Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia!

Indonesia memiliki beberapa pilihan gua yang indah dan tentunya patut untuk lo kunjungi! Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia!

Alam yang ada di Indonesia bukan hanya berupa pegunungan dan pantainya saja, masih banyak pilihan lainnya, salah satunya gua. Yaap, gua di dalam negara ini masih banyak yang menyimpan pesona alaminya. Bahkan layak dikatakan eksotis, buat lo yang memilki hobi menelusuri alam bebas, tentu gua-gua tersbut patut untuk lo datangi.

 

Perlu untuk lo ketahui juga kalau dalam artian luas, gua adalah cerukan ke dalam atau rongga yang terbentuk secara alami oleh erosi air atau faktor alam lainnya. Tapi tidak bisa dipungkiri juga, ada pula lorong atau gorong-gorong yang sengaja diciptakan oleh manusia.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai pilihan gua alami nan indah di Indonesia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi pilihan lo ketika ingin menulusuri alam bebas khususnya gua. Namun, jangan lupa untuk membawa peralatan utnuk membantu penglihatan lo ketika masuk ke dalamnya yaa.

 

Rekomendasi Gua Indah di Indonesia – Gua Surupan

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia!

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia! Credit: denisugandi.pixieset.com

 

Untuk rekomendasi pertama mengenai gua indah di Indonesia, lo bisa berkunjung ke kawasan Kebumen. Karena di sana terdapat sebuah gua indah beranama Surupan. Pemandangannya sangat memukau, tak heran apabila menjadi magnet bagi para pecinta gua.

 

Gua Surupan sendiri terletak di kawasan Karst Gombong Selatan dan berada di antara dua desa, yaitu Desa Argopeni dan Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Keindahan dari gua ini ialah terdapat stalakmit dan stalaktit di bagian dinding, langit-langit dan juga dasarnya.

 

Ketika lo masuk ke dalam guanya, lo juga bisa melihat berbagai macam hewan, seperti kelelawar, lawet, kura-kura hingga udang yang sudah menjadi hewan endemik. Selain hewan lo juga berkesempatan untuk melihat sebuah sungai bawah tanag yang berasal dari Bukit Gandung dan memiliki arus lumayan deras.

 

Rekomendasi Gua Indah di Indonesia – Gua Maharani

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia!

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia! Credit: pinterest.com

 

Berikutnya mengenai gua indah di Indonesia terdapat di kawasan Lamongan, Jawa Timur. Di sana terdapat sebuah gua bernama Maharani yang memiliki keindahan alam fantastis. Gua ini juga cukup populer bagi kalangan traveller.

 

Bukan tanpa alasan, karena di dalam gua ini lo bisa melihat keindahan stalakmit dan stalaktit alami dengan pertumbuhan 1 centimeter per 10 tahun. Uniknya lagi di kawasan gua ini terdapat kebun binatang, sehingga bisa dikatakan pula kalau gua ini memiliki fasilitas lengkap.

 

Gua Maharani berada di kedalaman sekitar 25 meter dari permukaan tanah dengan rongga seluas 2.500 M2. Lalu lo bisa menemukan pemandangan berupa pancaran cahaya warna-warni ketika matahari menyapu daerah tersebut.

 

Rekomendasi Gua Indah di Indonesia – Gua Gajah

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia!

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia! Credit: .kintamani.id

 

Bali memang sudah menjadi tujuan wisata bagi banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri. Bukan hanya pantainya saja, namun lo juga bisa mendapatkan gua nan indah di dalam kawasan pulau ini. Gua tersebut ialah Gajah.

 

Gua Gajah sendiri terletak di Desa Bedudu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Keunikan dari gua ini ialah lo bisa melihat areal persawahan dan menjadi tempat pertemuan dua aliran sungai kecil. Ternyata gua ini bukan hanya menjadi tempat wisata, namun juga sering dijadikan tempat peribadatan pemeluk agama Buddha.

 

Bagian luar dari gua ini pun sangat unik, karena terdapat ukiran-ukiran indah di dinding luar gua yang menjadikannya berbeda dengan kebanyakan gua lainnya. Pokoknya ketika lo berkunjung ke Bali, akan sangat disayangkan apabila lo tidak berkunjung ke Gua Gajah.

 

Rekomendasi Gua Indah di Indonesia – Gua Petruk

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia!

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia! Credit: twitter.com

 

Gua yang terletak di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Tak heran apabila banyak dari penikmat gua ingin sekali untuk melihat secara langsung keindahan dari Gua Petruk.

 

Bentuk dari stalakmit dan stalaktit di dalamnya juga sangat beragam, mulai dari bentuknya yang mirip dengan buaya, lumbung padi hingga juga ada bentuknya yang meyerupai payudara manusia. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang diperuntukan untuk alam yaa.

 

Ketika lo berada di dalam gua ini, kondisinya pun sangat basah dan lembab, sehingga lo harus benar-benar hati-hati ketika ingin melangkah yaa. Bahkan terdapat sungai yang mengalir di dalamnya. Tak berhenti sampai di situ saja, lo juga bisa melihat beberapa sendang atau kubangan air dan juga air terjun kecil.

 

Rekomendasi Gua Indah di Indonesia – Gua Es Carstensz

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia!

Mengintip 5 Gua dengan Pemandangan Alam Indah di Indonesia! Credit: wia.id

 

Ternyata di Indonesia juga terdapat gua es loh, lo bisa mendapatkanya di daerah Casrtenz Timur, Papua. Gua Es Carstensz sendiri merupakan gua yang terselimuti gumpalan es abadi dan terselimuti salju. Sehingga buat lo yang ingin mendapatkan pengalaman tak terlupakan bisa berkunjung ke sana.

 

Gua ini sendiri juga berada di ketinggian ekstrem, sehingga untuk bisa mencapai titiknya, bukan hanya dana besar, namun lo juga harus memiliki kekuatan, stamina, mental dan tentunya peralatan mendaki. Bagian dalam dari gua ini berwarna biru dan diperkirakan es yang menyelimutinya sudah berusia jutaan tahun, karena bentuknbya sangat solid dan mengeras seperti batu.

 

Sehingga, lo tak hanya berkunjung ke sebuah gua indah nan ekstrem, namun lo juga bisa mencapai gua zaman purba karena usia yang dimilikinya. Untuk bisa mewujudkan bisa menginjakkan kaki di gua ini memang membutuhkan banyak hal penting yang perlu untuk lo lengkapi terlebih dahulu.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar gua indah yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu pilihan lo. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi alam di Indonesia yang kaya serta sangat memukau yaa!

 

Source: travelingyuk.com/

 

 

Featured Image: infoaneh.blogspot.com

 

Wilderness Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Bagus banget
Informasi tentang gua di indonesia yg sangat bermanfaat
indah sekali
nag iki pancen apik banget
tq info ya
tq info ya
bisa jadi unforgetable moment kl bs ke sana... keren
SUNGGUH INDAH CIPTAAN TUHAN
Keren semua Gua nya
Nice info