Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini!

Halmahera Utara merupakan kawasan atau destinasi yang tepat untuk lo kunjungi ketika ingin mencicipi pilihan kuliner unik dan mampu memanjakan lidah. Simak saja beberapa rekomendasinya di bawah ini bro!

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini!

Berkunjung ke kawasan Halmahera bukan berarti lo hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, karena tepat di bagian utara dari kawasan ini lo bisa menikmati beragam pilihan kuliner yang tentunya bisa memanjakan mata lo. Banyak pula orang beranggapan kalau lo berkunjung ke sebuah kawasan atau destinasi, maka kearifan lokalnya juga patut unuk lo cicipi.

 

Halmahera Utara sendiri memiliki bergam kuliner yang unik serta bisa mempresentasikan keindahan dari wilayah ini sendiri. Bumbu yang digunakan pun juga cukup unik serta mempu menciptakan sebuah rasa nikmat dan sulit untuk lo lupakan. Rasanya sangat ingin lagi untuk kembali merasakannya ketika sudah lo cicipi loh.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan-pilihan kuliner di Halmahera Utara, enggak salahnya kok untuk melihat rekomendasinya di bawah ini. Kebanyakan orang yang sudah mencicipinya pun sangat mudah untuk menerimanya. Berkunjunglah ke Halmahera Utara dan manjakan indera perasa lo dan buktikan sendiri keberagam kuliner Indonesia yang begitu kaya ini.

 

Rekomendasi Kuliner di Halmahera Utara – Pisang Mulu Bebe

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini!

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini! Credit: /resepnusantara.id

 

Kuliner di kawsan ini memang sangat beragam dan bisa lo mulai dari yang ringan-ringan terlebih dahulu, seperti Pisang Mulu Bele ini. Makanan satu ini merupakan khas tradisional dari Halmahera Utara dengan rasa yang cukup ciamik.

 

Kuliner yang kaya akan rasa manis serta pisangnya digoreng dengan minyak sangat panas membuat endapan pisangnya menjadi lebih nikmat untuk dihidangkan, apabila ketika masih hangat. Selain itu, kuliner ini juga biasa disantap ketika sore hari menunggu hari usai.

 

Tentunya waktu santai lo tersebut akan semakin lengkap apabila terdapat Pisang Mulu Bebe di samping lo. Belum lagi bila ditemani dengan secangkir kopi, lalu pancaran sinar matahari yang sudah redup karena memang sudah saatnya sang surya meninggalkan hari.

 

Rekomendasi Kuliner di Halmahera Utara – Kepiting Saus Kenari

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini!

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini! Credit: travelingyuk.com

 

Ngaku kalau diri lo seorang penikmat kuliner kepiting? Coba deh untuk mencicipi Kepiting Saus Kenari ketika berkunjung ke Halmahera Utara. Memang Halmahera sendiri terkenal dengan ragam pilihan seafood-nya dan menu satu ini merupakan salah satu buktinya.

 

Terdapat perpaduan rempah-rempah khas Nusantara begitu melekat pada menu satu ini, belum lagi dengan warna kemerahan membuat lo akan tergiur. Rasa manis serta pedas pun bercampur menjadi daya tarik bagi para penikmat kuliner.

 

Menikmatinya dengan nasi panas dan waktu makan malam pun menjadi sebuah perpaduan paling tepat untuk lo bisa menikmat Kepiting Saus Kenari ini. Tak heran apabila banyak dari wisatawan yang mengincar menu kuliner satu ini ketika berkunjung ke Halmahera Utara.

 

Rekomendasi Kuliner di Halmahera Utara – Air Guraka

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini!

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini! Credit: id.tastemade.com

 

Selain dari makanan, ketika lo berkunjung ke Halmahera Utara lo juga bisa mendapatkan minuman khasnya yang tentunya menyegarkan. Apalagi ketika lo sedang haus ataupun hanya ingin bersantai-santai menikmati sore.

 

Air Guraka sendiri memang merupakan minuman tradisional yang selalu diburu, baik bagi para wisatawan maupun masyarakat lokal. Mengapa? Karena rasanya pun nikmat serta bisa dikatakan akan membuat lo ketagihan untuk selalu menyeruputnya.

 

Minuman satu ini akan semakin nikmat apabila masih dalam kondisi panas ataupun hangat. Minuman ini juga memilki khasiat terhadap tubuh lo. Air Guraka sendiri terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia, seperti jahe dan bumbu-bumbu lainnya dan tentu merupakan sebuah kewajiban ketika lo berkunjung ke Halmahera Utara untuk mencicipinya.

 

Rekomendasi Kuliner di Halmahera Utara – Kopi Sibu-Sibu

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini!

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini! Credit: tripadvisor.co.uk

 

Indonesia memang terkenal sebagai negara dengan pilihan kopi berkualitas tinggi dan memiliki banyak sekali pilihannya. Nah, Halmahera Utara juga memiliki kopi yang unik dan tentunya nikmat loh, yaitu Kopi Sibu-Sibu.

 

Untuk jenis kopinya sendiri berasal dari biji kopi robusta yang sudah dihaluskan dengan cara tradisinoal, sedangkan untuk komposisi penyajiannya dicampur dengan bubuh cengkeh halus, kemudian ditaburi biji kenari sebagai penghias dan pelengkap aroma kopi.

 

Campuran dari bahan-bahan ini mampu menghasilkan aroma kopi nan unik dan tidak mudah untuk lo lupakan. Tak heran apabila penikmat kopi sangat ingin untuk mencicipinya, sehingga ketika lo berada di Halmahera Utara, jangan lupa untuk mencicipinya yaa.

 

Rekomendasi Kuliner di Halmahera Utara – Bubur Sagu Ubi

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini!

Wisata Halmahera Utara: 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Lo Cicipi Ketika Pergi ke Pulau Indah Ini! Credit: pinterest.com

 

Kuliner Halmahera Utara tak berhenti sampai di situ saja, karena masih terdapat Bubur Sagu Ubi, nah buat lo para penikmat bubur dengan cita rasa manis, ini merupakan pilihan kuliner yang tepat untuk lo cicipi. Karena belum tentu bisa lo dapatkan di luar kawasan Halmahera loh.

 

Bahan utama dari Bubur Sagu Ubi berupa sagu lempengan, ubi merah rebus, gula, serta pandan. Banyak sekali wisatawan dan masyarakat sekitar yang suka dengan kudapan satu ini, tentu karena kenikmatannya. Rasanya pun sangat kaya, ada rasa manis dan juga gurih.

 

Cara membuatnya ialah dengan merendam sagu hingga mengembang, kemudian dimasak bersama gula, daun pandan serta ubi merah. Selain rasanya yang nikmat, kuliner ini juga begitu terkenal di Halmahera Utara, sehingga lo jangan sampai kelewatan yaa.

 

**

 

 

Memang kuliner-kuliner di Indonesia sendiri begitu beragam, tak heran apabila lo bisa menemukan banyak sekali menu-menu di dalam negara ini. Halmahera Utara memang merupakan destinasi yang tepat, belum lagi lo juga bisa menikmati keindahan alamnya.

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner khas Halmahera Utara di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Teruslah eksplorasi ragam pilihan kuliner di Indonesia. Karena masih banyak pilihannya di luar sana yang patut untuk lo telusuri!

 

Source: /wisato.id/

 

 

Featured Image: travelingyuk.com

 

Trending Beginner foodventure

10 COMMENTS

SHARE
Patut di coba Semua nih
Nice info
Enak na psti
Mantappo
bubur sagu ubi
Pisang mulu bebe maknyos
tq info ya
Kuliner maknyus
Enak enak makannya nih
Gaskan....