Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances dan 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan!

Delay atau penundaan jadwal penerbangan memang suka bikin kesal. Apalagi dengan alasan-alasan konyol seperti yang ada di bawah ini bro! Penasaran? Sila simak bahasan di bawah ini ya!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances dan 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan!

 

Hampir semua orang yang kerap bolak-balik naik pesawat, pasti kesal jika penerbangannya ditunda (delay) – yang jelas rugi waktu adalah dampaknya. Alasan penundaan penerbangan pada umumnya adalah masalah cuaca. Tapi bagaimana penundaan tersebut beralasan konyol?

 

Buat lo yang suka bolak-balik ke luar negeri, tentu setidaknya pernah mendengar istilah extraordinary circumtances. Istilah ini terdengar ketika penerbangan lo ditunda karena alasan [pada umumnya] cuaca yang tidak baik.

 

 

Tentu cuaca yang tidak baik memang beresiko tinggi untuk melakukan penerbangan. Bahkan, jika memang benar-benar tidak memungkinkan, tidak ayal penerbangan tersebut dibatalkan. Lalu, apakah istilah tersebut hanya untuk cuaca saja?

 

Tidak juga bro – extraordinary circumtances adalah kondisi di mana para awak kabin tidak bisa mengendalikannya lagi. Selain cuaca, ATC yang tidak berfungsi dengan baik juga termasuk ke dalam istilah tersebut.

 

Hal ini tentu terkait dengan Air Traffic Controller berada di luar jangkauan dan kendali para awak kabin. Lagipula, mereka juga tidak memiliki kewajiban dan kewenangan untuk mengendalikan ATC. Sehingga jika ATC macet, penerbangan lo jelas akan tertunda.

 

Lalu, apakah selamanya alasan penundaan penerbangan hanya berdasarkan cuaca buruk atau ATC yang tidak berfungsi dengan baik? TIDAK JUGA BRO! Ternyata ada beberapa alasan, di dalam bahasan ini – setidaknya ada lima alasan yang konyol penyebab penundaan penerbangan.

 

Dari serangan lebah sampai kepengin makan camilan – alasan di bawah ini benar-benar bikin lo mengelus dada biar sabar nih bro. Eits, mudah-mudahan segala perjalanan udara lo tidak pernah mengalami penundaan karena deretan alasan konyol di bawah ini ya!

 

Alasan Konyol Delay Pesawat: Ada Serangan Lebah!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances dan 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances: 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan! credit: kuninganmass.com

Alasan konyol pertama datang dari Indonesia – tepatnya di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara. Kurang lebih tiga tahun yang lalu pada 2017 di bulan September, Maskapai Citilink mesti menunda penerbangannya karena kejadian aneh dan konyol.

 

Pasalnya, pesawat yang terparkir di apron Bandara Kualanamu mendadak diserang oleh ribuan lebah! Menempel di sisi sayap kanan, serangan lebah tersebut akhirnya membuat penerbangan selanjutnya dengan rute Batam – Kualanamu, Medan mesti ditunda kurang lebih selama 90 menit.

 

Walau akhirnya pesawat penerbangan tersebut akhirnya berangkat – namun petugas pemadam kebakaran sampai dikerahkan untuk membersihkan seluruh lebah yang menempel di sayap pesawat tersebut. Wah ada-ada saja nih!

 

Alasan Konyol Delay Pesawat: Kura-kura Menyebrang!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances dan 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances: 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan! credit: clemson.world

Pindah ke Amerika Serikat – tepatnya di Bandara John F. Kennedy, berbagai penerbangan mesti tertunda akibat ada rombongan kura-kura yang melintas landasan pacu di sana. Lho kok bisa? Usut punya usut – bandara yang memang berlokasi di tepi Teluk Jamaika ini adalah rute migrasi hewan yang membawa rumahnya terus itu bro!

 

Kejadian ini hampir terus berulang pada periode waktu akhir bulan Juni sampai di awal bulan Juli. Setidaknya ada saja kura-kura yang berusaha melintasi runway pesawat agar bisa pergi ke pantai berpasir untuk bertelur.

 

Karena migrasi kura-kura tersebut – banyak penerbangan yang akhirnya menunda keberangkatannya sembari menunggu mereka menyebrang dengan selamat serta ground crew yang mesti juga membantu mereka keluar dari landasan pacu.

 

Alasan Konyol Delay Pesawat: Pilot Ngidam Camilan!

 

Kebetulan, seorang pilot wanita dari maskapai Air India tengah ngidam dan ingin makan camilan khas India bernama Kachori. Akibatnya – dari keinginannya tersebut – ia mesti medapatkan masa penangguhan karena tidak mau mengikuti jadwal terbang yang ada.

 

Wah, ngaco juga nih yang satu ini – pasalnya, ia menolak perintah untuk mengganti penerbangan rute Mumbai-Jodhpur-Delhi yang sebelumnya dengan penerbangan langsung ke Mumbai-Delhi. Alasannya sederhana, ia ngidam camilan Kachori!

 

Waduh, karena hal ini – para penumpang yang ingin langsung ke Delhi mesti menunggu pilot tersebut mendapatkan camilannya di Jodhpur sehingga penerbangan mereka terlambat.

 

Alasan Konyol Delay Pesawat: Gegara Kacang!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances dan 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances: 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan! credit: akurat.co

Jangan mentang-mentang punya jabatan, jadi bisa melakukan apa saja dan menunda penerbangan, nih! Mungkin pernyataan barusan ada di benak para penumpang salah satu penerbangan maskapai Korea Air. Pasalnya, putri sulung dari CEO maskapai tersebut melakukan hal yang tidak menyenangkan!

 

Usut punya usut – hal ini dimulai dari awak kabin yang menyajikan Kacang Macademia dengan plastik aslinya, tidak menggunakan piring. Berdasarkan SOP yang ada, awak kabin itu sudah benar. Namun, si putri sulung CEO maskapai tersebut tidak terima sehingga memarahi awak kabin tersebut.

 

Karena kejadian tersebut – penerbangan Korean Air Flight 86 yang dijadwalkan terbang dari Bandara John F. Kennedy Amerika Serikat ke Bandara International Incheon di Korsel terlambat sampai 20 menit. Singkat cerita, dinyatakan bersalah, perempuan tersebut dihukum lima bulan kurungan dan dicopot jabatannya.

 

Alasan Konyol Delay Pesawat: Berang-Berang!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances dan 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan!

Mengenal Istilah Extraordinary Circumtances: 5 Alasan Konyol Delay Penerbangan! credit: gatra.com

Hewan lucu yang satu ini juga jadi alasan konyol delay penerbangan di Amerika Serikat. Tepatnya di Bandara George Bush Intercontinental di Houston – penerbangan menuju Ohio mesti delay satu jam karena staf ruang kargo melaporkan ada berang-berang lepas dari kandangnya.

 

Selama penundaan tersebut, staf maskapai penerbangan tersebut berusaha mengembalikan berang-berang yang hendak melarikan diri dari kandangnya. Wah pasti kerepotan sekali nih.

 

Tadinya dianggap bercanda atau gurauan saja sampai banyak dari penumpang melihat berang-berang berlarian di runway pesawat terbang. Wah jadi seperti main kucing-kucingan ya!

 

 

Bro, semoga penerbangan lo selalu lancar dan jangan ada penundaan atau delay konyol seperti yang ada di atas ya!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – phinemo.com

Trending Beginner solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Sangat konyol nggak masuk d akal kadang2 heeeheee
Yuniarto ( Tato )
Bikin bete