan dalam tradisi ini ialah dengan menggigit ruas jari hingga putus, mengikatnya dengan seutas tali supaya aliran darah terhenti dan ruas jari menjadi mati baru dipotong. Mungkin bagi sebagian orang ini terlihat sadis, namun ini merupakan sebuah kebudayaan suku Dani yang sudah turun menurun dilakukan.

 

Tradisi Unik di Pulau Papua – Ararem

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam!

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam! Credit: .modelbaju.id

 

Tradisi unik di Papua pun tak berhenti sampai di situ saja bro, karena masih ada Ararem yang tentunya tak kalah menarik. Ini merupakan salah satu tradisi perkawinan suku Biak di Papua yang dilakukan pada saat keluarga besar mempelai pria hendak mengantar mas kawin kepada keluarga mempelai wanita.

 

Percaya atau tidak, tradisi ini dilakukan dengan berjalan kaki sambil membawa seserahan berupa piring-piring adat, guci dan lain-lain. Tak heran apabila tradisi ini dikatakan unik, bayangkan saja, para pelaku tradisi ini akan berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh loh.

 

Uniknya, kebanyakan tradisi Ararem ini dilakukan dengan berarak-arakan sambil mengibarkan bendera merah putih. Namun hingga hari ini belum ada keterangan pasti mengapa tradisi ini selalu identik dengan pengibaran bendera negara. Hal yang pasti ialah ini merupakan salah satu keunikan tradisi di Papua!

 

Tradisi Unik di Pulau Papua – Mansorandak

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam!

Papua Menyimpan 4 Tradisi Unik yang Tidak Bisa Lo Dapatkan Selain Mengunjungi Sang Mutiara Hitam! Credit: warisanbudaya.kemdikbud.go.id

 

Buat lo yang penasaran mengenai tradisi unik di pulau Papua ialah Mansorandak, tradisi ini turun menurun suku Biak di Teluk Doreri, Manokwari, Papua Barat dan bertujuan untuk menyambut anggota keluarga yang baru kembali dari perantauan dalam kurun waktu cukup lama.

 

Melalui tradisi ini, masyarakat Doreri menyampaikan rasa syukur dan gembiranya atas kepulangan anggota keluarga dan untuk membersihkannya dari roh-roh jahat yang konon katanya didapatkan di tanah rantau.

 

Biasanya tradisi ini dimulai dengan prosesi mandi kembang berbagai rupa di atas piring adat. Selanjurnya, sang perantau akan masuk ke sebuah ruangan khusus di dalam rumah bersama dengan keluarga besarnya dan harus mengitari Sembilan piring adat sebanyak sembilan kali putaran.

 

Nah, angka sembilan sendiri melambangkan sembilan marga suku Doreri di Manokwari. Prosesi ini diakhiri dengan penginjakan replika buaya sebagai lambang tantangan, penderitaan dan cobaan hidup yang akan menyertai jalan hidup sang perantu. Prosesi Mansorandak ini berakhir dengan kegiatan makan bersama.

 

Selain itu, keunikan lainnya yang bisa lo dapatkan di dalam tradisi ini ialah seluruh makanan utamanya seperti daging, ikan, hingga sirih dan pinang akan digantung di bagian atas rumah dan baru boleh disantap setelah mendapat aba-aba dari para sesepuh adat Doreri.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tradisi unik di pulau Papua? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo bila ingin lebih tahu lebih lagi mengenai Papua beserta dengan isinya. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam budaya serta keindahan alam di Indonesia!

 

Source: pegipegi.com
 

 

Featured Image: .papuatravelagent.com

 

Trending Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Wow Keren.....
Sandi L
Mantappp
Fatmawati
Nice info
Laudu
Keren min
dephy
negri papua dengan segala tradisi dan budaya
Agus Sungkawa
Ragam budaya indoneaia yg kaya akan ke aripan budaya lokal
agung
tq info ya
Peni heryawan
Nice info
Yeni Kurniasih
Nice info