Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik!

Deretan stasiun tertua di Indonesia ini ternyata sangat unik dan tentunya menarik untuk lo ketahui. Daripada semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik!

Berbicara mengenai stasiun kereta api di Indonesia tentunya sudah ada sejak lama, bahkan ada yang berusia ratusan tahun. Kereta sendiri memang menjadi akomodasi atau transportasi umum yang sering digunakan oleh banyak orang, bahkan sudah banyak orang bergantung kepada transportasi panjang ini untuk melakukan aktivitas sehari-harinya atau untuk bisa mencapai destinasi liburan bahkan pulang ke kampung halaman.

 

Bisa dikatakan pula kalau kereta api merupakan alat transportasi tertua yang masih digunakan hingga hari ini, namun memang terdapat beberapa perubahan. Mulai dari bahan bakar yang digunakan, hingga bentuk dari keretanya itu sendiri. Walaupun begitu, hingga hari ini lo masih bisa mendengar suara mesin kereta melewati rel.

 

 

Nah, di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihan stasiun kereta tertua yang pelu untuk lo ketahui. Tentunya beberapa diantaranya menyimpan sejarah panjang. Daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan stasiun kereta api tertua di Indonesia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna buat lo dan lo jadi lebih mengetahui seputar sejarah dari beberapa stasiun kereta.

 

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun Tambaksari

 

Pilihan pertama mengenai stasiun kereta api tertua di Indonesia terletak di kawasan Semarang. Stasiun Tambaksari pertama kali dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 dan diresmikan oleh Jenderal Baron Sloet van de Beele. Berarti kurang lebih stasiun kereta ini sendiri berusia 155 tahun.

 

Untuk pengoperasian rute keretanya, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Salah satu markas NIS kini dikenal dengan nama Gudang Lawang Sewu. Perlu untuk lo ketahui juga, sebuah kereta meluncur pertama kalinya di stasiun pada tanggal 10 Agustus 1867.

 

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun Semarang Tawang

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik!

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik! Credit: keretaapikita.com

 

Memang stasiun kereta api tertua di Indonesia sendiri memang memusat di Pulau Jawa, tak heran apabila lo masih bisa melihat banyak dari stasiun di Pulau Jawa sendiri masih menggunakan bangunan tua. Stasiun Semarang Tawang merupakan stasiun induk yang ada di Tanjung Mas, Semarang Utara.

 

Stasiun ini melayani kereta api eksekutif dan bisnis, kereta api ekonomi tidak boleh singgah di stasiun ini. Stasiun Semarang Tawang merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang.

 

Pertama kali diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini sendiri menggunakan lebar 1435 mm. Lalu pada tahun 1873, jalur keretanya diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan berlanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

 

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun Lempuyangan

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik!

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik! Credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id/

 

Yogyakarta memang merupakan kota yang penuh dengan keunikan, mulai dari bangunan-bangunan tua, Keratonnya, hingga stasiun tertua. Yaap, di dalam kota seni ini lo juga bisa mendapatkan stasiun kereta api yang sudah berdiri dari tanggal 2 Maret 1872.

 

Stasiun yang sudah berusia 147 tahun ini memang masih berdiri kokoh hingga hari ini, bahkan masih digunakan untuk aktivitas sehari-hari loh. Stasiun ini sendiri juga melayani pemberhentian semua kereta api ekonomi yang melintasi Yogyakarta.

 

Stasiun Lempuyangan beserta dengan rel yang membujur dari barat ke timur merupakan perbatasan antara Kecamatan Gondokusuma di utara dan Danurejan di selatan. Pasti sebagai traveller yang sering datang ke Yogyakarta sudah tidak asing lagi dengan stasiun satu ini.

 

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun Ambarawa

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik!

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik! Credit: syakirurohman.net/

 

Hari ini Stasiun Ambarawa telah berubah menjadi Museum Kereta Api Ambarawa. Sesuai dengan namanya, memang museum ini terletak di Ambarawa, Jawa Tengah. Dahulunya, museum ini merupakan stasiun yang sangat aktif untuk mengantarkan penumpang maupun barang.

 

Sehingga ketika lo berkunjung ke sana, lo masih bisa melihat banyak kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Bahkan lo masih bisa merasakan serunya berada di atas kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen.

 

Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga kereta uap bergerigi yang maish tersisa di dunia. Dua antaranya terletak di Swiss dan India. Tentunya ini menjadi sebuah kebanggaan sendiri bukan mengenai kereta api di Indonesia.

 

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun Kedungjati

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik!

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik! Credit: youtube.com/

 

Berikutnya mengenai stasiun tertua di Indonesia ialah Stasiun Kedungjati. Stasiun ini sendiri terletak di Kedungjati, Grobogan. Memang ini merupakan stasiun di Indonesia yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

 

Selain itu, stasiun ini terletak di ketinggian +36m dari permukaan laut dan berada di Daerah Operasi 4 Semarang. Stasiun ini diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873. Arsitekturnya sendiri mirip dengan Stasiun Willem I di Ambarawa.

 

Sekitar pada tahun 1907, Stasiun Kedungjati yang dulunya dibangun dari kayu diubah ke bata berplester dengan peran berkonstruksi baja dengan atap dari seng setinggi 14,65 cm. Sehingga kalau lo mau datang serta melihat salah satu stasiun kereta api tertua di Indonesia bisa berkunjung ke sini.

 

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia – Stasiun Solo Balapan

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik!

Bukan Hanya Sejarahnya Saja, Namun 6 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia ini Sangat Unik! Credit: keretaapikita.com/

 

Siapa yang tidak tahu stasiun satu ini? Bisa dikatakan pula ini merupakan stasiun legendaris di Indonesia. Dahulu stasiun ini merupakan stasiun induk di Kestalan dan Gilingan, Banjarsasri, Surakarta yang menghubungkan kota Bandung, Jakarta, Surabaya serta Semarang.

 

Stasiun ini pertama kali didirikan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke 19 atau lebih tepatnya pada tanggal 10 Februari 1870. Sehingga stasiun kereta api ini sendiri berusia 149 tahun dan masih digunakan hingga hari ini.

 

**

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar stasiun kereta api tertua di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin mengincar stasiun tertua, karena memang selain dari sejarah, terdapat juga arsitektur khas Eropa yang sangat melekat.

 

Source: liputan6.com

 

 

Featured Image: travelingyuk.com

 

 

Urban Places Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Stasiun Ambarawa bagus ni
Arsitekturnya yang sangat bagus
nice info gan sangat bermanfaat
tq info ya
kerennnn
Stasiun Purwosari Solo kok ngga masuk min?
Neng Stasiun Balapan kutho Solo sing dadi kenangan
makasih infonya
Nice info